Tips Aman Belanja Online, Waspada Penipuan!

Jagad.idTips Aman Belanja Online – Selama musim Liburan, jutaan pembeli memanfaatkan kenyamanan dan potensi penghematan uang dari smartphone dan tablet. Aplikasi toko online, pembaca kode batang (barcode readers), kupon instan, dan penawaran berbasis lokasi telah mengubah perangkat ini menjadi teman belanja yang ideal.

Tetapi peningkatan penggunaan perangkat seluler juga dapat menyebabkan peningkatan risiko. Smartphone dan tablet seringkali kurang terlindungi dibandingkan komputer, dan transaksi over-the-air dapat rentan terhadap peretas dan jaringan yang tidak bersahabat. Namun, ada beberapa langkah sederhana yang dapat kita ambil untuk membuat ekspedisi belanja seluler kita sedikit lebih aman.

Tips Aman Belanja Online

Berikut merupakan tips atau cara untuk aman saat anda melakukan belanja online. Simak di bawah ini:

Waspadai penipuan phishing

Saat Liburan sekolah atau kerja, dan musim belanja besar lainnya adalah waktu utama untuk penipuan phishing email, teks palsu, dan iklan acak yang muncul di semua aplikasi favorit Anda. Abaikan mereka semua! Mengklik tautan yang tidak dikenal dapat mengekspos ponsel Anda ke aplikasi jahat, peretasan email, dan lainnya.

Bahkan tautan yang tampaknya berasal dari teman dan kenalan bisa saja merupakan hasil dari malware. Jika ragu, Anda selalu dapat mengirim SMS ke teman untuk mengetahui apakah komunikasi tersebut asli sebelum Anda mengambil tindakan apa pun.

Waspadai kode QR

Tips aman belanja online selanjutnya adalah tentang Kode QR – gambar kotak seperti kode batang yang dapat dipindai dengan kamera smartphone – menjadi semakin populer, sebuah fakta yang tidak luput dari perhatian para penipu. Laporan terbaru menunjukkan bahwa kode QR palsu digunakan untuk mengunggah malware, yang pada gilirannya dapat secara diam-diam mendaftarkan pengguna untuk layanan pesan teks premium dan banyak lagi. Pastikan Anda hanya memindai kode QR dari perusahaan terkemuka, dan kode QR ditampilkan di sumber tepercaya.

Jangan berbelanja melalui media sosial

Facebook dan situs media sosial lainnya penuh dengan penawaran dan penawaran “spesial” palsu, dan iklan scam tersebut hanya berkembang biak selama musim pembelian puncak. Jika Anda tidak dapat beristirahat dari media sosial, maka disiplinlah untuk tidak mengklik tautan apa pun, meskipun tautan tersebut tampaknya berasal dari teman.

Verifikasi situs e-niaga

Jika Anda tidak yakin tentang pengecer online tertentu, lakukan pencarian cepat dan periksa situs web mereka sebelum berbisnis dengan mereka. Salah satu keuntungan Internet saat ini adalah kemampuan anda untuk mendapatkan umpan balik dari pelanggan lain. Jika ada ulasan negatif atau tidak ada ulasan, maka jangan lewatkan e-retailer tersebut.

Hindari jaringan Wi-Fi terbuka

Jangan gunakan Wi-Fi kedai kopi lokal untuk memulai atau mengonfirmasi transaksi keuangan. Meskipun jaringan seluler Anda aman, sebaiknya tunggu sampai Anda tiba di rumah agar Anda dapat menggunakan jaringan aman Anda sendiri. Dengan begitu, tips aman belanja online ini bisa meminimalisir penggunaan data.

Gunakan kartu kredit

Salah satu hal hebat tentang belanja online adalah Anda masih diberikan perlindungan yang biasa ditawarkan oleh bank dan perusahaan kartu kredit. Namun, Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk menggunakan kartu lain untuk transaksi online Anda, sehingga tidak memengaruhi penggunaan kartu kredit Anda sehari-hari. Jangan pernah mengirim dana atau mengirim uang tunai untuk menyelesaikan transaksi, dan hindari menggunakan kartu debit apa pun yang dananya tersedia dengan segera.

Tinjau pernyataan Anda

Walaupun kedengarannya mengejutkan, banyak konsumen yang baru mengetahui tentang penipuan beberapa hari atau bahkan berminggu-minggu setelah itu terjadi. Periksa laporan bank dan kartu kredit Anda secara teratur untuk memverifikasi bahwa semua tagihan itu asli. Pastikan tidak ada tagihan berulang dan Anda tidak tertipu untuk mendaftar langganan berkelanjutan.

Akhir Kata

Nah, demikian merupakan ulasan tentang tips aman belanja online yang bisa anda ketahui. Semoga dari ulasan diatas dapat membantu anda terhindar dari tindak penipuan belanja online yang saat ini sangat meresahkan. Semoga berhasil yah! Terima kasih!

error: This content is protected by DMCA