Linux

Linux merupakan sebuah sistem operasi yang berbasis Open Source atau terbuka, dimana OS yang berasal dari keluarga Unix ini memungkinkan pengguna bisa melakukan kustomisasi atau pengembangan OS tersebut agar menjadi lebih baik untuk masa depan.

Nah karena hal tersebut, saat ini ada beracam-macam Distro Linux yang merupakan hasil pengembangan para programmer dunia, sehingga membuatnya terbagi menjadi beberapa kategori yang memiliki fungsi lebih spesifik. Penasaran apa saja Distro Linux tersebut? simak jawabannya dibawah ini.

1. Linux Mint

Distro Linux yang pertama kali ini adalah Linux Mint, dimana distro yang satu ini sangat populer dan banyak yang menyukainya. Distro ini berbasis Debian dan Ubuntu dan menawarka tampilan yang sederhana serta gampang sekali dioperasikan.

Linux Mint ini juga memilki tiga mode tampilan yang bisa anda sesuaikan, diantaranya Cinnamon, Mate, serta Xfce. Ketiga mode ini menawarkan pengalaman kemudahan dalam menjalanknya bagi para pemula, hal ini karena tampilan serta navigasi dari OS tersebut mirip dengan Windows.

Selain itu, Linux Mint ini juga merupakan distro yang menawarkan pengguna yang baik dan juga inovatif. Fitur yang dimilikinya pun juga sangat bagus dan stabil, apalagi dukungan dari komunitas pun juga sangat besar untuk pengguna Linux Mint.

2. Ubuntu

Selain Linuc Mint, Ubuntu ini juga menjadi distro yang sangat populer, bahkan dalam mesin pencarian seperti Google jika anda mencari informasi tentang Linux maka nama Ubuntu ini pasti juga bakalan muncul dibagian beranda.

Ubuntu ini dikembangkan oleh perusahaan asal Afrika Selatan bernama Cannonical ltd. Nama dari Ubuntu ini sendiri digunakan karena memiliki filosofi kemanusiaan dalam bahasa Afrika Selatan. Pengertian ini pun tentu tidak berlebihan karena Ubuntu sangat mudah digunakan, terlebih Ubuntu juga menjadi distro yang paling stabil dan mendapat dukungan komunitas yang besar.

3. MX Linux

Untuk distro yang satu ini merupakan yang cukup ramah soal spesifikasi computer, pasalnya MX Linux ini lebih mengutamakan sebagai sistem operasi yang efisien dan memiliki tampilan yang elegan. Selain itu, distro ini juga menyediakan fitur sistem operasi yang gampang sekali untuk dikonfigurasi.

Soal performa dari MX Linux ini pun juga masih bisa diandalkan, karena mereka bisa dipakai untuk pada computer jadul yang memiliki spesifikasi rendah. Sistem operasi ini juga salah satu yang cukup populer, hal ini tidak terlepas tampilan antarmuka yang ramah dan mudah digunakan para pemula.

4. Fedora

Untuk Distro yang selanjutnya ini memberikan penawaran berupa fitur keamanan data yang baik untuk para pengguna, selain itu sistem operasi ini juga menyediakan fitur keamana SELinux. Ini merupakan fitur keamanan tambahan yang bisa dijadikan sebagai penghubung antara point user serta point Process.

Fedora ini merupakan OS yang mendapat dukungan serta inisiasi dari Red Hat, maka dari itu sistem operasi yang digunakannya pun berbasis RPM Packaging Manager sama dengan yang digunakan oleh Red Hat.

5. Debian

Selain Ubuntu, Debian ini juga menjadi distro Linux yang terbaik dan populer dikalangan masyarakat, biasanya Debian ini seringkali digunakan untuk kebutuhan bahasa pemrograman. Karena itu, tidak mengherankan jika Debian ini menjadi distro Linux yang sangat populer dikalangan para programmer profesional.

Selain itu, Debian ini juga dipakai untuk pengembangan Distro Linux, karena itu tidak sedikit distro Linux yang berbasis Debian ini bahkan lebih populer dibandingkan Debian itu sendiri. Karena perlu diakui jika jarang sekali para pemula untuk mencoba Debian, mereka lebih suka mencoba turunannya seperti Linux Mint dan lain sebagainya.

6. Elementary OS

Untuk Elementary OS ini menawarkan tampilan yang elegan dan menarik untuk dipandang, distro ini berbasis Ubuntu dan memberikan daya tarik berupa pengalaman penggunaan untuk anda. Hal ini dikarenakan distor tersebut fokus pada tampilan yang ringan namun estetis, sehingga jika anda teliti tampilan dari Elementary OS ini melakukan pendekatan mirip dengan MacOS.

Tentu bagi anda yang lebih mengutamakan tampilan, maka Elementary OS ini bisa menjadi pilihan. Selain itu distro ini juga sangat ringan digunakan, sehingga dijalankan pada PC spesifikasi rendah pun tidak ada masalah berarti.

7. Zorin

Bagi anda yang masih pemula, maka Zorin ini juga salah satu yang direkomendasikan untuk anda coba. Terlebih jika anda membutuhkan sebuah distro Linux dengan tampilan mirip seperti Windows yang umum digunakan saat ini.

Zorin OS ini memiliki banyak fitur menarik didialamnya, dan salah satunya yang paling menarik adalah akses mudah ke Wine, yakni sebuah emulator untuk bisa menjalankan berbagai program dari Windows. Selain itu ada juga PlayOnLinux yang bisa digunakan untuk memainkan berbagai game.

8. Kali

Distro Linux selanjutnya kali ini bernama Kali, dimana untuk yang satu ini lebih berfokus pada sisi keamanan data. Sesuai kebutuhannya, Kali ini menyelipkan sejumlah fitur penting yang ada kaitanya dengan security sistem, seperti contohnya fitur untuk mengatasi masalah keamanan serta serangan pada jaringan  Wireless.

Distro ini berbasis Debian, dan cocok sekali bagi anda yang memiliki hobi hacking. Selain itu, Kali ini juga memiliki repository basic yang sudah terintegrasi pada Debian, dan Distor ini juga memiliki dukungan komunitas yang luas sehingga anda pun tidak akan kesulitan mencari informasinya.

9. CentOS

Berbeda dengan sejumlah Distro Linux diatas tadi, untuk CentOS ini merupakan distro turunan dari Red Hat. Bagi anda yang merupakan tipe orang setia pada satu program, maka CentOS ini cocok banget untuk anda miliki karena bisa dipakai dalam jangka waktu yang lama. Selain itu, CentOS ini juga memiliki komunitas pengembang yang aktif di dunia maya.

Karena itu, tidak heran jika CentOS ini dibekali dengan paket software yang sangat mudah digunakan, namun untuk OS yang satu ini sangat cocok dipakai oleh perusahaan dan sejenisnya, sehingga tidak pas jika digunakan untuk pribadi khususnya para pemula.

10. SteamOS

Berbeda dengan Windows yang memiliki banyak sekali game didalamnya, Linux memang bukan berfokus dengan hal tersebut, maka tidak heran jika OS satu ini kurang disukai oleh banyak orang. Namun kali ini ada salah satu distro Linux yang memang berfokus atau dikhususkan untuk bermain game, namanya adalah SteamOS.

Distro Linux ini dikembangkan oleh Valve, yang merupakan distributor game online Steam ternama. OS ini menawarkan berbagai fitur menarik seperti Steam Store, dimana yag menariknya lagi OS ini juga cocok dipakai pada hardware apapun.

11. Red Hat

Sama halnya dengan CentOS tadi, Red Hat ini merupakan salah satu distro Linux yang memang khusus untuk lingkungan perusahaan. Red Hat menjadi OS pertama yang mengenalkan sistem RPM Package Manager, dimana mereka pertama kali dikembangkan dengan nama Red Hat Inc, dan kini berganti menjadi Red Hat Enterprise Linux di tahun 2013.

12. OpenSUSE

OpenSUSE juga termasuk salah satu OS yang berdiri diatas Kernel Linux, dimana tujuan dalam menciptakan OS ini adalah agar pengguna Linux bisa lebih maju karena kinerjanya yang stabil serta ramah pengguna. Karena alasan tersebut, OpenSUSE ini kerap kali dijadikan OS desktop maupun server oleh para pengguna.

13. Mandrake (Mandriva)

Yang terakhir ada Distro Linux bernama Mandrake atau bisa juga disebut sebagai Mandriva. Sesuai namanya, distro ini memang dikembangkan oleh perusahaan bernama Mandriva, dimana OS ini juga berjalan pada sistem RPM Package Manager

Cukup sekian dulu ulasan tentang macam-macam Distro Linux kali ini, semoga bermanfaat dan menambah wawasan anda nantinya, serta bisa menjadi referensi bagi anda yang ingin beralih dari sistem operasi kaku seperti microsoft menjadi ke OS flexibel dan open source layaknya Linux berikut.




Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us atau kirim melalui form dibawah ini.