Apa Itu ChatGPT dan Bagaimana Penggunaannya dalam Pendidikan?

Jagad.id – Apa Itu ChatGPT dan Bagaimana Penggunaannya dalam Pendidikan? Selama musim panas yang kacau di tahun 2020, yang dipenuhi dengan kepanikan pandemi dan protes politik. Munculnya alat kecerdasan buatan baru yang canggih yang dapat secara kredibel men-tweet, mengetik, dan membuat kode dengan sendirinya jauh dari harapan pikiran sebagian besar pendidik.

Latar Belakang ChatGPT

Maju cepat dua setengah tahun, dan Apa Itu ChatGPT? Yaitu alat yang tersedia untuk umum yang dibuat berdasarkan kemajuan produk tahun 2020 itu, dengan cepa tmendekati status nama rumah tangga. Aplikasi gratis yang menghasilkan perkiraan teks yang cukup meyakinkan yang ditulis oleh manusia menyusup ke banyak sudut masyarakat. Mulai dari penulisan kontrak hukum dan optimisasi mesin pencari hingga penelitian Alzheimer.

Itu juga menghantam dunia K-12. Sistem sekolah New York City, yang terbesar di AS. Bergerak minggu ini untuk melarang siswa dan guru mengakses situs tersebut di komputer sekolah. Beberapa pendidik mencemaskan tentang efek aplikasi terhadap motivasi siswa mereka untuk belajar. Sementara yang lain sudah memikirkan cara untuk menerapkannya pada pengajaran.

Peran ChatGPT di bidang Pendidikan

Judul utama bulan lalu di Atlantik menyatakan bahwa ChatGPT mewakili “Akhir dari Bahasa Inggris Sekolah Menengah”. Seorang guru, yang menulis untuk Education Week, membantah bahwa ChatGPT dapat menjadi hal yang umum seperti Wikipedia dan kalkulator. Meskipun guru yang menulisnya mengakui bahwa alat tersebut “mengancam akan mengirim rekan kerja saya ke pensiun dini”. Musim panas ini, ketika ChatGPT berada di fase awal. Pekan Pendidikan meminta para guru untuk mempertimbangkan teknologinya—dan meminta AI menulis analisis singkat tentang Romeo dan Juliet. Jika kumpulan surat di ChatGPT masih membuat kepala Anda berputar, inilah cara Anda dapat mempercepat teknologi yang sedang berkembang ini.

Apa kepanjangan dari GPT di ChatGPT?

GPT ialah ringkasan dari “Generative Pretraining Transformer“. Ini merujuk pada bukti jika mode ini dilatih memakai teknik pretraining generatifyang memiliki arti jika mode ini dilatih untuk memprediksi text selanjutnya dalam sebuah kerangka diberikanTransformer merupakan arsitektur yang dipakai dalam mode iniyang memungkinkannya mode untuk tangani permasalahan pemrosesan bahasa alami secara efektif dengan memakai selfattention mechanism.

ChatGPT ialah mode bahasa besar yang dilatih oleh OpenAIIni ialah generatif mode pretraining yang dipakai untuk kerjakan beberapa tugas bahasa alami seperti pembuatan textdiskusipengetahuan kerangkadan lainlainMode ini didasari pada arsitektur transformer dan dilatih memakai jutaan catatan text dari internetSesudah dilatihmode ini bisa dipakai dalam beberapa program seperti pendamping virtualmekanisme komunikasidan lainlain.

Bagaimana cara kerjanya?

Aplikasi obrolan, dirilis secara gratis pada akhir November 2022, didasarkan pada teknologi GPT yang mendasarinya, yang memindai internet secara komprehensif selama musim panas 2020 dan mengembangkan kemampuan untuk menulis apa saja—tweet, puisi, esai, dan bahkan program komputer. —Semua dengan prompt sederhana. Tertarik dengan chatGPT, cobalah kunjungi OpenAI.

Apakah hal ini sempurna?

Hampir tidak. Itu tidak dapat menghasilkan konten berdasarkan hal-hal yang telah terjadi setelah pemindaian internet terbarunya pada tahun 2021, sehingga beberapa referensi yang dihasilkannya sudah usang. Kadang-kadang mendapat masalah matematika atau kata-kata yang salah. Dan pemrogram telah berusaha sekuat tenaga untuk membatasi alat agar tidak menjawab “permintaan yang tidak pantas”.

Siapa di balik teknologi ini?

OpenAI, laboratorium penelitian berbasis di San Francisco yang berisi perusahaan nirlaba dan induk nirlaba. Di antara para pendiri dan donatur terbesarnya adalah tokoh kontroversial seperti CEO Twitter Elon Musk dan megadonor Silicon Valley Peter Thiel, bersama dengan perusahaan teknologi seperti Microsoft. Produk terkenal sebelumnya dari OpenAI termasuk DALL-E, yang membuat gambar dari deskripsi tekstual.

Mengapa pendidik mulai tertarik?

Beberapa pengguna telah menguji kemampuan aplikasi untuk menghasilkan versi jawaban yang meyakinkan untuk pertanyaan esai dan bahkan makalah akademis yang dapat diterbitkan. Yang lain percaya bahwa siswa dapat memperoleh manfaat dari memahami seluk beluk tentang cara kerja teknologi, dan mungkin menggunakannya sebagai alat untuk mengeksplorasi kemungkinan dan batasan sumber informasi online.

Apakah ChatGPT selesai berevolusi?

Tidak terlalu lama. Versi 4 GPT untuk sementara dijadwalkan untuk debut tahun ini, meskipun OpenAI belum mengumumkan tanggal resmi. Beberapa ahli memproyeksikan versi yang lebih berkembang, dengan lebih dari lima kali parameter Versi 3, bisa jauh lebih akurat dan berguna daripada model yang tersedia saat ini.

error: This content is protected by DMCA