Alasan Penyebab Karyawan Resign - Mengundurkan Diri

Faktor Mengapa Karyawan Mengundurkan Diri – Perusahaan yang baik bisa terlihat dari jumlah pekerja yang mengundurkan diri tiap tahunnya. Semakin kecil tingkat resign bisa dikatakan perusahaan tersebut mempu membuat pekerja betah untuk menjalin kerjasama dengan karyawan selama bertahun-tahun lamannya. Tetapi tidak sedikit perusahaan yang memiliki tingkat pekerja baru dan yang resign sangat tinggi hal tersebut tentunya dapat dijadikan indikator bagi masyarakat luar melalui pengalaman dan cerita dari yang pernah bekerja di perusahaan tersebut.

Apa Saja Faktor Alasan Karyawan Resign :

1. Gaji / Uang Kerja

Tanda gaji terlalu kecilMungkin anda akan berpikir bahwa pasti alasan seorang karyawan resign karena gaji terlalu sedikit, sebagian memang iya tetapi sebagian yang lain mungkin bukan karena masalah minimnya gaji.

  • Gaji Terlalu Kecil
    Jika gaji yang dihasilkan tidak mampu untuk mengimbangi pengeluaran yang anda, itu bisa menjadi penyebab resignya seorang karyawan. Mungkin memang gaji minim karena sesuai dengan beban pekerjaan dan Tanggungjawab pekerjaan yang tidak terlalu berat. Itu sebabnya seorang pekerja mencari tempat yang lain sekalipun resign bukan karena masalah perusahaan tetapi memang hasil kerja tidak mampu mengimbangi kebutuhan. Tetapi tidak sedikit juga terdapat perusahaan yang kurang baik dengan menekan pengeluaran gaji karyawan seminim mungkin guna mendapatkan keuntungan pribadi yang maksimal.
  • Tidak Ada Bonus
    Banyak dari perusahaan mengatakan akan memberikan bonus dengan syarat tertentu. Tetapi terkadang syarat tersebut tidak diucapkan sehingga bagi seorang karyawan yang sudah lama mengharap bonus yang besar tetapi tidak mendapatkannya, itu akan membuat sebuah kekecewaan. Dan tidak ada salahnya jika sebuah perusahaan meberikan bonus bukan karena hasil dari kerja yang lebih, perusahaan juga bisa memberikan bonus ketika seorang karyawan memiliki sifat dan tanggunjawab serta kedisiplinan yang baik.

2. Kondisi Tempat Kerja

Pengen resign tapi bingung dan takutSituasi dan suasana kerja juga menjadi faktor yang tidak kalah penting bagi seorang karyawan. Kondisi sendiri menjadi faktor kenyamanan bagi karyawan untuk memilih mempertahankan diri untuk terus bekerjasama dengan perusahaan. Tidak sedikit perusahaan yang mengabaikan hal yang satu ini, sekalipun terlihat sepele tetapi hal ini sangat berpengaruh dengan kenyamanan bagi karyawan.

  • Lokasi Yang Tidak Strategis
    Lokasi sangat mempengaruhi minat dari seorang karwayan untuk memilih mempertahankan diri diperusaan tersebut. Selain faktor dari biaya transportasi dan waktu yang dibutuhkan dalam perjalanan berangkat pulang kerja wilayah yang baik juga diperlukan untuk membuat karyawan betah bekerja di suatu perusahaan semisal lokasi dimana bebas dari kemacetan, polusi udara, banjir dan sebagainnya.
  • Rekan Dan Atasan Yang Tidak Mendukung
    Rekan atau teman kerja tentunya akan selalu saling berkomunikasi satu sama lain selama bekerja dalam suatu perusahaan. Tidak sedikit perusahaan yang memiliki karyawan tidak baik perilakunnya terhadap karwayan lainnya. Hal ini menjadikan seorang merasa tertekan setiap kali harus bertemu dan bekerja sama dengan rekan kerjanya. Tidak jarang juga terjadi Politik Dunia Kerja yang mana seorang karyawan memiliki pangkat lebih tinggi enggan untuk berlaku baik dengan rekan kerja yang bukan merupakan klompoknya (diluar urusan pekerjaan) sehingga membuat suatu karyawan merasa dikucilkan dalam perusahaan tersebut.
  • Suasana Tempat Kerja
    Disini mungkin lebih mengarah bukan karena perusahaan tetapi karena seorang karyawan memiliki ketertarikan dengan suasana lingkunagan kerja yang berbeda-beda. Terdapat seorang pekerja yang suka bekerja dalam susana Ramai penuh komunikasi dan terdapat pula karyawan yang suka bekerja dalam suasana hening.

3. Faktor Internal Karyawan

Contoh cara membuka usaha kecil-kecilanSelain karena faktor persuahaan, terkadang resign juga bisa berasal dari pribadi karyawan. Semisal kurang berminat dengan pekerjaan tersebut dan juga bisa lebih meminati pekerjaan lain diluar perusahaan tersebut, sehingga membuat karyawan itu memutuskan untuk pindah kerja. Jika memang bukan minat maka tidak ada yang bisa disalahkan, mungkin saja karaywan tersebut dulunya beranggapan lain mengenai perihal posisi yang didpatnya saat ini. Atau bisa juga seorang karyawan lebih memilih untuk membuka usaha sebdiri karena merasa kurang berkembang diperusahaan tersebut, Self DefendΒ  membantunya berfikir jangka panjang untuk memilih menemukan jalan terbaik bagi kehidupannya kelak.

Mungkin terdapat faktor lain yang juga mempengaruhi seorang karyawan memutuskan untuk resign, Tetapi itulah Alasan Utama mengapa karyawan Resign kerja dari perusahaan, sebagaimana pengalaman penulis yang juga pernah resign dari perusahaan. Tulisan di atas bisa menjadi referensi bagi anda yang memiliki perusahan dan bertannya-tanya mengapa karyawan anda memilih untuk resign.





Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us.