Jenis Profesi Menulis Berdasarkan Spesialisasinya

Profesi Menulis – Hal yang harus di pahami oleh mereka yang berprofesi sebagai seorang penulis adalah mempunyai kemampuan menulis yang baik. Kemampuan tersebut bisa di dapatkan dari banyaknya bahan dari setiap tulisan yang akan di buat. Saat ini, profesi menulis, sangat dibutuhkan di berbagai media, baik media online maupun offline. Dalam media online, seorang yang concert pada penulisan konten sangat dibutuhkan untuk mengisi blog, website dan media online lainnya. Sementara untuk media offline, penulis yang dibutuhkan seperti para ghost writer. Selain penulis tersebut, masih ada penulis lain yang juga dibutuhkan berdasarkan speasilisasi maupun keahliannya. Berikut adalah beberapa jenis profesi menulis tersebut.

1. Content Writer

Seorang content writer harus memiliki kemampuan penulisan konten yang baik dan dituntut harus mampu menyelesaikan tulisan dalam jumlah kata tertentu. Semakin banyak jumlah kata maupun berbobotnya tulisan yang dihasilkan tersebut, maka akan menambah nilai jual dari tulisan itu sendiri. Seorang content writer harus memahami teknik SEO ( Search Engine Optimizer ) dalam setiap tulisan yang dibuatnya. Hal tersebut bertujuan agar setiap tulisan yang telah dihasilkan dan menggunakan teknik SEO di dalamnya, akan dengan mudah terindeks oleh google, bing, yahoo, dan mempunyai potensi besar berada di urutan page one dalam mesin pencarian tersebut. Selain harus memahami teknik SEO, terlebih dalam pemilihan keyword yang benar. Seorang content writer juga diharuskan memahami niche yang diberikan oleh pemilik blog, website maupun media online lainnya sebagai tempat para content writer mengembangkan bakat kepenulisannya tersebut.

2. Copywriter

Bagi sebagian orang, antara content writer dan copywriter sekilas hampir sama. Namun, jika kita menilisik lebih jauh, keduanya memiliki perbedaan yang sangat besar. Content writer lebih ditekankan pada penulisan konten untuk blog, website dan media online lainnya. Seorang content writer juga harus memahami teknik SEO dengan memaksimalkan pemilihan keyword. Mereka juga diharuskan mampu menguasai niche yang diberikan pada setiap projectnya. Sedangkan, copywriter merupakan seorang penulis yang lebih ditekankan pada pemasaran sebuah produk ataupun jasa dari sebuah agensi periklanan. Seorang yang menekuni profesi sebagai copywriter, mereka diharuskan memiliki kreatifitas dalam pemilihan kata untuk tulisan yang dibuat. Tulisan yang dibuat para copywriter harus bisa menjadi daya tarik dan memiliki animo tinggi bagi para audien maupun viewer yang mengetahui iklan tersebut.

3. Ghost Writer

Seseorang yang memiliki ide atau imajinasi, namun, mereka tidak mampu mengaplikasikannya untuk menjadi sebuah tulisan, mereka akan menyewa jasa dari ghost writer. Ghost writer merupakan seorang penulis yang tujuan menulisnya lebih ditekankan pada penulisan buku, laporan, dan jurnal. Dalam hal ini, tugas dari ghost writer, hanya mengerjakan project yang diberikan oleh klientnya. Nama ghost writer, tidak dicantumkan dalam tulisan yang telah dibuat, hal tersebut yang menjadikannya dikenal sebagai penulis bayangan.

4. Song Writer

Lagu yang setiap hari kita dengar merupakan hasil karya dari seorang song writer. Song writer juga dikenal sebagai musisi. Selain menulis sebuah lagu, seorang musisi juga mengaplikasikan tulisannya agar bisa dinikmati oleh para pecinta musik. Dengan iringan musik, skrip dari tulisan tersebut akan menjadi lebih hidup.

5. Blogger

Bisa dikatakan blogger merupakan seorang content writer, content writer, yang bekerja secara independen, yaitu dengan membuat konten pada blog yang dimiliki. Secara umum content writer adalah seseorang yang membuat konten bukan untuk pribadi, melainkan mengerjakan project yang diberikan klien.

Keuntungan dari seorang blogger adalah dalam bekerja mereka tidak terikat pada siapapun, karena blog yang dimiliki adalah blog personal. Agar blog yang dibuat tersebut bisa menghasilkan, seorang blogger harus mendaftarkan blognya ke dalam komunitas google adsense.

6. Translator

Translator atau penerjemah merupakan seseorang yang bekerja untuk menerjemahkan teks, manuskrip, dan lain – lain. Seorang translator diharuskan memiliki kemampuan bahasa asing yang baik. Paling tidak, seorang translator harus menguasai bahasa inggris, karena bahasa tersebut merupakan bahasa yang digunakan dalam komunikasi global. Selain penguasaan bahasa asing yang baik, seorang translator juga diwajibkan mempunyai kecepatan dalam menulis. Hal ini terjadi apabila seorang translator menerjemahkan sebuah percakapan, baik secara langsung ( direct ) maupun tidak langsung.

Bagikamu yang ingin mengeluti profesi menulis dan ahli di bidangnya maka sangat cocok untuk memulainnya menjadi seorang freelancer. Untuk seorang pemilik website agar mempermudah mengelola web maka dapat menggunakan jasa penulis artikel. Nah demikian berbagai profesi yang direkomendasikan bagi kamu yang hobi dan gemar menulis.





Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us.