Apa itu SSD? Bagaimana Cara Kerja SSD?

Jagad.id – Apa itu SSD? Jika Anda memilih PC, laptop baru, atau mempertimbangkan apakah akan mendapatkan konsol game PS5 atau Xbox Series X generasi berikutnya, maka Anda mungkin akan menemukan istilah SSD, tetapi apa itu dan mengapa itu penting?

Di sini untuk menjawab pertanyaan kunci ini, kami telah membuat panduan ini yang merinci semua yang perlu Anda ketahui tentang SSD.

Apa Itu SSD?

Jawaban singkatnya adalah bahwa solid-state drive (SSD) adalah versi hard disk drive (HDD) yang lebih baru dan lebih cepat. HDD menyimpan data pada kepala baca/tulis mekanis yang bergerak, sementara SSD menyimpan data pada chip memori solid-state yang tidak bergerak.

Hasilnya: SSD memiliki lebih banyak siklus baca dan tulis, akses lebih cepat ke informasi yang disimpan, dan konsumsi daya yang lebih rendah. SSD adalah pengganti hard drive konvensional yang memiliki waktu respons dan kapasitas penyimpanan yang jauh lebih cepat. Mereka juga disebut Solid State Disk atau disingkat SSD.

Untuk Apa SSD Digunakan?

SSD adalah pilihan yang lebih mahal dibandingkan dengan HDD, namun, seiring waktu, SSD menjadi lebih umum di banyak area komputasi. Bisnis yang bekerja dengan banyak data sekaligus dapat menggunakan SSD karena memiliki kecepatan transfer yang cepat dan dapat mengingat informasi bahkan saat perangkat tempat penyimpanannya dimatikan.

Gamer juga dapat memilih untuk menggunakan SSD daripada hard drive tradisional karena banyak judul triple-A hadir dengan banyak file, berisi karakter, peta, dan level, yang perlu dimuat dengan cepat untuk pengalaman yang lancar. Jadi, anda tidak perlu menayakannya lagi Apa itu SSD kan!hehe.

Mereka juga ideal untuk smartphone karena ukurannya yang lebih kecil dibandingkan dengan HDD. Mereka juga cenderung memiliki kebutuhan daya yang lebih rendah dan tahan goncangan, menjadikannya ideal untuk perangkat portabel.

Cara kerja SSD

SSD tidak memiliki bagian yang bergerak, sehingga lebih andal daripada HDD. Ini tidak memiliki kepala baca atau bagian lain yang dapat pecah selama operasi atau saat dalam perjalanan. Ketiadaan bagian-bagian tersebut membuat SSD kebal terhadap getaran eksternal, dan dapat menahan suhu yang lebih ekstrim.

SSD terdiri dari chip memori flash yang menyimpan data dengan cara yang tidak mudah menguap. Chip diatur dalam formasi grid dan terhubung ke motherboard komputer melalui pengontrol SATA atau langsung ke motherboard melalui slot M.2. Formatnya akan tergantung pada perangkat dan jenis SSD.

Pengontrol mengarahkan operasi input/output (I/O) standar komputer, dengan cepat mengambil data dari grid dan mengirimkannya ke motherboard. Karena tidak ada kepala baca/tulis, data ditulis ke sel kisi.

Kapasitas Penyimpanan SSD

SSD tersedia dalam berbagai kapasitas penyimpanan, mulai dari 32 GB hingga 16 TB. Semakin besar kapasitas penyimpanan SSD, semakin banyak data yang dapat disimpan oleh drive. SSD sama harganya dengan HDD dengan kapasitas yang sama.

Apakah ada berbagai jenis SSD?

Ada beberapa jenis SSD di pasaran, dengan variasi yang paling populer adalah PCle, SATA, NVMe, dan M.2.

SSD PCle biasanya digunakan untuk menghubungkan perangkat keras seperti kartu grafis atau internal berkinerja tinggi lainnya. Koneksi ini memberikan latensi rendah dan bandwidth tinggi, yang ideal bagi siapa saja yang mencari koneksi cepat antara CPU dan SSD. Performa cepat paling terlihat saat Anda melakukan tugas berintensitas tinggi, seperti bermain game atau membuat konten, dan tidak akan terlalu mencolok selama penggunaan normal sehari-hari.

SATA singkatan dari serial advanced technology attachment dan merupakan salah satu solusi yang paling umum digunakan di dunia hard drive. Ini cocok di sebagian besar laptop dan PC dan merupakan pilihan mudah untuk perangkat produktivitas berintensitas rendah karena ini adalah yang paling lambat dari semua SSD, sekitar 600MB/dtk.

NVMe adalah singkatan dari non-volatile memory express dan sekitar lima kali lebih cepat pada transfer data daripada SATA, mencapai hingga 2600MB/s. NVMe biasanya menggunakan komponen PCle untuk memberikan kecepatan yang lebih cepat, meskipun mereka membutuhkan lebih banyak daya, itulah sebabnya mengapa mereka digunakan di perusahaan yang menangani data dalam jumlah besar.

Anda dapat melihat artikel kami tentang konektor SSD M.2 untuk penjelasan yang lebih menyeluruh, tetapi M.2 memastikan bahwa SSD dapat bekerja secepat mungkin, biasanya melebihi 2600MB/s yang dicapai oleh PCle dan NVMe. Namun, untuk menggunakan konektor M.2, motherboard perangkat Anda harus kompatibel, atau harus dihubungkan menggunakan kartu PCle di samping M.2 untuk menyambungkannya kembali ke motherboard.

Akhir Kata

Nah, demikian merupakan ulasan tentang apa itu SSD dan bagaimana cara kerja dari SSD. Semoga dari ulasan kami diatas dapat membantu anda dalam memahami dan dapat menggunakannya dengan benar di PC atau laptop anda yah! Terima kasih!

error: This content is protected by DMCA