Ilustrasi Galaxy Bimasakti
Ilustrasi Gambar Galaxy

Galaksi adalah kumpulan bintang dan benda – benda luar angkasa yang menjadi satu dan tersusun secara teratur. Pada umumnya galaksi ini terdiri dari miliaran warna dan bintang. Galaksi kita ini biasa disebut dengan istilah Milky Way Galaxy yang diambil dari istilah Yunani yaitu Via Lactea, bahwa galaksi bimasakti memiliki warna seperti susu dan berbentuk spiral. Galakasi Bimasakti adalah salah satu galaksi yang terkenal dan merupakan tempat dimana kita tinggal sekarang.

Galaksi Bimasakti ini tersusun atas Bintang (matahari), planet – planet, asteroid, bulan, dan benda langit lain. Galaksi ini membentuk suatu sistem dan terikat dengan adanya gravitasi yang sama. Galaksi bimasakti bergerak memutar atau spinning untu berjalan mengelilingi seluruh Jagad alam semesta. Dalam gerakan memutar ini, Galaksi bimasakti diprediksi akan menabrak galaksi terdekat yang bernama Andromeda. Tabrakan itu diperkirakan akan terjadi pada empat milliyar tahun yang akan datang ketika matahari telah mengalami evolusi dan membesar menjadi bintang merah raksasa, dan bumi sudah tidak bisa ditempati.

Memiliki bentuk yang spiral membuat galaksi bimasakti ini memiliki dua lengan, yaitu dua lengan utama (major arms) dan dua lengan minor(minor arms). Letak tatasurya terdapat di salah satu lengan minor yang bernama Orion yang letaknya diantara lengan utama Perseus dengan lengan Sagitarius. Jika satu detik cahaya sama dengan 300.000 kilometer, maka Galaksi Bimasakti sendiri memiliki diameter sama seperti 100.000 tahun cahaya dan tebalnya 1.000 tahun cahaya.

Di pusat Galaksi Bimasakti ini juga terdapat lubang hitam yang biasa disebut dengan istilah β€œsupermassive black hole”.

15 Fakta Galaksi Bimasakti

1. Terdapat sekitar 100 miliyar planet yang ada di galaksi bimasakti.

2. Membutuhkan waktu 200 juta tahun untuk melakukan sekali rotasi dengan kecepatan 270 per detik.

3. Terdapat sekitar 200 – 400 miliyar bintang yang memadati pusat galaksi bimasakti, sehingga bagian tengah galaksi tampak lebih terang dari bagian yang lain.

4. Terdapat Supermassive Black Hole yang terdapat energi yang sangat besar.

5. Galaksi bimasakti dipenuhi dengan debu dan gas yang sangat banyak.

6. Diperkirakan, galaksi bimasakti memiliki umur sekitar 13,6 miliyar tahun.

7. Diperkirakan bertemunya galaksi bimasakti dengan galaksi andromeda hanya berjarak 2 juta tahun cahaya.

8. Galaksi bimasakti merupakan kelompok dari galaksi yang sangat besar, yaitu kelompok Supercluster Laniakea.

9. Jarak matahari yang terletak di lengan minor Orion dengan pusat galaksi diperkirakan sama seperti 27.700 tahun cahaya.

Foto Pusat Galaxy Bimasakti dari Bumi
Foto Pusat Galaxy Bimasakti dari Bumi – Pic : stanmoniz instagram

10. Bintang dan debu yang mengitari galaksi memiliki kecepatan 220 kilometer per detik.

11. Bertemunya galaksi bimasakti dengan galaksi andromeda yang diperkirakan akan terjadi pada 4 miliyar tahun mendatang disebut dengan istilah Milkomeda.

12. Memiliki 4 lengan, yaitu lengan Perseus, lengan Sagitarius, lengan Norma, lengan Scutum-Crux, dan memiliki lengan yang kecil disebut lengan Orion dan Cygnus.

13. Kecepatan yang dimiliki seluruh bagian dalam galaksi bimasakti adalah 600 kilometer per detik terhadap kerangka acuan extragalactic.

14. Pada galaksi bimasakti terdapat aliran yang bisa memotong dan menyimpan piringan galaksi. Seperti GD 1, polomar 5, dan orphan. Masing – masing memiliki jara 13,00 sampai 130,000 tahun cahaya dari bumi.

15. Para astronom menyimpulkan bahwa galaksi bimasakti telah mengonsumsi beberapa galaksi yang jauh lebih kecil, seperti awan Magellan besar dan kecil. Dan kemungkinan telah mengonsumsi sisa sisa cluster bintang tua yang terlepas oleh gravitasinya.




Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us.