Kelebihan Dan Kekurangan Mozilla Firefox

Kelebihan Dan Kekurangan Mozilla Firefox – Asia Tenggara adalah wilayah dengan perkembangan internet tercepat dibandingkan dengan wilayah lain di dunia. Negara kita, Indonesia, merupakan negara terbesar ke-5 dengan jumlah pengguna internet terbanyak di dunia. Hal ini membuat Indonesia menjadi pasar internet yang sangat menjanjikan. Oleh sebab itu, banyak sekali perusahaan yang berjalan di bidang internet yang berlomba-lomba untuk mengembangkan produknya untuk meraup keuntungan dari hal ini.

Salah satu perusahaan tersebut adalah Mozilla Foundation yang menjadi pengembang dari sebuah perangkat lunak open source Mozilla. Perusahaan ini meluncurkan perangkat lunak yang berfungsi untuk mengakses dunia maya yang diberi nama Phoenix. Peluncuran awal yaitu pada 23 September 2002, 15 tahun silam. Namun, seiring berjalannya waktu, nama Phoenix lebih dikenal dengan sebutan Mozilla Firebird dan kini lebih dikenal dengan nama Mozilla Firefox. Peramban ini dapat digunakan oleh setiap orang tanpa dipungut biaya sepeserpun karena Mozilla mengusung tema free open source.

Baru-baru ini Mozilla meluncurkan dua type Mozilla Firefox terbaru khusus untuk warganet Indonesia, Mozilla Firefox Quantum untuk pengguna laptop dan Mozilla Firefox Rocket untuk pengguna ponsel pintar.

Mozilla Firefox Quantum adalah peramban Mozilla Firefox versi terbaru. Peramban ini pertama kali diluncurkan pada Selasa, 14 November 2017. Sistem operasi yang digunakan untuk peramban ini adalah Windows dengan ukuran file 37.2 MB. Selain bisa digunakan untuk platform Windows, peramban ini juga bisa digunakan untuk platform lain, seperti MacOS dan Linux. For your information, kini sudah tersedia versi terbaru dari Mozilla Firefox Quantum, yaitu versi 58.0 Beta 6.

Apa sih keuntungannya menggunakan Mozilla Firefox Quantum versi 58.0 Beta 6 ?

  • Browsing lebih cepat hingga 2x lipat

Mozilla Firefox Quantum diklaim memiliki kecepatan 2x lebih cepat dibandingkan dengan versi Mozilla Firefox sebelumnya, yaitu versi 56.0 kebawah.

  • Memakan RAM lebih sedikit

Sebagai pengguna Mozilla Firefox, masalah yang paling ditakuti adalah peramban ini terkenal membutuhkan RAM yang cukup banyak. Akan tetapi, pihak Mozilla, selaku pengembang peramban ini, mengklaim bahwa Firefox Quantum lebih sedikit memakan RAM jika dibandingkan dengan peramban lain, yaitu Google Chrome. Mereka mengklaim bahwa peramban ini lebih hemat RAM sebanyak 30% daripada peramban tersebut.

  • Lebih ringan

Karena peramban ini lebih sedikit membutuhkan RAM, maka tidak diragukan lagi bahwa peramban ini pasti lebih ringan dibandingkan peramban lain atau peramban Mozilla Firefox versi sebelumnya. Pihak pengembang juga mengklaim bahwa versi ini dapat digunakan untuk membuka 10 hingga 1000 buah tab sekaligus dan dapat berpindah tab tanpa membuat peramban ini menjadi crash.

  • Lebih aman

Dalam laman resmi Mozilla, mereka mengklaim bahwa peramban ini sangat aman, karena didukung oleh fitur terbaru Mozilla Firefox yaitu fitur Tracking Protection yang diklaim dapat menangkal upaya pencurian data yang dilakukan oleh pihak tak bertanggung jawab.

  • Desain yang lebih menarik

Perubahan besar dilakukan oleh pengembang terhadap tema, menu, serta desain tab baru yang lebih fleksibel. Merubah pemikiran lama tentang peramban Mozilla Firefox yang kaku dan berat. Versi ini lebih mengedepankan kenyamanan dalam menjelajahi dunia maya.

Dari segudang kelebihan yang ditawarkan dalam Mozilla Firefox Quantum versi 58.0 Beta 6, masih terdapat beberapa kekurangan yang ditemukan saat menggunakan peramban ini. Kekurangan yang paling terlihat jelas adalah add-ons yang masih belum cocok untuk versi ini. Hal ini disebabkan pihak pengembang telah merombak codingan peramban ini secara besar-besaran, bahkan menyentuh angka 75% dari keseluruhan codingan peramban versi sebelumnya. Sehingga, perlu penyesuaian ulang yang dilakukan oleh pengembang add-ons agar produknya bisa digunakan di peramban Mozilla Firefox Quantum ini.

Sebelum diluncurkannya peramban Mozilla Firefox Quantum untuk laptop, sebenarnya Mozilla terlebih dahulu meluncurkan Mozilla Firefox Rocket yang khusus untuk pengguna ponsel pintar.

Peramban ini sudah didownload sebanyak 100.000 kali melalui PlayStore dan mendapat rating 4,5. Versi terbaru dari peramban ini adalah veri 1.0.1710 yang diperbarui pada 6 November 2017.

Apa sih keuntungannya menggunakan Mozilla Firefox Rocket ini ?

  • Ringan dan secepat kilat

Ukuran berkas peramban ini tergolong kecil, hanya sekitar 2 MB-an saja. Fitur Mode Turbo yang dimiliki oleh peramban ini diklaim dalam meningkatkan kecepatan saat menjelajah maupun mengunduh file.

  • Hemat data dan uang

Mengapa bisa menghemat uang ? Karena dengan kecepatan yang dimiliki oleh peramban ini, menurunkan biaya pengeluaran untuk membeli paket data. Fitur Mode Turbo juga dilengkapi dengan kemampuan memblokir iklan dan pelacak menjengkelkan. Selain itu, pengembang juga menambahkan fitur pemblokiran gambar saat menjelajah sehingga biaya data semakin murah saat menjelajah, fitur ini mirip dengan fitur Buka Gratis pada aplikasi sosial media Facebook.

  • Bebas dari iklan

Dengan kemampuan dari fitur Mode Turbo yang dapat memblokir iklan saat menjelajah, membuat aktivitas menjelajah semakin menyenangkan karena terbebas dari iklan yang mengganggu.

  • Fitur yang beragam

Fitur yang ditawarkan oleh pengembang meliputi Turbo Mode, Screenshot, Clear Cache, Storage Control, dan Block Images.

Namun, karena Mozilla Firefox Rocket masih sangat baru, baru berumur beberapa bulan, pastinya masih terdapat banyak kekurangan. Apa saja kekurangan yang dimiliki oleh peramban ini ?

  • Tidak bisa menambah tab

Fitur tambah tab memang tidak ditambahkan oleh pengembang. Pengembang menilai bahwa pengguna lebih sering menggunakan single tab daripada menggunakan multitab. Padahal, multitab sebenarnya sangat membantu pengguna ketika menjelajah dunia maya.

  • Bug pada saat mengunduh file

Saat mengunduh file, ketika belum selesai mengunduh atau sedang dalam proses mengunduh, nama file dan ukuran file tidak diketahui. Selain itu, kecepatan dan waktu mengunduh juga tidak tersedia. Hal ini jelas sangat merugikan bagi pengguna karena tidak bisa mengetahui berapa ukuran file yang ditakutkan akan melebihi kuota data yang dimiliki dan juga waktu yang dibutuhkan untuk mengunduh yang bisa saja sangat lama.

  • Tombol navigasi yang masih sangat sedikit

Hanya terdapat tiga buah tombol navigasi, yaitu tombol home, search (logo kaca pembesar), dan titik tiga (untuk membuka fitur dari peramban ini). Peramban tidak menyediakan tombol kembali di peramban ini dan belum diketahui alasan dari tidak disediakannya tombol tersebut.

Peramban Mozilla Firefox yang diciptakan khusus untuk warganet Indonesia memang cukup berkualitas dan memenuhi keinginan warganet Indonesia ketika menjelajahi situs dunia maya. Akan tetapi, peramban yang tergolong masih sangat baru ini, meskipun versi sebelumnya sudah sangat terkenal, perlu ditingkatkan lagi kualitasnya sehingga dapat memenuhi apa yang diinginkan oleh warganet Indonesia karena peramban ini diciptakan khusus untuk mereka. Pengembang harus memperbaiki bug yang ada di setiap peramban ciptaannya serta memperhatikan setiap masukan untuk meningkatkan rasa kepuasan pengguna.




Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us.