Hosting Gratis atau Hosting Berbayar, Mana Pilihan Anda?

Hosting merupakan sebuah gudang server tempat penyimpanan file website Anda yang dapat diakses dan dikelola dengan internet. Oleh karena itu website Anda tidak akan bisa bekerja tanpa adanya hosting atau tempat penyimpanannya, sehingga hosting sangatlah diperlukan dalam hal ini terutama bagi website-website untuk pemangku bisnis. Ada dua jenis hosting yaitu Hosting Gratis dan Hosting Berbayar. 

Hosting gratis pada dasarnya sering kali mendapatkan pelayanan yang jauh berbeda dengan hosting yang berbayar. Hosting berbayar akan mendapatkan pelayanan yang jauh lebih baik daripada yang gratis. Untuk lebih jelasnya, perbedaan antara hosting Gratis dan berbayar diuraikan sebagai berikut:

  1. Hosting berbayar akan mendapatkan disk space, bandwidth, dan fitur yang jauh lebih lengkap daripada hosting gratis
  2. Hosting berbayar akan terbebas dari iklan-iklan pengganggu sedangkan hosting gratis tidak dapat mengontrol iklan-iklan yang muncul di websitenya.
  3. Hosting berbayar akan mendapatkan dukungan penuh mulai dari dukungan teknis, akses pengetahuan dasar, forum pelanggan, hingga teknikal helpdesk yang tidak bisa didapatkan pada hosting gratis.
  4. Hosting berbayar akan mempunyai pilihan upgrade paket ke yang lebih tinggi untuk menyesuaikan dengan perkembangan konten dan jumlah pengunjung website, sedangkan hosting gratis tidak akan mempunyai pilihan ini. 
  5. Hosting berbayar akan mempunyai prioritas level keamanan yang jauh lebih tinggi daripada hosting gratis.

Berdasarkan semua penjabaran tersebut, mungkin Anda akan langsung menyimpulkan bahwa hosting berbayar memang jauh lebih baik dari hosting gratis. Namun, tidak semua hosting gratis itu juga buruk. Hosting gratis akan sangat berguna untuk Anda yang sedang pemula dan perlu mencoba terlebih dahulu atau Anda yang membutuhkan hosting hanya untuk sementara. Bagi Anda yang membutuhkan hosting untuk jangka waktu yang lama terutama untuk bisnis dan sejenisnya, hal ini sangat tidak disarankan. 

Namun, ada sebuah web hosting gratis yang menyediakan hosting gratis yang kualitasnya setara dengan hosting berbayar dan bisa digunakan untuk jangka waktu lama. Web hosting ini bernama Niagahoster. Niagahoster merupakan layanan hosting dengan cPanel gratis dan server Indonesia yang menggunakan data center bersertifikasi tier-4 yang canggih dan modern dari DCI Indonesia.

Kelebihan Niagahoster daripada hosting gratis lainnya antara lain:

  1. Mendapatkan Cpanel secara gratis

Manajemen web dengan Cpanel biasanya diberikan untuk hosting berbayar. Namun, khusus di Niagahoster Anda bisa menggunakannya secara gratis.

  1. Ramah untuk Pengguna awam/Pemula

Layanan Niagahoster sudah dirancang sedemikian rupa sehingga bisa digunakan secara mudah terutama bagi seorang pemula sehingga siapapun bisa membuat website sendiri tanpa kendala.

  1. Fitur pengelolaan lengkap

Tidak seperti biasanya hosting gratis yang memiliki fitur yang terbatas. Niagahoster tampil berbeda dengan fitur yang lebih lengkap mulai dari membuat database hingga menerbitkan website.

  1. Softaculous Auto Installer

Softaculous adalah sebuah installer otomatis untuk cpanel dan Direct Admin. Dengan Softaculous Auto Installer Anda bisa Instalasi berbagai aplikasi secara otomatis pada website hanya dengan satu klik.

  1. Pendaftaran Mudah

Untuk mendapatkan hosting gratis di Niagahoster, caranya pun cukup mudah yaitu Anda cukup mengikuti 3 langkah berikut; Pertama, β€œLike” Facebook Page Niagahoster, β€œShare” halaman ini ke Facebook, dan β€œSubscribe” YouTube channel Niagahoster. Kemudian pilih domain dan selanjutnya isi data diri Anda.

Demikian itulah perbedaan antara hosting gratis dan hosting berbayar. Bagi Anda yang penasaran dengan Niagahoster, untuk lebih jelasnya Anda bisa langsung cek website resmi Niagahoster. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa membantu Anda, terutama dalam menentukan pilihan untuk menggunakan Hosting Gratis atau Hosting berbayar. Selamat mencoba dan memulai penggunaan hosting untuk website Anda.




Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us atau kirim melalui form dibawah ini.



Previous articleNormalnya Self Harm di Kalangan Milenial
Next article6 Tips Memilih Gadget yang Sesuai Keperluan Bisnis