Cara Membuat Blog di WordPress Gratis Terbaru
5/5 (1)

Cara Membuat Blog di WordPress – Blog pada saat ini menjadi sara penting sebagai media komunikasi di dunia online. Komunikasi yang disampaikan berupa data-data informasi yang dapat diakses secara online menggunakan media Internet. Fungsi Internet pada saat ini yang sangat penting sehingga hampir mejadi kebutuhan pokok manusia dalam berkomunikasi serta mendapatkan informasi dengan mudah, praktis dan efektif membuat dunia Online berkembang pesat seiring perkembangan waktu dan zaman.

Banyak yang bisa didapat dari internet mulai dari bertukar Informasi, membahas pendidikan, perkembangan teknologi serta sarana hiburan yang menjadi daya tarik hampir seluruh orang dari berbagai penjuru dunia. Dengan Internet mereka bisa saling berkenalan, berkomunikasi dengan mudah, membagikan ide-ide yang ingin diungkapkan dan juga sebagai lahan Bisnis Online yang sangat menjanjikan.

Baca Juga : 
Tips Yang Harus DiPersiapkan Sebelum Membuat Blog

Bagaimana internet dapat diminati oleh banyak orang? dan mereka cenderung meninggalkan cara lama dan beralih menggunakan internet. Tidak bisa dipungkiri, semua itu dikarenakan Internet sangat Efektif untuk membantu berbagai macam aktifitas dan kegiatan yang dapat digantikan dengan internet contohnya :

  • Berkomunikasi dan Interaksi Sosial
  • Mendapatkan berita gratis terbaru yang saat ini mengantikan koran
  • Berbagai pengetahuan yang mampu mengantikan buku
  • Update pengetahuan fashion gaya hidup terbaru tanpa beli majalah
  • Membagikan Ide dan Gagas yang dapat dibaca oleh banyak orang dari manapun dan kapanpun
  • Sarana mencari hiburan berupa Tontonan Gambar, Video dan Musik apapun dengan mudah
  • Transaksi Produk dan Bisnis yang Mudah dan Efisien
  • Mendapatkan Penghasilan dari Internet dengan beragai macam jenis bisnis online yang bisa dilakukan bahkan hanya dengan 0 Modal (Tanpa Modal).

Mengingat banyak Manfaat Internet yang sangat berarti dalam membantu aktifitas di kehidupan manusia. Hal ini terjadi karena didorong oleh kreatifitas Conten Creator (Pembuat Konten) dan Publisher yang mengisi berbagai data yang saat ini bisa dinikmati oleh pengguna internet dan anda temukan seperti halnya tulisan yang saat ini anda baca. Sangat menarik bukan ? dengan keikut sertaan anda dalam mengisi ruang di internet maka mampu bermanfaat untuk kebutuhan dan kepentingan publik. Sehingga sangat disarankan bagi anda tidak hanya menjadi pengguna konten di Internet tetapi juga ikut berkontribusi didalamnya dengan megisi karya dan ide-ide yang berguna untuk banyak orang.

Apakah Membuat Blog Itu GRATIS?

Ya, membuat blog pada dasarnya gratis, karena banyak penyedia layanan pembuatan blog seperti Blogger, WordPress, Webbly dan lainnya yang bisa anda gunakan. Cara pembuatan blog sangatlah mudah, bagi anda yang ingin belajar membuat blog langsung praktik dengan mengikuti tutorial di bawah ini :

Pada artikel ini saya akan membahas pembuatan blog menggunakan WordPress, mengapa menggunakan WordPress ? Bagi saya sendiri yang sudah berpengalaman di dunia blogging menurut pendapat saya WordPress sangat cocok digunakan untuk kegiatan Blogging karena penggunaannya lebih Mudah digunakan, Simple dan juga mudah terindex oleh Serach Engine (Muncul di halaman mesin Pencarian seperti Google, Bing, Yahoo dan Yandex) dalam arti WordPress bagi saya lebih bagus nilai SEO. Langsung saja, cara membuat blog di WordPress dengan gratis, ikuti tutorial di bawah ini.

Baca Juga : Cara Membuat Blog Gratis dan Menghasilkan Uang

Cara Membuat Blog Gratis di WordPress :

1. “Buka” dan Daftar di WordPress.com, pilih “Get Started

2. “Isi Kolom” sesuai sesuai keinginan anda, kemudian jika sudah pilih menu “Continue

3. “Tulis url” yang ingin anda gunakan, contoh “sekutukeadilan.wordpress.com” kemuadian pada bagian Free Plan pilih “Select

4. Pilih “Start With Free” yang berarti memilih membuat blog Gratis

5. “Isi email” yang ingin anda gunakan untuk mendaftar di WordPress, serta “Username” yang ingin di gunakan, dan jangan lupa untuk “membuat password” (Ingat baik-baik password anda). Kemudian klik “Continue“. dengan ini akun WordPress berhasil di buat, tetapi tidak sampai di situ anda harus melakukan Verifikasi Email terlebih dulu.

6. Setelah selesai Daftar, sebelum memulai kegiatan blogging pastikan untuk melakukan “Verifikasi Email” yang tadi anda gunakan untuk mendaftar agar bisa mempublikasikan tulisan anda nantinya. Jika anda mendaftar mengunakan Gmail, buka Gmail.com dan Verifikasi Email yang terlah di kirim oleh pihak WordPress.com.

7. Setelah melakukan Verifikasi Email, buka kembali WordPress.com dan mulai aktifitas Blogging.

Berikut ini penjelasan singkat fungsi menu menu di Dashboard WordPress :

  • View Site > Melihat tampilan Blog anda saat ini.
  • View Stats > Melihat statistik pengunjung Blog anda.
  • Site Page > Membuat halaman blog, biasanya seperti “Tentang Situs, Halaman Kontak, Kerjasama dan sebagainnya”.
  • Blog Post > Membuat Artikel Posting yang akan dipublikasikan di Internet.
  • Media > Menambahkan Media seperti Gambar dan Video.
  • Comments > Pengaturan Komentar, MengEdit, Hapus, Balas dan menandai spam komentar di situs blog anda.
  • Themes > Melakukan modifikasi Tampilan atau Template blog, seperti menganti warna, bentuk dan lain lain.
  • Sharing > Membagikan Blog atau Posting di Media sosial, sehingga pengguna media sosial juga bisa mengunjungi blog anda.
  • People > Pengaturan User di Blog
  • Plugins > Manajemen Plugin di blog wordpress

8. sekarang saatnya untuk membuat Artikel Posting dan Mempublikasikan di Internet, yaitu dengan menggunakan menu “Blog Post” kemudian buatlah artikel sesuai yang anda inginkan kemudian “Publish” jika sudah selesai.

9. Coba cek artikel yang anda buat tadi. Sekarang anda sudah bisa mempublikasikan karya anda di Internet.

Itulah cara membuat blog gratis di WordPress, tentunya sangat mudah sekali untuk membuat blog di WordPress dengan gratis. Tetapi tentunya blog WordPress gratis tidak akan selengkap WordPress Self Hosted (Berbayar). Perbedaanya sangat banyak sekali, dan sangat direkomendasikan bagi anda yang benar-benar ingin terjun di dunia online untuk memiliki WordPress Self Hosted, karena banyak keunggulan yang didapat dari WordPress berbayar.

Baca Juga : 
Cara Memulai Bisnis Online dari Nol Tanpa Modal Terbaru

WordPress Gratis VS WordPress Self-Hosted

Mengapa membuat blog bisa berbayar dan membutuhkan uang untuk membangunnya ?
Alasannya sangat sederhana yaitu karena harus “Menyewa Server” untuk blog anda. Serta dengan menggunakan blog sendiri anda akan bebas melakukan modifikasi apapun di blog tersebut tanpa aturan ketat yang lebih banyak merugikan anda.

Kan sama saja blog WordPress gratis dan berbayar ?
Tidak, blog gratis memiliki banyak resiko sama halnya jika anda bertamu bisa saja suatu saat penyedia tersebut tutup, lalu bagaimana dengan konten anda jika sudah ramai? maka hal tersebut akan menjadi masalah besar jika anda sudah meluangkan banyak waktu dan blog anda akan di tutup juga. Serta blog gratis di wordpress harus mematuhi peraturan yang telah di buat oleh penyedia tersebut sehingga jika anda tidak sengaja melakukan kesalahan maka blog tersebut bisa langsung di hapus tapa sepengetahuan anda.

Manfaat Memiliki Blog Sendiri (Self Hosted WordPress)

Berikut ini beberapa keunggulan dan alasan mengapa anda harus menggunakan blog sendiri (WordPress Self Hosted/Berbayar) daripada menggunakan yang gratis :

  • Tidak ada iklan pihak lain di situs anda, beda dari WordPress gratis yang akan menampilkan iklan di situs anda karena anda numpang di Servernya, sehingga keuntungan finansial bukan buat anda.
  • Bebas melakukan Modifikasi pada situs, mengedit Tampilan sepenuhnya tanpa ada aturan yang berlaku.
  • Bisa memasang iklan PPC yang dapat menjadi sumber penghasilan anda. Jika pengunjung blog anda banyak penghasilannya bisa jadi lebih besar dari gaji di tempat kerja yang anda dapatkan saat ini.
  • Webiste anda lebih terpercaya oleh publik karena membangun dengan modal dan memiliki nama sendiri, misal webiste saya “sekutukeadilan.com” dengan begitu orang tidak akan mengenal WordPress tetapi lebih mengenal nama Webiste saya Sekutu Keadilan
  • Bisa membuat Online Shop dan berbagai Bisnis Online lainnya yang bebas menggunakan Plugin dan Script apapun
  • Bisa membuat Forum bagaikan Media Sosial sebagai sarana komunikasi oleh publik
  • Bisa membuat layanan blog sendiri seperti menyediakan tempat mempublikasi tulisan oleh orang lain seperti situs saya ini, anda bisa menulis dan mempublikasikan artikel gratis di : Tulis Artikel Gratis
  • Nama anda akan lebih mudah dikenal oleh orang sesuai dengan isi blog yang anda buat

Cara membuat blog di WordPress Self Hosted juga mudah, penggunaan menunya juga sama dengan WordPress Gratis bedanya anda melakukan pengeditan dari Wp-Admin karena bagi saya pribadi penggunaannya lebih mudah dan praktis. Banyak penyedia Hosting yang bisa anda gunakan untuk mulai membangun blog anda sendiri, dari penyedia hosting Luar Negeri ataupun Lokal Dalam Negeri (Indonesia).

Baca Juga : Membuat Website Gratis di HP Android Terbaru

Buat Website dengan Hostinger.co.id

Tempat hosting yang saya rekomendasikan untuk anda yaitu di hostinger.co.id, mengapa demikian ?

  • Murah dan Hemat
  • Kualitas Server yang bagus
  • Pelayanan Support yang Baik
  • Banyak Penawaran Promosi yang Menguntungkan

Hostinger juga menyediakan Trial (Uji Coba) Hosting selama 30 hari sebelum anda menyewanya lebih lanjut, jadi dengan ini anda akan bisa merasakan kualitasnya terlebih dulu. Membuat blog WordPress Self Hosted juga sangat mudah hanya dengan 1x klik dan Webiste anda sendiri telah jadi, tinggal di isi konten dan bisa menjadi Blog Profesional.

Tutorial Lengkap : Cara Membuat Blog di WordPress

Banyak sekali yang dapat kita bagikan di Internet dengan media Blog sehingga mampu mengedukasi serta memberikan banyak Informasi penting bagi publik. Selain infromasi yang mendidik kita juga bisa membagikan hiburan di dalam blog, ataupun sebagai catatan diary sehari-hari hingga bisnis online yang sangat menguntungkan. Mengingat banyak sekali manfaat yang bisa di dapat dari blog maka sangat disarankan anda berkontribusi konten bermanfaat di internet dengan menggunakan sarana blog.

Please rate this



Contact Us!

Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Apakah artikel ini perlu tambahan penjelasan? Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form dibawah ini.