SteamOS

Game memang tidak bisa terlepas dalam kehidupan sehari-hari remaja jaman now ya, karena tidak hanya sebagai media hiburan namun game kini juga bisa jadi sebuah profesi. Berbicara soal game, mungkin banyak orang yang dikenal hanya untuk OS Windows maupun MacOS saja, karena kedua OS tersebut memang yang paling umum.

Namun kali ini, akan dibahas mengenai game yang disediakan untuk OS Linux. Bukan soal permainannya, melainkan sebuah software yang memang berfokus untuk kebutuhan gaming pengguna, namanya adalah SteamOS.

A. Pengertian SteamOS

SteamOS merupakan sebuah sistem operasi yang berasal dari keluarga Linux Debian. Berbeda dengan sejumlah distro Linux yang ada, untuk SteamOS ini memang diluncurkan untuk keperluan video game.

Jika sistem operasi ini di install pada PC standar, maka hasilnya akan memberikan pengalaman seperti terdapat pada konsel yang menggunakan klien game Steam. Nah bagi anda yang ingin mendapatkan pengalaman seperti di konsol game, maka direkomendasikan untuk memakai mode Big Picture.

SteamOS ini lebih di fokuskan untuk menghadirkan kernel Tweak yang dirancang secara khusus guna meningkatkan performa gaming. Meskipun sudah mendukung desktop GNOME serta versi browser Chrome, namun tidak banyak aplikasi tambahan lain yang disertakan kedalam SteamOS ini.

Hal ini cukup wajar ya, karena SteamOS ini memang merupakan sebuah sistem operasi yang fokus pada keperluan gaming. Dengan begini jika ChromeOS ini dihadirkan untuk komputasi awan, maka SteamOS ini hadir untuk didedikasikan keperluan gaming.

B. Sejarah SteamOS

Steam merupakan distributor game digital yang didirikan oleh Valve, dimana bagi anda yang tertarik maka bisa melakukan pembelian secara online dengan media download. Cara kerjanya ialag dengan mendownload software Steam dengan begini anda pun bisa membeli game yang telah disediakan.

Baca Juga :  Senjata Tradisional : Aceh, Bali, Jawa Barat

Steamwrok merupakan sistem keamanan game baru yang pada bagian box terdapat keterangan Steam, dengan kata lain anda perlu memasukkan identitas terlebih dahulu beserta kata sandi lalu diverifikasi secara daring dan anda bisa menginstall Steam ini.

Dengan begini artinya, Steam ini merupakan software yang jadi media untuk menjalankan sebuah game original, sementara SteamOS merupakan gabungan dari Steam dan Linux yang memungkinkan para pengguna OS Linux bisa bebas main game tanpa perlu bantuan emulator nantinya.

C. Game yang Bisa Dalam SteamOS

Pada bulan Juni 2020 kemarin, tercatat ada 6500 lebih game yang sudah kompatibel pada Linux yang tersedia didalam perpustakaan Steam. Didalamnya terdapat banyak sekali game-game terbaru dan cukup populer dikalangan para gamer, milai dari Rocket League, Civilzation 6, Saints Row IV, Dota 2, hingga CS: Go.

Para pengembang game ini juga ikut serta berkontirbusi dalam merilis game pada OS Linux tersebut, sehingga mampu menghadirkan game serta komunitas yang beragam. Tercatat, sekitar 250 ribu orang ini memainkan game di SteamOS setiap harinya.

Angka ini tentu masih belum seberapa jika dibandingkan pengguna Linux yang memasang SteamOS. Meskipun begitu, dengan begini maka SteamOS merupakan masa depan dari game Linux, dimana Steam mampu menghubungkan anda pada lingkungan tersebut.

D. Spesifikasi SteamOS

Bagi anda yang tertarik untuk mencoba SteamOS ini, per Juni 2020 kemarin berikut persyaratan minimum perangkat yang ingin menjalankan SteamOS didalam PC:

  • Memori RAM 4Gb atau lebih
  • Menggunakan prosesor Intel atau AMD 64-bit
  • Memiliki memori 250 GB atau lebih besar
  • Karti grafis menggunakan NVIDIA, Intel, maupun AMD
  • Port USB maupun drive DVD untuk melakukan instalasi
Baca Juga :  Pengertian Linux Mint : Sejarah, Aplikasi, Kelebihan dan Kekurangan

Diatas tadi merupakan spesifikasi minimal untuk bisa menjalankan SteamOS secara optimal, tapi jika anda memainkan game dengan memakai kualitas grafis dan FPS yang tinggi atau sekelas Ultra, maka anda perlu memiliki kapasitas RAM maupun kartu grafis dengan kualias atas nantinya.

Namun tidak perlu khawatir, karena saat ini kebanyakan perangkat PC terbaru sudah lebih dari mumpuni untuk menjalankan SteamOS tersebut. Dengan begini, tidak heran jika banyak sekali orang yang tertarik untuk bermain pada OS tersebut.

E. Cara Menginstall SteamOS

Untuk menginstall SteamOS ini masih sama dengan menginstall OS Linux pada umumnya, yakni anda perlu memakai bootable USB Flash Disk dengan kapasitas minimal 4GB serta memakai format DVD maupun FAT32.

Namun sebelum anda menginstallnya, maka silahkan dulu anda download SteamOS disini:

https://store.steampowered.com/steamos/download/?ver=custom

Setelah selesai di download, pastikan sebelum anda menginstall SteamOS ini UEFI Support sudah dinyalakan melalui BIOS.

Jangan pernah anda install didalam hard disk yang masih terdapat file-file penting didalamnya, karena nanti pada saat instalasi SteamOS file tersebut bakal hilang / terhapus. Untuk itu pastikan hard disk anda kosong atau lakukan backup data terlebih dahulu. Jika sudah, silahkan anda ikuti instruksi yang diberikan saja

F. Cara Main Game di SteamOS

Jika ada sudah memakai Steam Client didalam PC untuk main game, maka untuk memakai SteamOS ini pun sama halnya saat anda main game di Windows maupun MacOS. Terdapat berbagai fitur umum, termasuk fitur Streaming In-home.

Untuk kinerja gaming pun sudah tidak perlu dihiraukan karena apapun genre game yang anda mainkan, Linux sudah siap memanjakan anda. Untuk kinerja yang diberikan bukan merupakan kejutana disini, namun yang mengesankan bagaimana SteamOS ini menangani Linux, selain itu ada jugafitur unlockable maupun archievement didalamnya.

Baca Juga :  Pengertian Arsitektur : Sejarah, Fungsi dan Contoh Arsitektur

Didalam SteamOS ini hanya terdapat Steam Client, sehingga sumber daya yang ada didalam PC anda ini pun dialokasikan secara penuh untuk keperluan gaming, dan hal ini membuatnya berbeda dengan OS Windows untuk main game. Untuk frame rate-nya pun juga tidak jauh beda, malah Linux ini memiliki kemampuan yang lebih cepat.

Yang menarik saat anda memakai SteamOS ini dukungan untuk model joystick apapun bisa digunakan, namun disarankan anda memakai Dualshock 4 maupun Joystick Xbox One agar nantinya anda mendapatkan pengalaman seperti main game di konsol.

G. Kelebihan SteamOS

  • Merupakan sistem operasi khusus gaming yang legal
  • Steam kerap kali memberikan diskon besar-besaran untuk gamer
  • Permainan ataupun game yang sudah anda beli maka bakal tersedia didalam database Steam
  • Anda bisa mendapatkan game yang sudah dibeli secara langsung tanpa dikenakan ongkos kirim
  • Mendapat dukungan multiplayer pada Steam sehingga memungkinkan anda bisa bermain game secara bersamaan dengan dukungan komunitas
  • Searang bisa melakukan pembelian voucher di  7eleven maupun Indomaret terdekat

H. Kelemahan SteamOS

  • Hanya memiliki 1 Serial Key
  • Memakai sistem download bagi game yang tidak bisa dikirim

I. Platform yang Mendukung SteamOS

  • Microsoft Windows
  • Mac OSX
  • Play Station 3
  • Linux Ubuntu

Dengan lahirnya SteamOS ini, banyak yang berharap kedepannya tidak akan ada lagi yang namanya pembajakan game yang sudah seringkali terjadi, sehingga merugikan para developer yang bekerja keras membuat game tersebut.

Kurang lebih seperti itulah pembahasan mengenai SteamOS yang bisa disampaikan untuk anda, sebagai referensi untuk anda yang mungkin menginginkan sistem operasi Linux dan penyegaran terhadap perangkat kalian. Semoga membantu.




Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us atau kirim melalui form dibawah ini.



Previous articlePengertian Linux Mint : Sejarah, Aplikasi, Kelebihan dan Kekurangan
Next articleBlogger, Salah Satu Profesi dengan Penghasilan Fantastis