Apa itu Wi-Fi 6E? Apakah Lebih Baik Dari Wi-Fi 6?

Jagad.id – Jika Anda telah mengikuti peluncuran ponsel cerdas, laptop, atau perangkat baru lainnya yang terhubung ke internet, Anda mungkin pernah mendengar produsen mengonfirmasi dukungan ‘Wi-Fi 6E’. Tapi apa itu Wi-Fi 6E?, dan manfaat apa yang ditawarkan Wi-Fi 6E dibandingkan Wi-Fi 6 standar?

Kami telah membuat panduan ini untuk menjelaskan semua yang perlu Anda ketahui, sekaligus merinci manfaat yang ditawarkan saat meningkatkan versi.

Dan jika Anda sedang mencari router Wi-Fi 6E baru, pastikan untuk memeriksa kumpulan router terbaik kami.

Apa itu Wi-Fi 6E?

Wi-Fi 6E adalah standar nirkabel baru yang menggantikan Wi-Fi 6 pendahulunya. Ini menawarkan semua manfaat dan fitur yang sama dari Wi-Fi 6, tetapi dengan satu perbedaan utama: dukungan untuk saluran 6GHz.

Meskipun saluran ini memiliki jangkauan kurang dari jaringan 5GHz dan 2,4GHz, saluran ini dibuat untuk kecepatan karena sangat sedikit tumpang tindih dan gangguan. Anggap saluran 6GHz seperti jalur cepat baru di jalan raya, membantu mengurangi kemacetan sekaligus memungkinkan perangkat yang didukung memanfaatkan kecepatan yang lebih cepat.

Dengan saluran 6GHz baru, ada 14 saluran 80MHz baru dan tujuh saluran 160MHz baru yang tidak tumpang tindih; dengan 5GHz, hanya ada dua saluran 160MHz, keduanya tumpang tindih, sehingga rentan terhadap gangguan dari jaringan tetangga. Ini umumnya berarti bahwa kinerja pada jaringan 5GHz dibatasi kembali untuk menghindari bentrokan.

Throttling dan interferensi adalah masalah yang lebih buruk pada pita 2.4GHz, di mana hanya ada tiga saluran 20MHz yang tidak tumpang tindih, dan tidak ada saluran 40MHz yang bebas dari tumpang tindih.

Sebagai perbandingan, perangkat yang terhubung pada pita 6GHz memiliki throughput yang dapat melampaui Gigabit Ethernet; kita berbicara tentang kecepatan kabel tanpa membutuhkan kabel.

Saluran 5GHz dan 2,4GHz Wi-Fi 6E kompatibel dengan perangkat Wi-Fi 6 atau yang lebih lama, tetapi saluran 6GHz memerlukan dukungan khusus. Selain meningkatkan bandwidth, Wi-Fi 6E memerlukan dukungan WPA3 pada saluran 6GHz, yang merupakan bentuk keamanan nirkabel terbaru.

Namun, masalah terbesar dengan Wi-Fi 6 saat ini adalah bahwa router yang kompatibel mahal, sementara daftar perangkat yang didukung relatif kecil. Ada semakin banyak smartphone Android yang menawarkan dukungan, tetapi bahkan Apple iPhone 14 Pro yang baru tidak kompatibel, jadi tidak selalu dijamin saat mengambil handset pada tahun 2022.

Semua konsol game utama, seperti PS5 dan Xbox Series X, juga tidak memiliki dukungan Wi-Fi 6E, yang menunjukkan betapa baru teknologi ini.

Dan bahkan jika Anda memiliki beberapa gadget Wi-Fi 6E, Anda mungkin ingin menunggu hingga router yang kompatibel lebih terjangkau. Netgear Orbi RBKE963 Wi-Fi 6E Mesh System saat ini berada di puncak pengumpulan router terbaik kami berkat kinerjanya yang luar biasa, tetapi saat ini dihargai $1499.99.

Router secara bertahap menjadi lebih terjangkau, dengan Google baru-baru ini mengonfirmasi bahwa Nest Wifi Pro baru mendukung Wi-Fi 6E dan akan tersedia mulai dari $ 199,99 sebagai satu paket ($ 399,99 untuk paket tiga).

Ini masih hari-hari awal untuk Wi-Fi 6E, tetapi peningkatan pada koneksi internet Anda jelas. Yang mengatakan, perlu disebutkan bahwa standar Wi-Fi 7 yang lebih baik ada di cakrawala, disebut-sebut akan diluncurkan paling cepat pada tahun 2024. Jadi, jika Anda terburu-buru membeli router baru, jangan kaget melihat lebih banyak router Wi-Fi 7 mutakhir yang muncul di rak-rak toko dalam beberapa tahun ke depan.

Akhir Kata

Nah, demikian merupakan ulasan tentang apa itu Wi-Fi 6E yang bisa anda ketahui. Semoga dari ulasan diatas dapat mebantu anda mengetahui updatean terbaru versi Wi-Fi yang bisa anda gunakan. Semoga bermanfaat!

error: This content is protected by DMCA