Home Pengetahuan Bisnis Contoh Perusahaan Firma di Indonesia

Contoh Perusahaan Firma di Indonesia

contoh perusahaan firma

Perusahaan firma merupakan salah satu badan usaha yang terdiri dari anggota dan pendiri yang keduanya memiliki tanggung jawab penuh terhadap perusahaan. Perusahaan firma ini dapat dibentuk oleh kelompok ataupun beberapa anggota kelompok yang memiliki visi dan misi yang sama dengan perusahaan induknya. Contoh perusahaan firma beragam di Indonesia.

Pada dasarnya, contoh perusahaan firma tidak terlepas dari jenis perusahaan firma itu sendiri. Oleh karenanya, beberapa contohnya juga akan dijelaskan berdasarkan jenis yang tentunya dapat memberikan ciri-ciri yang tepat sehingga mudah diidentifikasi. Adapun penjelasan tentang contoh akan lebih dijabarkan di bawah ini.

Contoh Perusahaan Firma

Perusahaan firma mulai bermunculan di Indonesia dan memberikan kontribusi baik terhadap perekonomian negara. Firma dapat terdiri dari beberapa anggota yang tergabung dalam suatu kelompok dan menjalankan kerjasama untuk mensukseskan aktivitas perusahaan. Adapun contoh perusahaan firma di Indonesia akan dijelaskan di bawah ini.

1. Perusahaan Nike

Nike merupakan salah satu perusahaan firma asal Amerika Serikat dan sudah terkenal namanya di Indonesia. perusahaan ini menyediakan sepatu, pakaian, dan alat olahraga yang telah memiliki brand besar dan terkenal di dunia. Perusahaan ini juga sering  menjadi sponsor olahragawan terkenal yang tentunya menjadi salah satu keunggulan tersendiri.

Perusahaan Nike ini juga menjadi salah satu perusahaan firma yang ada di Indonesia. Saat ini, banyak sekali cabang dari perusahaan Nike yang dikelola dan diproduksi di Indonesia. Pada dasarnya perusahaan ini terpusat di Amerika Serikat, namun pada pelaksanaannya juga harus disesuaikan dengan prosedur yang berlaku.

2. Firma hukum

Firma hukum merupakan salah satu lembaga yang memberikan layanan berupa konsultasi, penyedia jasa penegakan hukum, dan lain sebagainya. kegiatan yang dilakukan disini merupakan salah satu kegiatan non dagang yang memberikan bermacam-macam layanan melalui firma ini.

Banyak sekali firma hukum yang tersebar di Indonesia. diantaranya yaitu pengacara, konsultan hukum, dan lain sebagainya. Adapun firma hukum ini dapat menjadi salah satu pilihan bagi Anda yang memiliki permasalahan baik berhubungan dengan lembaga yang berwajib dapat menggunakan firma hukum ini.

3. Firma akuntansi

Firma akuntansi biasanya digunakan oleh individu, badan hukum, maupun perusahaan yang membutuhkan penyedia jasa akuntansi. Firma akuntansi ini biasanya digunakan untuk pihak-pihak yang disebutkan di atas untuk memperoleh layanan akuntansi dari firma akuntansi yang telah tersedia.

Firma akuntansi ini merupakan salah satu jenis perusahaan firma non dagang. Dalam hal ini, dibentuknya firma digunakan untuk memperoleh jasa akuntansi di luar lembaga akuntansi yang dimiliki oleh perusahaan itu sendiri.

4. Perusahaan Puma

Bagi Anda yang belum tahu, puma adalah perusahaan internasional yang telah terkenal memiliki kualitas dan pelayanan yang bagus. perusahaan ini memproduksi sepatu beserta berbagai perlengkapan olahraga lainnya. Perusahaan ini didirikan oleh Rudolf Dassler yang merupakan kakak dari pendiri Adidas.

Perusahaan yang berdiri di Jerman ini juga telah menjadi perusahaan firma yang kini ada di Indonesia sebagai salah satu tempat produksi berbagai perlengkapan olahraga. Dengan sistem dan cara kerja yang sama, perusahaan Puma di Indonesia ini juga mencontoh sistem yang ada di perusahaan asli dari Puma tersebut.

Sehingga peran dari perusahaan yang ada di Indonesia ini merupakan perusahaan yang mengikuti sistem yang telah berlaku di Jerman. Pengaplikasian kinerja di Indonesia ini akan menghasilkan perlengkapan olahraga yang sama namun memiliki tempat produksi yang berbeda.

5. Perusahaan Diadora

Contoh perusahaan firma bernama Diadora ini merupakan salah satu perusahaan yang memproduksi alat olahraga. Bedanya, perusahaan ini berasal dari Italia yang telah memiliki 2 cabang yaitu di Amerika Serikat dan di Hong Kong.

Diadora ini merupakan jenis perusahaan firma yang memiliki berbagai jenis perlengkapan olahraga, seperti rugby, sepatu atletis, sepak bola, tenis, bersepeda, dan lain sebagainya. perusahaan ini didirikan oleh Marcello Danieli.

6. Perusahaan Crocs

Perusahaan Crocs merupakan salah satu contoh perusahaan firma yang bergerak di bidang fashion yaitu sandal dan sepatu. Perusahaan Crocs ini memproduksi sepatu yang tentunya diproduksi dengan model yang unik dan nyaman. Sehingga menarik bagi masyarakat yang cocok dengan model yang simple namun tetap unik dengan warna warni.

Perusahaan ini termasuk jenis firma dagang yang memperjual belikan sandal atau sepatu yang berasal dari karet. Nama Crocs ini telah terkenal di kalangan masyarakat sebagai salah satu alas kaki yang nyaman dan aman digunakan untuk sehari-hari.

7. Perusahaan Converse

Contoh perusahaan firma ini merupakan salah satu jenis penyedia fashion yang paling lengkap. Tidak hanya baju, celana, tas, dan berbagai jenis fashion lainnya juga dijual disini. Perusahaan firma dagang ini memperjual belikan berbagai jenis atribut fashion dengan kualitas yang sudah pasti bagus.

Perusahaan ini juga tersebar di Indonesia sebagai tempat memproduksi barang-barang yang paling banyak dibutuhkan. Dalam hal ini, prosedur yang digunakan juga sama dengan pabrik asalnya. Pabrik di Indonesia ini merupakan salah satu perusahaan firma yang tentunya dibutuhkan dalam proses produksi.

8. Terra Firma

Terra firma juga merupakan salah satu perusahaan firma di bidang hukum yang menyediakan berbagai jenis pelayanan bagi masyarakat. Bagi Anda yang membutuhkan jasa Terra Firma dapat segera menghubungi nomor yang tertera atau bahkan mengunjungi alamat yang sudah disediakan.

9. Perusahaan Vans

Bagi Anda yang belum mengetahui, contoh perusahaan firma yang selanjutnya adalah Vans. Vans merupakan salah satu perusahaan di bidang sepatu yang berkembang pesat dari tahun 1966 hingga saat ini. Meskipun baru dibuka pada tanggal 1 Maret 1966, namun penjualannya sangat laris dan habis dijual pada penjualan pertama ketika diluncurkan.

Perusahaan ini pada awalnya dibentuk di California dan memiliki produk yang memiliki kualitas yang bagus. Pada awalnya, Vans sudah memiliki 70 toko yang ada di California. Seiring berjalannya waktu, Vans mulai mengalami jatuh bangun dan kini sudah menjadi salah satu perusahaan yang mendongkrak fashion dunia dengan karyanya.

Contoh perusahaan firma ini merupakan salah satu perusahaan dagang yang memberikan penawaran pada sepatu jenis skate. Sepatu ini memiliki karakter dimana penggunanya memiliki rasa nyaman.

10. Perusahaan Polo Sport

Contoh perusahaan firma selanjutnya adalah Polo Sport. Perusahaan ini menyediakan baju olahraga yang dibuat menggunakan kualitas terbaik dan tentunya mengalami proses yang panjang. Perusahaan yang berasal dari Amerika Serikat dan dibuat oleh Ralph Lauren ini mendapat antusias yang bagus dari masyarakat.

Kini Polo Sport juga tersebar di berbagai daerah dan mengalami proses produksi. Dalam hal ini, setiap perusahaan Polo Sport dimanapun berada akan selalu memegang dan menjalankan prosedur yang sama dalam menjalankan proses produksi.

Penjelasan tentang contoh perusahaan firma di atas dapat menjadi salah satu informasi bagi Anda. Bahwa perusahaan besar tidak harus memproduksi barang maupun menyediakan layanan jasanya di tempat perusahaan tersebut lahir.

Sumber : https://www.akuntansilengkap.com/




Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us.