Pengertian Mitra Usaha Adalah Arti, Ciri Ciri dan Contoh

Arti kata mitra adalah persahabatan, pertemanan atau kerjasama. Sebagai makhluk sosial, manusia pasti membutuhkan orang lain, termasuk dalam bidang ekonomi. Ketika membuka sebuah usaha atau bisnis, bekerjasama dengan pihak lain sangatlah diperlukan. Lalu apa pengertian mitra usaha?

A. Pengertian Mitra Usaha

Mitra usaha adalah sebuah badan atau perusahaan yang bersedia untuk bekerjasama dengan perusahaan yang lebih kecil darinya. Atau bisa diartikan hubungan kerjasama antara perusahaan kecil dengan perusahaan yang lebih besar dengan mempertimbangkan segala keuntungan dan kebutuhan.

Dalam hal ini mitra uasaha memiliki sifat hubungannya jangka panjang. Bisa berjalan lancar dengan syarat harus mempunyai tujuan dan prinsip yang sama yaitu pembangunan perusahaan, pertumbuhan ekonomi dan tambahan keuntungan. Bukan hanya berdasarkan jiwa sosial dan rasa iba atau kasihan semata.

Asas yang dijunjung tinggi yaitu β€œsuka sama suka” bukan β€œterpaksa” atau β€œkasihan”. Kedua belah pihak harus mempertimbangkan dengan matang terlebih dahulu, misal apakah dengan bekerjasama dengan perusahaan A perusahaan B bisa berkembang dibanding sebelumnya. Hal ini juga berlaku untuk perusahaan A, apakah bekerjasama dengan perusahaan B keuntungan akan semakin bertambah.

Menjalin hubungan dengan perusahaan yang lebih besar jelas sangat menguntungkan. Karena bisa mengambil manfaat dari kemajuan teknologi, pasar dan manajemen keuangan darinya. Begitupun sebaliknya, perusahaan besar juga bisa mengambil manfaat dari keluwesaan dan kelincahan usaha kecil. Β 

B. Ciri-Ciri Mitra Usaha

Jika ingin mengetahui apakah dua perusahaan tersebut bermitra atau tidak. Bisa Anda lihat ciri-cirinya di bawah ini :

1. Ada Kerjasama yang Terjalin

Perusahaan yang bekerjasama dengan perusahaan lain biasanya mempunyai dokumen perjanjian yang sudah ditanda tangani oleh kedua belah pihak. Perjanjian tersebut berisi tentang tujuan apa yang ingin dicapai bersama.  

2. Perusahaan yang Lebih Besar Berkewajiban Untuk Memberikan Pembinaan dan Pengembangan Kepada Perusahaan yang Lebih Kecil

Pembinaan dan pengembangan yang dilakukan bertujuan untuk meningkatkan mutu barang atau jasa. Atau lebih luasnya, perusahaan kecil bisa bertahan dalam kondisi apapun. Dengan begitu tujuan bersama semakin mudah dicapai.  

3. Hubungan yang Terjalin Bersifat Saling Memerlukan, Memperkuat dan Menguntungkan

Keuntungan bersama adalah motivasi paling kuat dalam urusan kemitraan. Perusahaan satu harus menghasilkan keuntungan bagi perusahaan dua, begitupun sebaliknya. Tidak boleh hanya satu pihak saja yang diuntungkan.

Jika Anda menemukan dua perusahaan atau lebih yang mempunyai ciri-ciri di atas. Maka sudah bisa dipastikan keduanya sedang menjalin kemitraan. Sekedar catatan, kemitraan tidak harus berbentuk perusahaan. Dalam artian bisa jadi ada perusahaan yang menggandeng pengusaha lokal.

C. Contoh Mitra Usaha

Contoh Perusahaan yang Menjalin Kemitraan dengan Perusahaan Lainnya

Masih bingung bagaimana skema mitra usaha/kemitraan. Kita berkaca pada salah satu perusahaan terkenal yang bergerak di bidang industri pengolahan susu, PT Greenfileds. Pada tahun 2012 Pemerintah mengeluarkan peraturan mengenai larangan impor sapi, sapi perah dijual menjadi sapi daging.

Hal tersebut membuat susah PT Greenfields karena kurang bahan pokok pada bisnis susu sapi. PT Greenfields mencari cara dengan menggandeng para peternak sapi yang bisa menghasilkan susu hingga 8 ton perhari. Tidak hanya itu, mereka juga menggandeng para penyedia rumput.

PT Greenfields memberikan pelatihan kepada para peternak mengenai bagaimana caranya menjaga kesehatan ternak, memberikan diskon pakan ternak untuk mitra dan membeli produk susu mereka.

Keduanya mendapatkan keuntungan, PT Greenfields tidak kekurangan stok susu yang akan di distribusi kepada pembeli. Mitra juga akan mendapatkan penghasilan dari susu yang dibeli PT Greenfields.

Masih banyak lagi perusahaan besar yang bermitra dengan pengusaha kecil. Bahkan beberapa ada yang menggandeng masyarakat lokal seperti PT Greenfields di atas. Bahkan hubungan yang terjalin berjangka panjang dan saling menguntungkan.  




Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us atau kirim melalui form dibawah ini.