Inilah Alasan Kenapa Kamu Harus Menggunakan Shared Hosting Server

Jagad.id – Shared hosting server adalah sebuah metode membagi satu server untuk digunakan secara bersama-sama. Dengan hosting ini, pastinya kamu bisa memaksimalkan banyak web dalam satu server saja. Namun, kamu perlu sistem dan VPS terbaik yang mampu menopang banyak web dengan baik.

Apa Itu Shared Hosting Server?

Pada dasarnya, shared hosting server adalah sebuah layanan hosting, yang memungkinkan penyedia membagi penggunaan server untuk banyak web sekaligus. Jadi, satu server tersebut akan terpecah menjadi beberapa partisi untuk masing-masing web atau pengguna.

Metode layanan hosting ini cukup efisien bagi para pebisnis yang sedang mengembangkan bisnis atau membranding sebuah produk baru. Karena dengan satu server, kamu bisa mengelola beberapa website sekaligus.

Hal ini pastinya akan memberikan banyak keuntungan bagi bisnis maupun penggunanya, terutama pada efisiensi manajemen server. Dengan menaruh beberapa web pada satu server, proses maintenance secara otomatis akan lebih mudah.

Karena kamu hanya butuh melakukan perawatan pada satu server pusat saja, jadi tak akan terlalu berat dan makan waktu. Bahkan, penyedia jasa juga dapat membagi VPS untuk beberapa bisnis atau pengguna sekaligus.

Tentunya dengan penerapan partisi database dan sistem yang sudah terpisah, biasanya penyedia akan membuat server virtual terpisah bagi para kliennya. Jadi secara sistem masing-masing web atau pengguna memiliki otoritas pada bagian servernya sendiri tanpa mengganggu jalur data dari web lain.

Kelebihan Menggunakan Shared Hosting Server

Dari penjelasan tersebut, kamu pasti sudah tahu bahwa shared hosting server adalah metode paling efektif untuk mengembangkan bisnis rintisan. Selain itu, mungkin kamu dan banyak orang di luar sana masih belum tahu bahwa metode ini memiliki beberapa kelebihan yaitu:

1. Harga Lebih Terjangkau, Dapat Menekan Biaya Pengeluaran

Sudah menjadi rahasia umum jika shared hosting server adalah metode yang ampuh untuk menekan biaya pengeluaran untuk layanan hosting. Hal ini sudah sewajarnya mengingat layanan ini adalah pecahan dari sebuah layanan server. Jadi terkait harga berlangganan pasti lebih murah.

Bahkan, seiring waktu berjalan saat pengunjung dan artikel web sudah melebihi kapasitas, pengguna tinggal transfer ke layanan dengan kapasitas lebih besar. Hal ini akan jauh lebih rasional daripada harus membeli 1 server pribadi yang lebih besar.

2. Tidak Perlu Membentuk Tim IT untuk Maintenance Server

Kelebihan lain dari layanan ini adalah terkait maintenance server, karena hal tersebut sudah menjadi kewajiban penyedia hosting. Namun terkait sistem hosting dan web, pengguna masih memiliki otoritas dan penanganannya tersendiri.

Dengan begitu, kamu bisa lebih fokus pada pengembangan website dan strategi pemasaran digital yang sedang kamu upayakan. Penggunaan hosting bersama ini sekaligus bisa menghemat biaya gaji karyawan untuk tenaga ahli di bidang server.

3. Layanan Sudah Termasuk Jaminan Keamanan Data

Kemudahan lainnya pada penggunaan shared hosting server adalah tidak perlu membangun sistem keamanan server, karena hal ini juga jadi tanggung jawab penyedia layanan.

Dengan begitu, kamu hanya perlu mengurus keamanan sistem web yang sedang kamu kembangkan sehingga beban IT di bisnis kamu akan semakin ringan.

Walaupun sebenarnya akan ada sedikit keraguan dan kekhawatiran karena muncul opini penyedia jasa dapat mengakses data dari web yang kamu kembangkan, namun ada perjanjian MoU yang berkekuatan hukum. Jadi, penyedia hanya boleh mengakses ranah yang sudah disetujui bersama saja.

4. Kemudahan dalam Manajemen Web pada Control Panel

Layanan ini memberikan otoritas penuh pada penggunaan partisi server yang kamu gunakan, termasuk penggunaan control panel. Jadi, pengembangan website bisnis kamu bisa lebih terarah sesuai kebutuhan sistem dari bisnis yang kamu kelola sendiri.

5. Shared Hosting Server adalah Metode yang Ramah bagi Pemula

Setiap layanan seperti ini, selalu menyertakan dukungan after sale bagi para penggunanya. Bahkan beberapa penyedia jasa menyediakan layanan call center 24/7 bagi para pemula. Sehingga layanan ini pastinya akan sangat ramah penggunaannya bagi kamu yang baru belajar website.

6. Cocok untuk Bisnis Startup Berskala Kecil

Layanan yang ada pada shared hosting memang sangat cocok untuk bisnis startup yang membutuhkan engagement besar. Kamu bisa menjadikan website sebagai salah satu jalur kunci komunikasi brand yang kamu kembangkan.

Hal ini sangat cocok dan mendukung. Karena jumlah traffic bisnis cenderung tidak terlalu massive, maka penggunaan layanan ini sudah cukup. Apalagi layanan ini lebih terjangkau dan penuh dukungan, sehingga akan lebih minim risiko daripada menggunakan layanan full server.

Bahkan pengelolaan server jenis ini juga lebih mudah dengan bantuan control panel. Jadi, tak ada yang perlu diragukan lagi dalam menggunakan metode ini.

7. Layanan Email Direct Langsung ke Akun Pribadi atau Perusahaan

Walaupun layanan shared hosting server adalah metode yang digunakan bersama-sama, namun setiap email yang masuk akan otomatis di-direct ke email yang kamu sambungkan. Jadi, kamu tak perlu takut kehilangan data traffic karena email audiens akan masuk ke email penyedia atau pengguna lain.

Tertarik Menggunakan Shared Hosting Server?

Dari penjelasan tersebut dapat kamu simpulkan bahwa penggunaan shared hosting server adalah solusi terbaik untuk pengembangkan website pada bisnis startup berskala kecil. Jika kamu tertarik menggunakan layanan ini, pastikan untuk berlangganan pada penyedia jasa berpengalaman seperti Niagahoster.

error: This content is protected by DMCA