Pengertian SPAM Adalah - Arti, Macam Jenis, Tujuan, Dampak dan Contoh

Penggunaan internet dari tahun ke tahun kini selalu meningkat dengan pesat selaras dengan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi. Pasalnya internet memiliki manfaat yang sangat banyak dan memudahkan beberapa hal bagi manusia. Selain berfungsi menjadi sarana komunikasi saat ini internet juga digunakan dalam keperluan bisnis seperti marketing. Melihat adanya peluang untuk menghasilkan keuntungan berupa uang dari internet disini mulailah muncul istilah yang bernama Spam.

Seringkali kita mendengar atau melihat pada sistem email atau apapun yang terdapat di Internet untuk melaporkan aktifitas spam. Menggapa spam merupakan perbuatan yang dilarang dalam dunia Internet? Apa saja hal yang dianggap sebagai spam? Berikut ini merupakan penjelasan lengkap mengenai definisi, arti, macam jenis, tujuan fungsi, dampak dan contoh spam.

A. Pengertian SPAM

Secara umum pengertian SPAM adalah suatu informasi dalam bentuk pesan yang sama dikirimkan ke banyak pengguna lain yang berbeda dengan menggunakan email atau Internet, umumnya hal ini digunakan dalam upaya mengiklankan sesuatu untuk mendapatkan keuntungan dan saat ini spam juga digunakan dalam konteks lain diluar hal tersebut. Aktifitas spam ini dikenal dengan istilah Spamming, sedangkan Spammer adalah seorang yang melakukan aktifitas spamming.

B. Macam Jenis Spam

Spam memiliki tipe berbeda beda yang akan dijelaskan berdasarkan tujuan dari Spammer tersebut. Adapun jenis jenis spam yang sering kita temui dalam kehidupan sehari hari dapat dilihat antara lain adalah sebagai berikut ini.

1. Spam Promotions

Spam promosi adalah spam yang dimaksudkan untuk mendapatkan keuntungan materi dari aktifitas spamming yang dilakukan. Sebagaimana promosi yang umumnya dilakukan namun aktifitas spamming ini biasanya dilakukan secara masal dan brutal menggunakan tools otomatis. Spam yang dilakukan secara terus menerus dan secara masal dikirimkan ke siapapun tentunya akan merugikan banyak pihak. Sebagai contoh spam dalam bentuk promosi yang dilakukan di email akan membuat penuh disk atau kapasitas batasan yang tersedia pada layanan email tersebut. Selain itu pihak penyedia layanan email seperti Gmail, Yahoo, Outlook, AOL, Yandex dll tentunya akan mengalami kerugian dalam sisi server yang harus melayani aktifitas tidak penting dan dapat membebani server jika dilakukan dalam jumlah banyak dam masal oleh banyak spammer. Tidak ada minat pada suatu produk tertentu tetapi terus ditawarkan dalam pesan yang sama berulang ulang tentunya akan cukup menggangu.

2. Spam Scam

Scam yang merupakan bahasa inggris yang berarti penipuan merupakan aktifitas spam yanng dilakukan dengan tujuan untuk menipu seseorang dengan memanfaatkan kelengahannya. Salah satu contoh spam jenis ini bisa dilihat berupa pesan iming imning mendapat hadiah besar yang memeiliki syarat untuk melakukan penebusan dengan sejumlah dana tertentu untuk bisa mengambil hadiah tersebut. Tidak hanya itu, masih banyak modus modus lainnya yang dilakukan spammer dengan teknik lainnya untuk mengelabui korbannya.

3. Ignorant Spam

Spam jenis yang terakhir mungkin tidak berbahaya tapi sangat sering kita jumpai. Spam ini biasanya dilakukan oleh orang awam yang pada dasarnya belum mengetahui bahwa tindakannya sangat menganggu orang lain. Dapat dilihat contohnya seperti komentar di mendia sosial yang begitu panjang hanya karena motif sekedar jahil saja. Selain itu komentar otomatis di media sosial ataupun web dengan cara menginjekannya melalui tool jenis apapun tentunya akan sangat merugikan banyak pihak mulai dari pemilik web hingga orang lain yang mengaksesnya juga.

C. Tujuan Spam

Sebagaimana yang telah disebutkan pada macam jenis spam di atas, tujuan atau fungsi dari spam itu sendiri berdasarkan jenis spam yang dilakukan. Berikut ini merupakan beberapa point serta rincian penjelasan mengenai tujuan spamming :

1. Memasarkan Produk

Dalam upaya memasarkan produknya hingga mencapai keseluruhan potensi konsumen yang ditarget terkadang para pelaku bisnis berlebihan dalam mengirimkan informasi secara terus menerus. Membuat orang untuk mengenal brand produk memang sangatlah penting untuk membangun citra merk pada produk yang dipasarkan sehingga mempengaruhi minat beli konsumen yang akan meningkatkan penghasilan produsen. Sayangnya seringkali promosi seringkali dilakukan secara terus menerus padahal konsumen tidak memiliki minat pada produk tersebut. Alih alih mendapatkan keuntungan justru pesan promosi masuk dalam kategori spam, baik dilakukan secara manual oleh pengguna yang menganggap hal tersebut adalah pesan spam Sistem secara otomatis juga melakukan eliminiasi pada pesan yang dianggap tidak berguna bagi pengguna.

2. Menipu

Penipuan merupakan tindak kejahatan yang sering kita temukan baik dari zaman dahulu kala hingga sekarang. Seiring dengan perkembangan zaman yang difasilitasi dengan kemudahan dalam hal komunikasi melalui media elektronik, penipuan saat ini juga dilakukan melalui segala media yang ada. Menipu tentunya memiliki tujuan untama untuk mendapatkan keuntungan dari kelengahan korban.

3. Mendapatkan Popularitas

Mungkin banyak orang yang belum mengetahui bahwa ternyata spam mampu digunakan untuk mendapatkan popularitas. Hal ini mungkin sulit dipahami mengingat dampak spam yang membuat citra pelaku menjadi buruk tetapi bagaimana bisa digunakan untuk mendapatkan popularitas. Sebagai salah satu contohnya dapat dilihat kasus yang terjadi di media sosial seperti auto kementar ada juga tool auto like dan auto view story di instagram. Mungkin hal ini jarang diperhatikan oleh orang bahwa ternyata dengan menggunakan spamming metode yang satu ini membuat pelaku spammer seolah solah peduli dan mengapresiasi konten orang lain dengan like, komentar dan view story. Pada dasarnya hal tersebut dilakukan oleh tool yang mengelabui orang lain mengira spammer yang saat itu belum diketahui motifnya dianggap peduli oleh korban. Sehingga akan membuat korban penasaran dengan akun pelaku kemudian membalas like, follow dan komen pada konten pelaku.

4. Menganggu Orang Lain

Jahil umumnya dilakukan untuk kepuasan pribadi setelah berhasil menggangu orang lain. Salah satu contoh senderhananya yaitu membuat komentar yang panjang sehingga perangkat pengguna lain yang memeiliki spesifikasi rendah akan terasa berat saat mengakses konten pada halaman yang dijadikan sasaran spamming.

D. Dampak Spam

Setelah mengetahui macam jenis spam serta tujuan spam berikut ini merupakan beberapa penjelasan mengenai efek atau akibat yang ditimbulkan dari spamming.

1. Kerugian Materi

Spam jenis scam tentunya akan merugikan dalam sisi materi pada korban yang masuk dalam perangkap spammer. Sebenarnya spam ini sangat mudah dihindari dengan ketelitian dalam memahami informasi sehingga bisa mengetahui bahwa pesan tersebut hanyalah berisi upaya penipuan.

2. Black List

Sangat naif jika kamu menganggap bahwa spam hanya berdampak buruk pada pelakunya saja. Dalam kasus lain seperti pengiriman pesan masal menggunakan IP internet tertentu akan membuat IP internet tersebut memiliki reputasi buruk sehingga akan dicekal oleh webiste yang menjadi korban. Sistem website tersebut akan memberikan informasi pada jaringan internet global bahwa IP tersebut melakukan spamming sehingga juga akan di block di web lainnya. Hal ini memugkinkan para pengguna internet yang menggunakan IP internet publik yang sama dengan spammer terblock saat mengakses beberapa situs tertentu.

3. Membebani Server

Walaupun hanya beberapa kata yang dikirimkan oleh spammer, namun dengan jumlah yang banyak dan dilakukan secara berulang ulang maka dampaknya akan membuat Server yang dijadikan target tersebut akan terbebani. Efek ini memberikan kerugian bagi server sehingga harus bekerja lebih berat

4. Memperburuk Reputasi

Layanan website atau konten yang tercemari dengan adanya spam secara tidak langsung membuat kuaitas layanan tersebut dainggap tidak kompeten dalam menangani spamming. Dapat dilihat contoh group di facebook atau di Whatsapp dan lain lainnya, jika terdapat spamming yang dilakukan secara terus menerus tentunya akan ditinggalkan oleh publik dan dianggap menjadi sumber konten sampah atau tidak bermanfaat. Dampak kecilnya mungkin hanya reputasi spammer, group saja yang berpengaruh, namun jika spamming menyebar dan tidak segera ditangani oleh admin atau webmaster maka bisa berdampak lebih luas hingga reputasi website tersebut yang dianggap buruk.

5. Trust Issue

IP Internet yang digunakan sebagai akses untuk spamming akan sulit untuk dipercaya jaringan internet. Whitelist yang diajukan oleh provider internet mungkin bisa membuatnya terbebas dari blacklist yang sudah terjadi, namun mungkin masih ada website yang secara personal masih membacklink ip tersebut dan harus secara manual meminta secara pribadi pada webmaster yang bersangkutan.

Selain dari masalah teknis yang ditimbulkan dari aktifitas spam di atas terdapat juga efek yang menyerang perorangan secara pribadi. Korban spammer jenis scam tentunya akan memiliki trauma yang membuat korban akan sulit percaya dikemudian hari.

6. Membuang Waktu

Waktu adalah kehidupan, 1 detik waktu hidup sangatlah berharha dan tidak bisa ditukar dengan apapun. Pesan spam yang dikirimkan pada banyak orang tidak hanya merugikan 1 orang saja. Sebagaimana yang telah dituliskan pada efek spam yang membebani server akan membuat server terasa lambat juga akan mempengaruhi pengguna lainnya yang juga mendapatkan layanan akses yang lambat pula. Bahkan tidak jarang spam bisa membuat server down jika hosting yang digunakan memiliki spesifikasi yang rendah.

E. Contoh Spam

Adapun beberapa contoh spam yaitu Spam menggunakan tool dan Spam secara manual dapat dilihat sebagai berikut ini.

Contoh Spam Media Sosial
Contoh Spam Aplikasi




Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us.