Pengertian MySQL adalah arti definisi Kode Fungsi, Kelebihan dan Kekurangan

Semua website memerlukn database server agar bisa menampung segala bentuk informasi. Semua jenis data yang diperlukan website tersebut diantaranya seperti password, username, URL, font dan lain sebagainya. MySQL menjadi salah satu dari sistem manajemen database yang umum dipakai untuk mengelola data data tersebut.

A. Pengertian MySQL

MySQL merupakan database management system memkai perintah dasar RQL SQL yang lumayan terkenal. DBMS MySQL multi pengguna serta multi alur ini telah digunakan oleh lebih dari 6 juta pengguna yang ada di seluruh dunia.

MySQL merupakan DBMS open source dengan 2 bentuk lisensi yakni Free Software atau perangkat lunak bebas dan juga Shareware atau perangkat lunak yang berpemilik dengan penggunaan terbatas. Untuk itu, MySQL bisa dikatakan sebagai sebuah database server gratis dengan lisensi GNU General Public License [GPL] sehingga bisa digunakan untuk kebutuhan pribadi dan juga komersil tanpa harus membayar lisensi.

SQL adalah sebuah bahasa yang digunakan pada pengambilan data relational database atau database terstruktur. Untuk itu, MySQL merupakan database management system yang memakai bahasa SQL sebagai bahasa penghubung antara perangkat lunak aplikasi dengan database server.

B. Kode Fungsi Pada MySQL

MySQL mempunyai banyak rumus yang dapat dipakai programmer. Untuk yang masih pemula mungkin akan beranggapan jika hal ini terlalu berat dilakukan mesk sebenarnya tidak butuh dihapal semuanya. Setidaknya, para pemula harus mengetahui beberapa fungsi dasarnya saja yang sudah sering dipakai di pemrogramman memakai MySQL. Berikut adalah beberapa fungsi yang paling sering dipakai:

  1. Sum: Untuk menjumlahkan field berisi data angka atau dalam bahasa pemorgraman dinaman dengan integer.
  2. Count: Hampir serupa dengan fungsi Sum namun digunakan untuk menghitung baris atau recorn pada satu atau lebih tabel.
  3. Min: Dipakai programmer untuk seleksi nilai minimal pada field dengan data integer. Apabila diterapkan, maka polanya hampir serupa dengan rumus Sum atau Count.
  4. Max: Dipakai untuk menyeleksi nilai paling tinggi dari field berdata integer.
  5. Now: Untuk mengambil waktu aktual yang berpijak di pengaturan tanggal serta waktu pada komputer server.
  6. Day: Untuk mengambil hari khusus di beberapa field dengan data base atau date time.
  7. Avg: Untuk menghitung nilai rata rata field yang berdata integer.
  8. Curdate: Untuk ambil data tanggal di hari itu.
  9. Year: Untuk menampilkan data tahun di field tipe date atau datetime.

C. Kelebihan dan Kekurangan MySQL

Meski database ini bisa dikatakan cukup populer, akan tetapi MySQL tentu memiliki beberapa kelebihan serta kekurangan jika dibandingkan dengan database server yang lain. Berikut akan kami jelaskan kelebihan dan kekurangan dari MySQL:

1. Kelebihan MySQL

MySQL memiliki beberapa kelebihan yang dapat digunakan ketika ingin mengembangkan sebuah perangkat lunak, seperti:

a). Mendukung Integrasi Memakai Bahasa Pemrograman Lain

Perangkat lunak atau website adakalanya dikembangkan dengan memakai banyak bahasa pemrograman. Namun tidak perlu khawatir ketika memakai MySQL sebab bisa membantu anda untuk mengembangkan perangkat lunak secara efektif dan lebih mudah dengan integrasi antara bahasa pemorgraman.

b). Tidak Butuh RAM Besar

MySQL juga bisa dipasang di server dengnan spesifikasi yang kecil. Untuk pengguna yang hanya memiliki server dengan kapasitas sebesar 1 GB, maka tetap masih bisa memakai MySQL sebagai databasenya.

c). Mendukung Multi User

MySQL bisa digunakan beberapa user pada waktu yang bersamaan tanpa harus menyebabkan crash. Ini bisa digunakan saat mengerjakan sebuah proyek yang bersifat tim sehingga semua tim nantinya bisa bekerja di waktu yang bersamaan tanpa menunggu user lain.

d). Memiliki Sifat Open Source

MySQL merupakan sistem manajemen database gratis namun tidak berarti kinerjanya juga buruk. Lisensi gratis ini yang dipakai GPL di bawah pengelolaan Oracle sehingga kualitasnya bisa dikatakan baik.

Pengguna juga tidak perlu ragu pada saat terjadi masalah karena sudah ada cukup banyak komunitas serta dokumentasi yang mengulas tentang MySQL.

e). Struktur Tabel Fleksibel

MySQL memiliki struktur tabel yang mudah untuk digunakan. Sebagai contoh, ketika MySQL sedang memproses ALTER TABLE dan lainnya. Apabila dibandingkan dengan database lain seperti PostgresSQL, Oracle dan sebagainya, maka MySQL bisa dikatakan lebih mudah dibandingkan yang lain.

2. Kekurangan MySQL

Meski memiliki banyak lebihan, namun ternyata ada juga beberapa kekurangan dari MySQL yang harus dijadikan bahan pertimbangan, seperti:

a). Tidak Cocok Untuk Aplikasi Mobile dan Game

Jika ingin mengembangkan aplikasi game atau perangkat mobile, maka sebaiknya pertimbangkan kembali untuk memakai MySQL sebab database manajemen sistem ini terbilang kurang baik untuk sistem aplikasi tersebut.

b). Susah Mengelola Database Besar

Apabila ingin mengembangkan aplikasi atau sistem pada perusahaan dengan database besar, maka gunakan database manajemen yang lain selain MySQL. MySQL dikembangkan agar lebih ramah terhadap perangkat yang memiliki spesifikasi rendah dan inilah yang membuat MySQL tidak dilengkapi dengan ditur lengkap seperti yang ada di aplikasi lainnya.

c). Technical Support Kurang Baik

Karena sifatnya yang open source, maka terkadang membuat aplikasi tidak menyiapkan technical support memadai. Technical support dari MySQL diklaim tidak terlalu bagus yang membuat pengguna sering kesulitan khususnya jika bermasalah dengan pengoperasian perangkat lunak serta butuh bantuan technical support.




Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us atau kirim melalui form dibawah ini.