Karakteristik Benua Asia - Iklim, Ciri Khas dan Sosial Budaya

Benua merupakan bentuk wilayah daratan yang memiliki bagian atas satu pulau besar atau beberapa pulau yang letaknya berdamping-dampingan. Asia merupakan salah satu benua terbesar, namun apa saja karakteristik benua Asia yang harus diketahui banyak orang.

Banyak benua yang dijumpai di dunia ini, beberapa diantaranya adalah Benua Asia, Benua Eropa, Benua Australia, Benua Amerika, Benua Amerika Selatan, Benua Antartika dan Benua Afrika. Dari sekian banyak macamnya, terdapat pula karakteristik dan ciri khas yang berbeda.

A. Macam Karakteristik Benua Asia

Benua Asia adalah salah satu benua yang memiliki banyak sekali negara, baik itu negara mau dan negara berkembang. Benua ini dianggap penting karena keberadaan negara-negara disini memiliki peran penting bagi dunia internasional. Selain itu, banyak pula latar belakang masyarakatnya.

Seperti diantaranya, Melayu, Oriental, hingga Timur Tengah dan lain sebagainya. Benua Asia juga merupakan benua terbesar di dunia diantara semua benua di dunia, tentunya juga memiliki banyak sekali keistimewaan dan ciri khas yang menarik untuk diketahui, berikut ini diantaranya.

1. Benua Terluas di Dunia

Benua Asia merupakan benua terluas di dunia, berkali-kali lipat dari benua lainnya, memiliki luas sekitar 43.149.671 km persegi.  Luas ini dapat dikatakan meliputi seperempat dari luas daratan di muka bumi, hingga empat setengah kali lipat luas benua Eropa.

Wilayah yang luas ini menjadikan benua Asia dibagi menjadi beberapa wilayah, seperti diantaranya Asia Timur, Asia Barat, Asia Tenggara dan lain sebagainya. Memiliki wilayah yang luas juga membuat benua ini terdiri dari banyak negara, baik itu negara maju atau negara berkembang.

2. Penduduk Paling Banyak

Salah satu dampak memiliki wilayah yang luas, benua Asia mempunyai penduduk paling banyak dibandingkan dengan benua lain. Masyarakat Asia setidaknya mencapai angka 4,436 milyar jumlah penduduknya, jika dilihat dari angka banyaknya rasanya sangat lumrah karena berbanding lurus dengan luas wilayah yang dimiliki.

Penduduk banyak menjadi salah satu aset sumber daya manusia yang dimiliki banyak negara di benua ini, kualitas yang sedemikian rupa dapat dimanfaatkan oleh berbagai negara untuk membangun negara yang lebih baik di bidang ekonomi atau kesejahteraan.

3. Pertumbuhan Penduduk Paling Tinggi

Luas wilayah yang paling besar ditambah dengan jumlah penduduk yang banyak pula membuat benua ini merupakan satu-satunya wilayah yang memiliki nilai pertumbuhan penduduk sangat tinggi. Beberapa negara tersebut antara lain Tiongkok atau China dan juga India.

Hal ini lambat laun akan menjadi masalah tersendiri bagi benua Asia, jika terlalu banyak pertumbuhan dan tidak dapat dikendalikan. Itulah mengapa negara-negara di benua ini banyak yang melakukan terobosan dengan mengikuti program seperti Keluarga Berencana.

4. Benua Banyak Sejarah

Banyak peninggalan yang memiliki nilai sejarah menjadikan benua Asia lebih istimewa ketimbang benua lain di dunia ini. Tidak hanya berada di satu titik, peninggalan sejarah ini tersebar ke seluruh penjuru benua Asia karena setiap negara di benua ini memiliki sejarah masing-masing.

Beberapa diantaranya seperti Tembok Besar China dan Candi Borobudur di Indonesia, merupakan secuil peninggalan yang memiliki nilai sejarah yang tinggi. Peninggalan ini menjadi salah satu keunikan tersendiri dari benua Asia ketimbang benua lain.

5. Benua Dataran Tertinggi di Dunia

Benua Asia memiliki dataran tertinggi di dunia yang terletak di Tibet, Mongolia, saking tingginya bahkan dikenal dengan sebutan Rooftop of the World. Tinggi dataran tinggi ini meliputi area yang berada di sekitar setengah ukuran Amerika Serikat yang berdekatan dan memiliki rata-rata lebih dari 5.000 meter. Dataran tinggi di benua Asia lain berada di dataran tinggi Delau, dataran tinggi Assam di India dan juga masih banyak lagi. Manfaat benua Asia memiliki dataran tinggi, banyak masyarakat yang ingin menaklukan dataran tinggi ini.

B. Negara Negara di Benua Asia

Asia Utara
Asia Utara
Asia Tengah
Asia Tengah
Asia Timur
Asia Timur
Asia Tenggara
Asia Tenggara
Asia Barat Daya
Asia Barat Daya
Asia Selatan
Asia Selatan

Sedikit penjelasan diatas merupakan sebagian dari karakteristik benua Asia, benua yang banyak sekali memiliki ciri khas. Semoga dengan adanya penjelasan diatas Anda tidak lagi bingung mencari pemahaman akan ciri dari benua Asia.





Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us.