Apa itu Konsultan SEO dan Pentingkah Untuk Bisnis?

Jagad.id – Jelajahi apa yang dapat disumbangkan oleh konsultan SEO untuk bisnis Anda dan cara menyewa konsultan yang tepat untuk tujuan bisnis Anda. Konsultan membantu bisnis meningkatkan peringkat situs web mereka dalam hasil mesin pencari. Tujuan konsultan adalah untuk memudahkan calon klien menemukan Anda, membantu Anda tetap kompetitif di ceruk pasar Anda, dan meningkatkan potensi penghasil pendapatan bisnis Anda.

SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization dan mengacu pada proses membuat situs web lebih mudah dinavigasi, lebih ramah pengguna, dan dipercaya di antara konsumen di pasar sasaran sehingga mesin pencari seperti Google akan memposisikan halaman situs lebih tinggi dalam hasil pencariannya.

Meningkatkan SEO adalah upaya penting untuk bisnis apa pun karena dapat:

Tingkatkan lalu lintas organik tanpa menggunakan iklan berbayar.
Hasilkan prospek.
Menginspirasi kepercayaan pada pengunjung situs.
Ubah prospek menjadi pelanggan setia yang membayar.
Peningkatan penjualan.

Apa yang dilakukan konsultan SEO?

Tugas konsultan SEO dapat bervariasi tergantung pada organisasi tempat konsultan bekerja. Layanan konsultasi SEO dapat berkisar dari melakukan tugas SEO tertentu hingga menasihati perusahaan pada tingkat strategis.

Berikut daftar layanan yang mungkin ditawarkan oleh konsultan SEO:

  • Melakukan penelitian kata kunci/keyword.
  • Buat strategi konten SEO.
  • Optimalkan konten situs yang ada.
  • Perbaiki masalah teknis SEO.
  • Tingkatkan navigasi situs dan pengaturan halaman.
  • Lakukan analisis kompetitif terhadap halaman web yang diberi peringkat untuk kata kunci target.
  • Merekomendasikan peningkatan ajakan bertindak.
  • Bekerja dengan tim pemasaran lain untuk mendistribusikan konten di media sosial dan kampanye email.

Keterampilan dan kualifikasi yang harus dimiliki oleh seorang konsultan SEO meliputi:

  • Sesuaikan strategi dan solusi SEO agar sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda.
  • Perkirakan bagaimana kinerja kampanye SEO, mengingat perilaku pencari online dan situs web pesaing.
  • Tunjukkan keahlian dalam cara kerja SEO.
  • Berikan contoh hasil yang mereka dapatkan untuk klien lain.
  • Gunakan strategi, metode, alat, dan perangkat lunak SEO terbaru.
  • Buat konten asli yang mendapat peringkat teratas di halaman hasil pencarian.
  • Analisis data untuk membuat rekomendasi SEO.

5 Tanda Saatnya Menyewa Konsultan

Menyewa konsultan SEO adalah langkah penting dalam pengembangan bisnis Anda. Menyewa konsultan SEO juga bisa menjadi investasi yang signifikan tergantung pada biaya layanan.

Anda mungkin bertanya-tanya apakah sekarang adalah waktu yang tepat untuk membawa konsultan. Tinjau tanda-tanda berikut untuk memutuskan.

1. Anda memiliki tujuan bisnis yang jelas.

Mengetahui di mana posisi bisnis Anda saat ini dan ke mana Anda ingin membawanya dapat membantu Anda melakukan outsourcing penyedia layanan yang tepat, termasuk konsultan SEO, untuk memenuhi tujuan Anda.

2. Ingin meningkatkan bisnis Anda.

Periode pertumbuhan bisnis dapat menandakan perlunya mempersiapkan situs web Anda untuk lebih banyak lalu lintas. Misalnya, Anda mungkin memperluas produk dan layanan Anda atau bersiap untuk menarik ceruk pasar baru.

Konsultan SEO mungkin dapat menyarankan Anda untuk menghasilkan volume konten SEO-friendly yang lebih tinggi untuk menjangkau audiens baru, mengoptimalkan halaman produk untuk konversi, atau meningkatkan navigasi situs web Anda.

3. Anda sedang memperbaiki situs web Anda.

Seiring dengan penskalaan bisnis Anda, pembenahan situs web dapat menandakan kebutuhan akan bantuan SEO. Dengan seorang konsultan, Anda mungkin dapat memfokuskan peningkatan situs web Anda pada taktik SEO yang akan menghasilkan lalu lintas terbanyak.

4. Anda ingin menerapkan strategi konten baru.

SEO bergantung pada konten yang relevan dan otoritatif yang memuaskan niat pencari. Jika Anda mempertimbangkan untuk menerapkan strategi konten baru, Anda dapat memanfaatkan panduan konsultan SEO.

5. Anda memiliki pengetahuan tentang SEO.

Ketika Anda memiliki pengetahuan tentang SEO, Anda berada dalam posisi yang lebih baik untuk memahami kebutuhan SEO bisnis Anda dan menemukan konsultan yang keterampilan dan pendekatannya dapat memenuhi kebutuhan tersebut.

Langkah-langkah untuk menyewa konsultan

Jika Anda siap menyewa konsultan SEO, Anda dapat mengikuti langkah-langkah ini untuk merampingkan prosesnya.

1. Perjelas tujuan SEO dan kebutuhan bisnis Anda.

Tujuan yang jelas akan membuat pencarian yang paling cocok untuk bisnis Anda menjadi lebih mudah. Gunakan pertanyaan ini untuk memperjelas tujuan Anda:

Apa tujuan bisnis Anda secara keseluruhan?
Hasil spesifik apa yang Anda inginkan dari strategi SEO baru?
Taktik SEO apa yang Anda butuhkan untuk digunakan atau dibantu oleh konsultan?

2. Tentukan anggaran.

Untuk usaha atau investasi pengembangan bisnis apa pun, penting untuk menentukan anggaran sebelum menjangkau calon karyawan. Dengan begitu, Anda dapat menjaga bisnis Anda tetap sehat dan mempertahankan arus kas positif.

Beberapa pertanyaan untuk ditanyakan pada diri sendiri meliputi:

  • Sumber daya apa yang Anda miliki untuk berinvestasi dalam layanan konsultasi SEO?
  • Berapa banyak pendapatan yang dihasilkan bisnis Anda setiap bulan atau setiap tiga bulan?
  • Di bidang bisnis apa Anda dapat mengurangi pengeluaran tanpa mengorbankan efisiensi operasional atau otoritas merek untuk berinvestasi di konsultan SEO?

3. Teliti beberapa konsultan dan perusahaan SEO.

Langkah Anda selanjutnya adalah mencari tahu layanan SEO apa saja yang tersedia dan mana yang dapat membantu Anda mencapai tujuan bisnis Anda. Cari di internet dan situs lepas, dan masuk ke jaringan profesional Anda untuk mengumpulkan daftar layanan untuk diselidiki lebih lanjut.

Gunakan pertanyaan-pertanyaan ini untuk memandu penelitian Anda:

  • Konsultan atau perusahaan mana yang memiliki kualifikasi yang Anda butuhkan dalam penyedia layanan?
  • Manakah dari mereka yang menawarkan kecocokan paling dekat dengan layanan yang Anda butuhkan?
  • Apa yang dikatakan pelanggan atau klien sebelumnya tentang konsultan atau perusahaan ini dalam ulasan?
  • Apa yang dapat Anda peroleh dari sampel pekerjaan, portofolio, dan studi kasus penyedia layanan SEO?
  • Bagaimana perbandingan harga untuk layanan konsultasi SEO yang berbeda?

4. Buat deskripsi pekerjaan yang mendetail.

Setelah Anda mengetahui tujuan, anggaran, dan layanan yang tersedia di pasar, langkah selanjutnya adalah menyusun deskripsi pekerjaan. Gunakan ini untuk menarik calon konsultan potensial dan memandu percakapan perekrutan Anda.

Deskripsi pekerjaan akan membutuhkan:

  • Judul pekerjaan yang sesuai dengan layanan yang Anda butuhkan, termasuk “konsultan SEO”, “layanan konsultasi SEO”, “konsultan pemasaran SEO”, “konsultan SEO bisnis kecil”, dan “konsultan SEO e-niaga”.
  • Deskripsi bisnis Anda dan kebutuhan SEO saat ini.
  • Daftar tugas yang Anda perlukan untuk dilakukan oleh konsultan SEO, seperti penelitian kata kunci, audit SEO, atau pengoptimalan seluruh situs web e-niaga Anda.
  • Daftar kualifikasi yang Anda cari di konsultan SEO, termasuk keahlian dan pengalaman mereka.
  • Rincian tambahan seperti durasi posisi dan ruang lingkup pekerjaan.

5. Menentukan Konsultan

Untuk terhubung dengan calon konsultan SEO, pertimbangkan untuk menggunakan pendekatan berikut:

  • Hubungi konsultan secara langsung melalui situs web atau profil media sosial mereka.
  • Sertakan deskripsi pekerjaan dalam pesan Anda.
  • Posting deskripsi pekerjaan di komunitas online dan di media sosial dan minta konsultan SEO untuk menghubungi Anda.
  • Buat daftar pekerjaan di situs seperti Glassdoor atau Indeed, serta platform freelance seperti Toptal atau Upwork, dan pantau lamaran yang Anda terima.
  • Kemudian, daftarkan konsultan teratas yang ingin Anda wawancarai.

6. Ajukan pertanyaan prioritas tinggi selama wawancara.

Sasaran Anda untuk langkah ini adalah membangun informasi yang Anda temukan dari situs web penyedia layanan dan memilih konsultan terbaik dari kumpulan kandidat Anda.

Pertimbangkan pertanyaan-pertanyaan berikut sebagai titik awal untuk wawancara:

  • Taktik dan strategi SEO apa yang Anda kuasai yang akan membantu situs saya?
  • Seberapa sering Anda menghubungi klien Anda tentang cara kerja strategi SEO?
  • Berapa lama biasanya konsultasi Anda mendapatkan hasil untuk klien?
  • Apakah Anda bekerja dengan merek atau pesaing lain di ceruk pasar saya?
  • Bagaimana Anda menghindari praktik SEO yang bertentangan dengan pedoman Google (juga disebut “black hat SEO”)?
Akhir Kata

Nah, demikian merupakan ulasan tentang konsultan SEO yang bisa anda pelajari. Semoga dari ulasan diatas dapat membantu anda meningkatkan performa bisnis anda. Terima kasih!