Home Kesehatan Fisik Pengertian Pandemi : Pola Penyakit dan Sejarah Pandemi Dunia

Pengertian Pandemi : Pola Penyakit dan Sejarah Pandemi Dunia

Pengertian Pandemi Adalah Arti Definisi Pola Penyakit dan Sejarah Pandemi Dunia

Sejak beberapa bulan belakangan ini, dunia telah dihadapkan dengan pandemi virus corona covid-19. Bahkan kata “pandemi” memang menjadi sangat akrab di telinga kita ya. Tapi apa sih sebenarnya yang dimaksud dengan pandemi? Apakah pandemi sama saja dengan penyakit? Untuk lebih jelasnya mari kita simak pembahasan yang berikut ini ya.

A. Pengertian Pandemi

Kata pandemi sendiri sebenarnya berasal dari bahasa Yunani yaitu pan yang memiliki arti semua dan juga demos yang berarti orang. Sehingga pandemi bisa diartikan sebagai epidemi penyakit yang menyebar ke wilayah dan bahkan negara lainnya. Meskipun epidemi penyakit dikatakan luas tetapi jumlah orang yang terinfeksi masih stabil, bukanlah termasuk pandemi. Pada umumnya kasus flu musiman memang dikecualikan sebagai pandemi flu.

Sepanjang sejarah yang ada berbagai pandemi penyakit telah terjadi seperti tuberkulosis dan cacar atau bisa juga disebut dengan variola. Sedangkan salah satu pandemi yang paling mematikan karena menelan korban jiwa yang sangat banyak adalah black death atau maut hitam. Tidak tanggung-tanggung, jumlah korban jiwa mencapai angka 200 juta orang yang terjadi di abad ke-14.

Pandemi memang penyebaran penyakitnya begitu cepat di suatu wilayah atau negara tertentu. Hal tersebut dapat kita lihat pada beberapa pandemi yang melanda dunia belakangan ini dengan penyebaran yang sangat cepat seperti virus Zika yang ada di negara Brazil pada tahu 2014 sehingga dengan sangat cepat menyebar ke Amerika Latin dan Karibia. Juga ada wabah Ebola yang terdapat di Afrika Barat pada tahun 2014 hingga 2016.

B. Pola Penyakit

Berdasarkan pada epidemiologi, terdapat beberapa tingkatan pola penyakit yaitu sebagai berikut:

1. Endemi

Endemi merupakan berlangsungnya suatu penyakit di suatu tingkatan yang sama. Jumlah orang yang sakit atau prevalensinya pun bisa berlangsung di satu wilayah.

2. Hiperendemi

Dapat menunjukkan adanya suatu penyakit yang menular dengan insiden yang tinggi dan bahkan sangat tinggi sehingga angkanya melebihi prevalensi normal dalam satu kelompok.

3. Holoendemi

Holoendemi menggambarkan adanya suatu penyakit dengan kejadian populasi yang banyak dan juga menyasar pada anak-anak.

4. Pandemi

Suatu epidemi yang meluas hingga ke beberapa wilayah, negara, benua dan bahkan ke seluruh dunia.

C. Sejarah Pandemi Dunia

Virus influenza atau flu merupakan salah satu penyebab tertinggi pandemi virus. Dari musim ke musim, virus flu dapat berubah. Terkadang juga muncul beberapa virus baru yang perilakunya tidak sama dengan virus sebelumnya yang telah ditemukan oleh para peneliti. Terjadinya pandemi juga disebabkan karena orang-orang memiliki sistem kekebalan tubuh yang kurang baik sehingga mudah terserang berbagai penyakit ataupun virus baru. Berikut ini adalah sejarah pandemi dunia yang perlu diketahui:

1. Black Death

Black death merupakan pandemi yang paling terkenal selama sejarah manusia. Wabah ini berlangsung secara global sekitar tahun 1346 dan 1353. Penyakit yang disebabkan oleh bakteri yang mematikan yaitu Yersinia Pestis sehingga dapat menyebabkan kematian. Bahkan pada pertengahan abad ke-14 sekitar 30 persen dan 60 persen populasi di wilayah eropa meninggal akibat black death.

2. Pandemi Kolera

Pandemi kolera terjadi pertama kali pada tahun 1817. Bakteri yang berasal dari negara Rusia ini telah menelan korban jiwa hingga 1 juta jiwa. Pandemi kolera menyebar ke seluruh dunia karena ditransmisikan ke tentara inggris sehingga membawanya ke India dan juga seluruh dunia.

3. Flu Rusia

Flu besar pertama di dunia terjadi pada tahun 1889 yaitu flu Rusia. Flu ini kemungkinan besar dimulai di Siberia dan juga Kazakhstan setelah itu menuju ke wilayah Eropa, Samudera Atlantik, Amerika Utara dan akhirnya ke Afrika. Akibat flu Rusia setidaknya ada sekitar 360 ribu orang yang meninggal.

4. HIV

Virus yang menyebabkan AIDS ini kemungkinan besar pindah ke tubuh manusia karena perkembangan virus sipanse yang terjadi di wilayah Afrika Barat pada tahun 1920-an. Akhirnya virus ini pun menjadi pandemi di seluruh dunia dan berakhir di abad ke-20. Semakin berkembangnya zaman dan teknologi, pengobatan untuk HIV juga semakin berkembang sehingga seseorang yang menderita HIV dapat hidup lebih panjang.

5. Flu Spanyol

Dalam sejarah ada pandemi flu modern yang paling mematikan yaitu flu Spanyol pada tahun 1819 yang menyebabkan kematian hingga 50 juta jiwa. Meskipun namanya flu Spanyol, tapi flu ini bukan berasal dari Spanyol hanya saja negara tersebut yang pertama kali melaporkan wabah tersebut.

6. Flu Asia

Pada tahun 1957 hingga 1958 terjadi flu Asia yang disebabkan oleh virus influenza A (H2N2). Kehadiran flu ini setidaknya menyebabkan kematian sebanyak 1 juta jiwa.

7. Flu Hong Kong

Pandemi yang terjadi di tahun 1968 adalah flu Hong Kong. Flu mematikan ini menewaskan hingga 1 juta jiwa.

8. Flu Babi

Flu babi H1N1 terjadi pada tahun 2009 hingga 2010. Setidaknya ada sekitar 1,4 miliar orang yang terlah terinfeksi flu babi ini.

9. Flu Musiman

Sepanjang tahun, flu musiman merupakan beban penyakit sehingga angka kematian karena flu masih saja terjadi. Flu musiman setidaknya menyebabkan 290 ribu hingga 650 ribu kematian per tahunnya.

Diatas merupakan informasi mengenai pengertian pandemi, pola penyakit dan juga sejarah pandemi dunia. Semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk Anda.




Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us.