Wide Area Network Pengertian, Ciri, Macam Jenis, Fungsi dan Contoh Perangkat Hardware [Original Size]

Wide Area Network atau disingkat WAN merupakan jaringan dengan jarak sangat luas sebab radiusnya mencakup satu negara atau benua. WAN ini memakai sarana serta fasilitas transmisi seperti satelit, telepon atau kabel bawah laut.

Untuk sebagian besar WAN, komponen yang digunakan dalam berkomunikasi umumnya terdiri dari 2 komponen yakni elemen switching serta kabel sebagai media transmisi. Kabel transmisi dipakai untuk memindahkan bit dari sebuah komputer ke komputer lan, sementara elemen switching merupakan komputer khusus yang dipakai untuk menghubungkan 2 buah kabel transmisi atau bahkan lebih.

Ketika data yang dikirim sampai ke kabel penerima, maka elemen switching akan memilih kabel pengirim untuk meneruskan paket data. Untuk kecepatan transmisi cukup beragam seperti 2Mbps, 34 Mbps, 45 Mbps, 155Mbps hingga 625 Mbps bahkan terkadang lebih. Sementara faktor khusus yang mempengaruhi desain serta performance ada di siklus komunikasi seperti satelit, jaringan telepon atau komunikasi pembawa yang lain.

WAN akan menginterkoneksi beberapa LAN dan menyediakan akses ke komputer atau file server di lokasi lainnya. Beberapa teknologi WAN diantaranya adalah DSL, ISDN, modem, Frame Relay, E3, T1, E1, T3 sert SONET.

A. Perangkat atau Hardware Jaringan WAN

WAN akan menghubungkan beberaa LAN lewat jalur komunikasi dari service provier. Karena jalur komunikasi tidak dapat langsung masuk ke LAN, maka dibutuhkan beberapa perangkat interface seperti berikut ini:

1. Router

LAN akan mengirim data ke router lalu router akan menganalisa atas dasar informasi alamat di layer 3. Sesudah itu, router akan meneruskan data ke interface WAN yang sesuai dengan routing table. Router merupakan perangkat jaringan aktif dan intelegent serta bisa berpartisipasi pada manajemen jaringan. Router mengatur jaringan dengan menyediakan kontrol yang dinamis lewat sumber daya serta mendukung tugas dan tujuan dari jaringan. Beberapa tujuannya adalah untuk performansi reliabel, konektivitas, kontrol manajemen serta fleksibilitas.

2. CSU / DSU

Jalur komunikasi butuh sinyal dengan format yang tepat. Untuk jalur digital, suatu Channel Service Unit atau CSU serta Data Service Unit atau DSU sangat dibutuhkan dan keduanya seringkali juga digabungkan menjadi sebuah perangkat yang dinamakan dengan CSU / DSU.

3. Modem

Modem merupakan sebuah perangkat yang diperlukan untuk menyiapkan data transmisi lewat local loop. Selain itu, modem juga semakin dibutuhkan untuk jalur komunikasi analog dibandingkan dengan digital.

Modem akan mengirimkan data lewat telepon dengan memodulasi serta demodulasi sinyal. Nantinya, sinya digital akan ditumpangkan ke sinyal suara analog yang dimodulasi untuk ditransmisikan. Sedangkan untuk sisi penerima sinyal anlog akan dikembalikan menjadi sinyal digital atau demodulasi.

4. Communication Server

Communication server akan berkonsentrasi pada komunikasi pengguna dial-in serta remote akses menuju Local Area Network. Communication Server mempunyai beberapa interface analog serta digital sehingga bisa melayani beberapa user dalam waktu yang bersamaan.

B. Ciri dan Karakteristik Wide Area Network

Berikut ini akan kami berikan beberapa ciri dan karakteristik dari Wide Area Network atau WAN selengkapnya:

  • Penghubung Perangkat yang Tidak Bisa Dihubungkan Dengan LAN dan MAN

Biasanya, Wide Area Network berguna untuk menjadi penghubung beberapa perangkat yang tidak bisa terhubung lewat jaringan LAN serta MAN. Untuk itu, jaringan Wide Area Network bisa dipakai sebagai penghubung jaringan yang sangat luas.

  • Radius yang Luas

Biasanya, radius yang bisa dijangkau Wide Area Network sangat luas sehingga umumnya di jaringan WAN melibatkan operator telekomunikasi. Pemakaian operator telekomunikasi tersebut berguna supaya perangkat di dalam jaringan WAN bisa saling berkomunikasi antara yang satu dengan yang lain.

  • WAN memakai koneksi serial dari banyak macam jenis supaya bisa mengakses bandwidth pada lokasi serta jarak yang jauh.
  • WAN bekerja di layer fisik serta layer data link dari layer OSI.

C. Macam Jenis Wide Area Network

Wide Area Network dibagi menjadi beberapa jenis, diantaranya adalah:

1. Leased Line

Leased line adalah jenis WAN yang biasa disebut juga dengan koneksi dedicated point to point. Koneksi dedicated point to point adalah jenis WAN yang tidak memerlukan proses call setup untuk memulai proses pengiriman data. Untuk itu, mekanisme pengiriman paket data dilakukan memakai Synchronous serial.

2. Circuit Switching

Jenis WAN ini lebih dulu akan melakukan call setup untuk membentuk sebuah koneksi agar bisa memulai proses pengiriman data. PTSN serta ISDN adalah protocol di Wide Area Network yang memakai koneksi circuit switching di jaringan publik.

3. Paket Switching

Fungsi dari paket switching adalah supaya pengguna bisa berbagi bandwidth ke pengguna lainnya sehingga koneksi lebih stabil serta bisa mengatur bandwidth sesuai dengan jumlah penggunanya. Packet switching merupakan pengembangan dari koneksi Lased Line serta mekanis koneksinya secara Syncrhonous Serial.

D. Fungsi Wide Area Network

Sesudah mengetahui tentang pengertian, jenis dan karakteristik, berikut adalah beberapa fungsi dari Wide Area Network:

  • Untuk menghubungkan jaringan LAN serta jaringan MAN dalam sebuah jaringan.
  • Untuk membantu mempercepat proses membagi data atau sharing file.
  • Untuk mempercepat serta memudahkan arus komunikasi dan informasi.
  • Untuk mempermudah update data antar perusahaan atau kantor sehingga bisa dilakukan setiap saat dan murah.
  • Sebagai sarana menyampaikan informasi yang mudah, efisien serta cepat.




Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us.