Pengertian Wiraswasta : Contoh dan Perbedaan dengan Wirausaha

Pengertian Wiraswasta dan contohnya berserta Perbedaan dengan Wirausaha – Wiraswasta merupakan orang yang memiliki kemampuan melihat dan menilai kesempatan dalam bisnis, mengumpulkan sumber daya yang diperlukan dalam mengambil keuntungan. Selain itu, wiraswasta juga berkaitan dengan mengambil tindakan yang tepat, guna memastikan dalam kesuksesan.

Definisi wiraswasta lain adalah orang yang memiliki pribadi kuat, produktif, dan kreatif yang biasanya bekerja dalam kemandirian. Melaksanakan ide nya secara sendiri, kemudian mengembangkan kegiatannya dengan merekrut tenaga orang lain dan selalu berpegang teguh pada nilai nilai disiplin dan kejujuran yang tinggi.

Contoh Wiraswasta yang Mudah di Jalani

Ada banyak macam jenis wiraswasta yang bisa Anda jalani, tapi tidak semuanya bisa dilakukan dengan mudah. Berikut adalah beberapa usaha wiraswasta yang bisa dijalani.

1. Jasa Laundry

Jasa laundry baru baru ini telah menjamur hingga pelosok desa, bukan hanya peluang usaha yang menjanjikan penghasilannya pun tidak main main. Untuk memulai jasa laundry langkah pertama yang harus dilakukan adalah membeli peralatan mesin cuci dan juga setrika. Dengan menggunakan kedua alat tersebut Anda sudah bisa membuka jasa laundry.

Untuk memulainya Anda bisa mengerjakan sendiri karena memang ini adalah wiraswasta secara mandiri. Tapi, ketika jasa laundry ini berkembang, Anda bisa merekrut seorang karyawan yang bisa membantu pekerjaan, apalagi jika banyak yang melaundry kan. Jika usaha Anda ini berkembang menjadi besar, Anda pun bisa mulai mempercayakan jasa laundry tersebut kepada beberapa orang karyawan.

2. Kuliner

Selama manusia butuh makan maka bisnis dibidang kuliner akan tetap jalan, begitulah prinsip usaha di bidang kuliner. Nyatanya, setiap manusia tiap harinya selalu membutuhkan makan jadi usaha kuliner pasti akan selalu kontinu atau terus hidup. Usaha kuliner bisa Anda lakukan dengan modal kecil atau modal besar.

Jika awal permulaan usaha bisnis dilakukan dengan membuat kuliner makanan ringan, Anda bisa menitipkannya di toko atau di warung warung sekitar. Jika, Anda memiliki modal yang besar, Anda bisa membuka sebuah kafe atau restoran yang menargetkan kalangan menengah keatas atau sesuai dengan tempat ruang lingkup Anda usaha.

3. Depo Isi Ulang Air Minum

Saat ini belum banyak depo isi ulang air minum, jadi usaha jenis ini masih besar peluangnya untuk Anda kembangkan. Untuk memulai usaha ini memang membutuhkan modal yang relatif besar karena untuk membeli peralatan filter air. Selain itu, Anda juga harus siap selalu menjaga kebersihan peralatan atau mesin sehingga Air tetap dalam keadaan yang bersih dan layak konsumsi.

4. Jasa Potong Rambut

Setiap harinya pasti ada orang yang akan memotong rambut, baik pegawai, pelajar maupun anak anak . Dengan begitu, jasa potong rambut pasti akan tetap berjalan. Untuk mendirikan potong rambut, Anda harus memiliki keahlian memotong rambut terlebih dahulu. Ikuti gaya potong rambut terkini dan sedang tren, apalagi kaula muda pasti ingin memiliki gaya rambut yang sedang ngetren. Supaya potong rambut Anda sedikit berbeda dari yang lain, Anda bisa menambah fasilitas yang bisa memanjakan para pelanggan.

Perbedaan Wiraswasta dan Wirausaha

Kita telah membahas mengenai wiraswasta, nah apakah wiraswasta sama pengertiannya dengan wirausaha ? Ternyata tidak. Pengertian wirausaha sendiri adalah seseorang yang mendobrak sistem ekonomi yang ada dengan memperkenalkan barang atau jasa baru, dengan menciptakan bentuk organisasi baru.

Dengan begitu wirausaha dan wiraswasta memiliki perbedaan yang bisa kita lihat yakni, wirausaha pasti bekerja sendiri dan bukan bekerja kepada orang lain. Dengan beriwirausaha Anda adalah bos nya. Sedangkan wiraswasta bisa dilakukan oleh seorang karyawan yang bekerja untuk orang lain atau bagi yang memiliki bisnis sendiri seperti yang saya contohkan diatas.

Kesimpulan :

Pengertian wiraswasta adalah orang yang berani bersikap, berfikir, bertindak menurut kemampuannya dalam menciptakan pekerjaan sendiri dan berkarir dengan sikap yang mandiri. Ada banyak contoh pekerjaan wiraswasta yaitu jasa laundry, jasa potong rambut, bidang kuliner, depo air minum dan lain sejenisnya.

Berbeda dengan wirausaha yang dilakukan oleh seseorang dengan meciptakan suatu barang atau jasa dalam mendobrak sistem ekonomi yang ada dengan membentuk sebuah wadah organisasi yang baru.





Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us.