Red hat

Red Hat merupakan sebuah perusahaan yang dikerjakan oleh Red Hat, Inc. Dimana perusahaan sistem operasi ini dulunya sangatlah populer, sebelum akhirnya produksinya dihentikan pada tahun 2004 lalu.

Perusahaan Red Hat ini ini menghasilkan banyak sekali produk seperti Bundle Linux, Produk Middleware, Komponen komputasi cloud, alat manajemen cloud, hingga containe management. Nah bagi anda yang ingin mengenal lebih jauh tentang Red Hat, maka anda bisa menyimak ulasannya dibawah ini.

A. Pengertian Red Hat

Red Hat merupakan sebuah perusahaan software yang namanya sudah sangat terkenal, dimana mereka bergerak di bidang perakitan komponen open source khusus pada sistem operasi Linux maupun program lain yang masih terkait.

Red Hat ini menjadi perusahaan pertama yang menyadari jika sebuah software  perangkat lunak β€˜Free’ bisa mereka jual sebagai sebuah produk, sehingga mereka pun membuat produk yang berbasis pengembangan, dan salah satu produk mereka yang sangat terkenal adalah Red Hat Linux.

B. Sejarah Red Hat

Red Hat Linux ini ditemukan pertama kali oleh Marc Ewing pada tahun 1994 silam, dimana software ini ternyata sukses membuat perusahaan terus berkembang. Namun pada tahun 2004, produksi dari Red Hat Linux ini pun dihentikan.

Red Hat Linux versi 1.0 pertama kali dirlis pad atanggal 3 November 1994, awalnya perusahaan ini bernama Red Hat Commercial Linux, dimana mereka jadi perusahaan pertama yang memakai sistem RPM Package Manager. Setelah itu banyak distro Linux lain yang ikut memakai sistem tersebut, seperti SUSE Linux maupun Mandriva Linux.

Pada tahun 2003, Red Hat pun menghentikan produksi dari Red Hat Linux, dan mereka menggantinya dengan Red Hat Enterprise Linux hanya untuk lingkungan perusahaan, namun layanan ini tidak gratis. Selain itu ada juga Fedora yang dikembangkan oleh para programmer dengan dukungan Fedora Project yang disponsori oleh Red Hat yang merupakan versi gratis.

Red Hat Linux 9 dirilis terakhir pada 30 April 2004 silam, dan dukungan yang diberikan oleh pihak Fedora Legacy berlaku sampai tahun 2007. Pada bulan Desember tahun 2005 silam, Red Hat ini berada di posisi 1 dalam kategori penyedia software terbaik yang diterbitkan oleh CIO Insight Magazine.

Setelahnya pada bulan Oktober 2018, Red Hat ini pun akhirnya diakuisisi oleh perusahaan Internatonal Business Machines (IBM) Corporation.  Dengan mengakuisi Red Hat ini, maka keduanya pun bisa mengembangkan bisnis baru yang yakni di bidang teknologi cloud. Akuisisi yang dilakukan oleh IBM ini disebutkan menjadi akuisisi yang terbesar dalam sejarah kesepakatan teknologi.

C. Sejumlah Produk Red Hat yang Terkenal

1. Red Hat Ansible

Ini merupakan IT Configuration managemen open source serta platform otomatisasi yang bakal memudahkan pengguna dalam  mencatat berbagai proses konfigurasi pada sebuah server.

2. Red Hat Enterprise Linux

Seperti yang sudah disinggung diatas tadi, jika Red Hat Enterprise Linux ini merupakan distribusi sistem operasi Linux yang sengaja dibuat untuk keperluan pasar bisnis.

3. Red Hat Atomic Host

Ini merupakan anak perusahaan dari Red Hat Enterprise Linux, dimana layanan ini dibekali dengan fitur bernama Container Hosting Optimization atau sistem operasi ringan yang bisa dioptimalkan pada saat menjalankan OS Linux.

4. Red Hat Package Manager

Sebuah program yang berfungsi untuk menginstall, menghapus, serta mengelola paket dari perangkat lunak pada sistem operasi Linux.

5. Red Hat OpernStack Platform

Sebuah program distribusi software OpenStack Open Source, dimana program ini dikerjakan untuk mengelola sumber daya komputasi, penyimpanan serta jaringan yang berada dibawah cloud public maupun cloud pribadi.

6. Red Hat Storage (RHS)

Sebuah sistem file terdistribusi yang berguna untuk penyimpanan scale-out network-attached. Layanan ini juga menjadi software penyimpanan file yang aman.

7. Red Hat Satellite

Ini bukanlah sebuah satelit yang mengurada di luar angkas, melainkan sebuah alat manajemen infrastruktur IT yang bertugas untuk memantau serta mengelola lingkungan Red Hat Enterprise Linux.

D. Kelebihan Red Hat

1. Dukungan

Red Hat ini memiliki cara untuk memanjakan para pengguna setia, salah satunya ialah  dengan memberikan mereka dukungan yang diperlukan tanpa berlu bergantung dari kebaikan orang guna mendapatkannya.

Dukungan yang diberikan ini pun sesuai dengan ideology open source tradisional yang bisa anda kustomisasi pada bagian manapun sesuai keinginan. Tentu ini memungkinkan bagi para pengguna pelaku bisnis mendapatkan yang terbaik dari sisi fleksibilitas dan juga keamanan.

2. Keamanan

Saat ini banyak sekali layanan yang menggunakan fitur keamanan dari sejumlah besar protocol, mulai dari SSH, SSL, IPsec, hingga Kerberos. Sementara untuk Red Hat ini menggunakan Red Hat Enterprise Linux SSO yang menggabungkan skema untuk mendukung keamanan yang tercantum diatas tadi.

3. Soal Kompatibilitas Perangkat Lunak Bisa Diselesaikan Dengan Mudah

Dengan menggunakan Red Hat ini akan memudahkan anda dalam mengatasi kekhawatiran soal kompatibilitas perangkat lunak. Jelas ini biasa terjadi bagi para pengguna yang bermigrasi dari Windows dan membutuhkan sistem operasi baru namun Office Suit Baru, Browser Web baru, klien email baru, hingga editor foto baru untuk Linux yang digunakan.

Dengan menggunakan Red Hat, maka anda dibekali kemampuan untuk menemukan apa yang anda butuhkan tanpa ada masalah dan pertanyaan yang membingungnkan nantinya.

4. Mudah di Install

Di dalam Red Hat ini terdapat fitur bernama Graphical User Interface, dimana akan memudahkan anda dalam menginstallnya di dalam computer nanti.

5. Desain Aman

Red Hat Enterprise Linux menjadi produk unggulan dari Red Hat. Dimana program ini secara luas bisa dipelajari dan mendapatkan pujian karena produk ini sangatlah aman. Distribusi Linux yang berjalan pada server IBM telah sukses mendapatkan sertifikasi keamanan tingkat tingi di dunia.

6. Memiliki Payung Hukum

Red Hat memberikan jaminan perlindungan hukum kepada para pengguna setianya. Jadi pada saat ada klaim karena penggunaan kekayaan intelektual yang disengketan dengan kaitannya RHEL ataupun produk Red Hat lain, maka pihak perusahaan bakal membantu memberikan perlindungan hukum

E. Kekurangan Red Hat

1. Membutuhkan Waktu Konfigurasi

Sudah umum terjadi jika seseorang yang berpindah sistem operasi membutuhkan waktu untuk mengenal lebih dekat dengan hal baru tersebut. Dalam menjalankan Red Hat ini anda butuh waktu dan kesabaran, karena sepenuhnya program dari Red Hat ini berbeda dari Windows.

2. Membutuhkan Koneksi

Jika kebetulan koneksi anda terputus karena suatu hal, maka domain pun tidak akan bisa anda akses kembali nantinya. Mungkin untuk masalah yang satu ini bukan menjadi hal yang berarti, karena kita sudah bisa mengantisipasinya.

Selain itu, jika melihat sejumlah kelebihan yang diberikan oleh Red Hat, maka bagi calon penggunannya pun tidak akan sulit untuk mempertimbangkan kelebihan dan kekurangannya tersebut.

Cukup sekian dulu ulasan kali ini tentang Red Hat, semoga ulasan diatas tadi bermafaat dan bisa menambah wawasan anda nantinya.




Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us atau kirim melalui form dibawah ini.