Berat Laptop Ideal Yang Wajib Anda Tahu!

Jagad.id – Membeli laptop baru bisa membuat stres; Anda perlu mempertimbangkan untuk apa Anda akan menggunakan perangkat, seberapa kuat kebutuhannya, dan bahkan seberapa portabel yang Anda inginkan. Jika anda menginginkannya, tentu berat laptop ideal harus terpenuhi kan!

Dan sementara kami memiliki panduan tentang laptop dengan anggaran terbaik, laptop pelajar terbaik, dan bahkan laptop terbaik tahun ini, salah satu fitur terbesar yang terkadang diperhatikan adalah seberapa berat laptop yang Anda inginkan.

Teruslah membaca untuk mengetahui seberapa berat laptop Anda, tergantung pada kebutuhan Anda.

Berat Laptop Ideal

Pertama dan terpenting, sangat penting untuk mengetahui apakah Anda akan menggunakan laptop Anda sebagai perangkat portabel yang akan Anda bawa saat bepergian, atau apakah itu akan tinggal di kantor Anda. Jika saat ini Anda bekerja hybrid atau suka membawa laptop saat bepergian, Anda mungkin ingin tetap berada dalam kisaran berat 1kg hingga 1,5kg (2,2lbs hingga 3,3lb).

Meskipun subjektif, Anda mungkin menemukan bahwa laptop dengan berat lebih dari 2kg terlalu berat untuk dibawa-bawa dengan nyaman. Ulasan kami tentang Huawei MateBook 16 – yang memiliki berat 1,9kg – mencatat bahwa laptop dapat digunakan sebagai perangkat portabel, meskipun lebih rumit daripada perangkat seperti Dell XPS 13 OLED (2021), yang beratnya hanya 1,2kg .

Biasanya, laptop dengan layar yang lebih besar akan lebih berbobot, dengan perangkat yang mengemas layar berukuran 15 inci atau lebih besar memiliki bobot yang sangat berat sehingga sulit untuk dibawa-bawa.

HP Envy 16 memiliki layar 16 inci dan berat 2,3kg, dengan ulasan langsung kami yang mencatat bahwa sepertinya terlalu berat untuk dibawa-bawa. Umumnya, kecuali Anda membutuhkan layar besar untuk bekerja atau bermain game, akan lebih mudah untuk tetap menggunakan laptop yang memiliki layar 13 atau 14 inci, karena biasanya lebih portabel.

Meskipun Anda dapat memeriksa laptop gaming terbaik kami untuk mengetahui perangkat gaming yang lebih baik di luar sana, penting untuk dicatat bahwa laptop gaming biasanya jauh lebih berat daripada perangkat produktivitas.

Perangkat game dan pembuatan konten biasanya memiliki GPU diskrit, yang berspesialisasi dalam merender grafik tingkat lanjut dan membuat gambar dan pemandangan berkualitas tinggi. Tetapi GPU semacam itu memerlukan sistem pendingin khusus untuk mencegah panas berlebih dan untuk memaksimalkan kinerja. Sistem pendingin membuat laptop jauh lebih berat, dengan laptop gaming Alienware m14 R4 seberat 2.34kg.

Itu tidak berarti bahwa semua laptop gaming terlalu berat, karena perangkat seperti Razer Blade 14 dan Asus ROG Zephyrus G14 masing-masing memiliki bobot 1,78kg dan 1,6kg. Jadi, jika Anda ingin bermain game atau terlibat dalam pembuatan konten berintensitas tinggi, dan portabilitas penting bagi Anda, ada baiknya memeriksa bobot dan kualitas pembuatan laptop sebelum Anda membelinya.

Apa pilihan laptop portabel yang cocok?

Untungnya, jika Anda mencari laptop yang harus portabel, ada banyak pilihan di luar sana. Jajaran LG Gram dikenal dengan portabilitasnya, karena LG Gram 17 (2021) dan LG Gram 16 (2021) hanya berbobot 1,35kg dan 1,1kg meskipun memiliki layar besar. Perangkat ini juga telah disetujui oleh inisiatif Intel Evo, menjadikannya pilihan yang bagus bagi mereka yang membutuhkan laptop produktivitas.

Kelemahan dari perangkat ultra-portabel biasanya adalah kualitas pembuatannya tidak begitu kokoh, dengan lebih banyak kelenturan pada sasis daripada apa yang akan Anda temukan di laptop produktivitas biasa. Ini karena LG menggunakan magnesium-allow untuk desain daripada aluminium yang lebih konvensional.

Anda juga dapat melihat daftar ultabook terbaik kami jika Anda ingin menemukan lebih banyak laptop berkualitas tinggi yang tidak terlalu berat.

Akhir Kata

Nah, demikian merupakan ulasan tentang berat laptop ideal yang bisa anda ketahui. Dengan laptop yang ringan, tentu anda akan dengan mudah membawanya untuk beraktivitas. Semoga dari ulasan diatas dapat menjadi bahan referensi memilih laptop yang tepat.

error: This content is protected by DMCA