Home Internet Blogger Pentingnya Uptime Server Tinggi Bagi Suatu Hosting

Pentingnya Uptime Server Tinggi Bagi Suatu Hosting

Pentingnya Uptime Server Tinggi Bagi Suatu Hosting

Pernahkah Anda mengakses website sebuah online shop atau berkunjung ke marketplace yang performanya sangat lambat? Tentu menyebalkan sekali, bukan? Alih-alih membeli, lambatnya website malah membuat kesal dan memilih meninggalkan website. Kondisi ini sudah pasti merugikan sehingga sedari awal siapapun yang mengelola situs harus sadar betapa pentingnya uptime server.

Bahkan server yang bermasalah hingga down rupanya juga pernah dialami oleh raksasa e-commerce Amazon pada tahun 2018 lalu. Perusahaan yang dipimpin oleh orang terkaya di dunia, Jeff Bezos itu bahkan mencatat kerugian mencapai 100 juta dolar AS atau hampir satu triliun Rupiah! Total kerugian yang sangat besar mengingat saat itu server Amazon mengalami down selama satu jam saja.

Tentu apa yang dialami Amazon itu terdengar seperti mimpi buruk. Meskipun mungkin Anda berpikir bahwa kerugian website kecil tak akan semengerikan Amazon, tetap saja tak bisa meremehkan yang namanya server down. Apakah kondisi tersebut bisa dihindari? Tentu saja bisa karena itulah siapapun harus mulai menyadari betapa pentingnya uptime server.

Pentingnya Uptime Server Terhadap Website

Secara sederhana, uptime server adalah waktu rata-rata yang dicatatkan server untuk tetap up dan run alias beroperasi. Biasanya uptime server ini ditawarkan oleh perusahaan layanan hosting. Dan seperti yang bisa ditebak, semakin tinggi kisaran uptime server, maka artinya perusahaan tersebut berkualitas karena mampu menjaga sebuah website tetap aktif.

Untuk bisa menghitung uptime server sangatlah mudah. Anda hanya tinggal membandingkan rasio waktu yang tersedia dengan total waktu. Perhitungan ini bisa dilakukan secara akurat oleh layanan penyedia hosting, karena berdasarkan laporan perbandingan kenaikan dalam periode tertentu. Tentu saja uptime server hingga 100% adalah impian, tapi kisaran 99,99% dianggap yang tertinggi.

Namun masih banyak pemilik website yang tidak menyadari pentingnya uptime server sehingga berujung kerugian, karena website mengalami down. Website yang down jelas memberikan dampak buruk. Apa yang membuat website bisa down? Berikut beberapa di antaranya:

  • Pemilihan layanan hosting yang buruk, karena memang tak semua perusahaan penyedia hosting punya tawaran uptime rate tinggi
  • Terjadi masalah pada server DNS yang membuat pengguna internet tak dapat berkunjung ke alamat IP website tersebut
  • Penyedia hosting tengah mengadakan maintenance hardware atau update sistem, sehingga server memang tak bisa diakses
  • Pengunjung website yang terlalu tinggi sehingga memberatkan kinerja server. Di saat server tidak mampu inilah, maka langsung nge-down
  • Masalah tiba-tiba di luar sistem komputer jaringan

Dari beberapa masalah di atas, memang bisa disimpulkan bahwa semua kembali pada kecerdasan pemilik website dalam memilih perusahaan penyedia layanan hosting. Apalagi kalau Anda membangun website untuk kebutuhan bisnis, tentu masalah-masalah website down karena uptime server bermasalah haruslah jadi perharian utama.

Website Bisnis Wajib Punya Uptime Server Tinggi

Kasus yang menyerang Amazon adalah bukti bahwa kinerja website sangatlah penting bagi sebuah bisnis. Apalagi bisnis di masa sekarang yang serba internet, website bisa dibilang sebagai pintu gerbang agar calon konsumen bisa mengenal produk Anda.

Sebagai branding dari produk bisnis, website tentu harus punya tampilan memuaskan. Mulai dari template yang digunakan, kualitas konten yang dihasilkan hingga kinerja website yang sangat dipengaruhi oleh uptime server. Karena bagaimanapun, server dengan uptime memuaskan akan membuat website bisa diakses kapanpun dan dimanapun, yang berimbas langsung ke omzet bisnis.

Web Hosting Unlimited Berkualitas Jamin Uptime Server Optimal

Lantaran Anda sudah mengetahui betapa pentingnya uptime server dalam sebuah website, tentu harus memperhatikan faktor ini dengan lebih serius. Langkah termudah dalam menghindari peluang website down dari masalah uptime server adalah dengan memilih layanan hosting berkualitas. Satu rahasia kecilnya adalah memilih web hosting dengan kapasitas unlimited.

Tunggu, kenapa harus penyedia layanan unlimited hosting?

Karena layanan hosting tanpa batas ini memungkinkan Anda untuk menyimpan data-data tanpa batas diskspace. Tentunya, website akan memiliki banyak sekali informasi. Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir terkait penyimpanan.




Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us.



Previous articleSebutkan Ciri-Ciri Mahluk Hidup
Next articleCara Membedakan Flashdisk Asli Dan Palsu