Tips Dasar Keamanan Komputer

Jagad.idTips Dasar Keamanan Komputer. Komputer Anda menyimpan banyak data pribadi dan bisnis. Jika informasi ini jatuh ke tangan yang salah, Anda mungkin terbuka terhadap pencurian identitas, penipuan, dan jenis kejahatan dunia maya lainnya. Penting untuk tetap waspada terhadap virus, malware, serangan phishing, trojan horse, dan penipuan online lainnya.

8 Tips Dasar Keamanan Komputer

Berikut ulasan delapan tips keamanan komputer dasar untuk melindungi data, identitas, dan informasi pribadi Anda.

1. Gunakan Perangkat Lunak Antivirus dan Selalu Perbarui

Perangkat lunak antivirus adalah kebutuhan dasar dalam komputasi saat ini dan sangat penting untuk sistem yang aman. Tidak ada alasan untuk tidak menginstal perangkat lunak antivirus di sistem Anda. Selain aplikasi berbayar, sejumlah produk antivirus gratis bekerja dengan baik dan melindungi data penting Anda.

Baca Juga : Tutorial Memakai Editor Video Windows 11

Software antivirus dan pemindai spyware mencari virus, malware, dan konten jahat lainnya, memindai komputer, email, dan file yang diunduh. Sebagian besar perangkat lunak antivirus dapat dikonfigurasikan untuk memindai file secara otomatis dan untuk memeriksa pembaruan definisi baru setiap hari, sehingga tidak perlu menebak-nebak untuk melindungi sistem Anda.

2. Instal Patch Keamanan – Tips Dasar Keamanan Komputer

Kerentanan baru selalu ditemukan dalam aplikasi perangkat lunak dan perangkat keras. Peretas memanfaatkan kerentanan ini untuk mendapatkan akses ke komputer dan data Anda.

Untuk tetap berada di depan orang jahat, selalu perbarui sistem komputer Anda dengan memasang Instal Patch Keamanan apa pun yang tersedia dan selalu perbarui browser. Jika Anda memiliki sistem Windows, Pembaruan Windows akan memeriksa dan menerapkan setiap pembaruan yang tersedia untuk sistem operasi dan file terkait.

3. Gunakan Firewall – Tips Dasar Keamanan Komputer

Firewall adalah lapisan perlindungan antara komputer Anda dan internet. Ini bertindak sebagai penghalang yang memantau data yang masuk dan menggunakan aturan keamanan untuk menentukan apakah data tersebut diterima atau tidak oleh komputer Anda.

Windows memiliki firewall bawaan yang diaktifkan secara default. Ada juga sejumlah program firewall gratis yang dapat memenuhi kebutuhan Anda.

Baca Juga : 5 Fitur Utama Google Search Console

4. Jangan Pernah Memberikan Informasi Pribadi yang Sensitif

Merupakan sikap bijaksana untuk berhati-hati dalam memberikan informasi dagta pribadi Anda. Jangan ungkapkan nama gadis ibu Anda, nomor Jaminan Sosial Anda, atau alamat Anda. Selain itu, hindari menyebutkan hal-hal semacam ini di media sosial. Pencuri identitas dan penjahat lainnya menguasai media sosial untuk mengumpulkan informasi.

Alih-alih memberikan informasi kartu kredit Anda saat berbelanja online, gunakan layanan seperti PayPal. Kartu kredit dan informasi keuangan Anda dijaga di satu situs web, bukan di beberapa situs.

5. Kendalikan Email Anda

Jangan pernah membuka lampiran email yang tidak diharapkan, tidak peduli siapa yang mengirimnya. Penyerang memalsukan nama pengirim untuk membodohi orang agar membuka lampiran yang mengumpulkan informasi pribadi dan meneruskannya ke penyerang.

Konten berbahaya juga bersembunyi di pesan email yang menggunakan HTML atau Rich Text. Baca email Anda dalam teks biasa untuk keamanan tambahan.

Baca Juga : Apa Itu ChatGPT dan Bagaimana Penggunaannya dalam Pendidikan?

6. Waspadai IM (Pesan Instan) yang Mencurigakan

Pesan instan sering menjadi sasaran worm dan Trojan. Penipu terus mencari cara baru untuk mendapatkan informasi pribadi dan mendapatkan akses ke akun pribadi. Perlakukan IM dengan hati-hati seperti saat Anda mengirim email.

7. Gunakan Kata Sandi yang Kuat

Dalam membuat sebuah password atau kata sandi gunakanlah kombinasi berbagai huruf, angka, dan karakter khusus dalam kata sandi Anda, dan semakin panjang dan rumit, semakin baik. Gunakan kata sandi yang berbeda untuk setiap akun. Jika akun mendukungnya, gunakan autentifikasi dua faktor.

Baca Juga : Tutorial Memakai Editor Video Windows 11

Untuk menangani kata sandi Anda, pertimbangkan untuk menggunakan aplikasi pengelola kata sandi. Banyak browser web, seperti Chrome dan Opera, menyimpan kata sandi jika fitur ini diaktifkan. Aplikasi pihak ketiga, seperti LastPass, juga sangat membantu. Ini bertindak sebagai plugin browser yang memantau entri kata sandi dan menyimpan kredensial untuk setiap akun. Yang perlu Anda ingat hanyalah kata sandi tunggal yang Anda buat untuk program manajer.

8. Jangan Selalu  mengikuti arahan diInternet jika belum jelas sumbernya

Jangan membuka atau mengeklik tautan di email yang menceritakan kisah sedih, membuat tawaran pekerjaan yang tidak diminta, atau menjanjikan kemenangan lotre. Juga, berhati-hatilah terhadap email yang menyamar sebagai masalah keamanan dari bank Anda atau situs e-niaga lainnya. Email ini mungkin berisi tautan ke konten berbahaya. Jika Anda tidak yakin apakah email dari bank atau perusahaan kartu kredit Anda sah, hubungi mereka secara langsung.

Nah, demikianlah pembahasan tentang 8 Tips Dasar Keamanan Komputer yang patut anda coba dalam merawat komputer/laptop anda. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan serta pengetahuan kita dalam dunia cyber security. Sekian dan Terima kasih.

error: This content is protected by DMCA