Pengertian Planet Mars, Ciri Ciri Karakteristik Dan Penjelasan Lengkap

Pengertian Planet Mars dan ciri ciri karakteristik serta penjelasan lengkap, Setelah beberapa artikel saya mengenai planet di dalam Tata Surya, kali ini saya akan membahas mengenai planet yang merupakan planet dalam Tata Surya terdekat ke empat dari Matahari.

Sejarah Planet Mars

Dalam sejarah Romawi, nama planet merupakan nama dari dewa perang yaitu Mars. Secara visual dan dilihat dari Bumi, Planet Mars berwarna kemerah – merahan. Sehingga Planet Mars sering dijuluki sebagai Planet Merah.

Ciri Ciri Karakterisitik Mars

Warna kemerah – merahan tersebut disebabkan oleh adanya besi oksida di permukaan Planet Mars. Dalam penjelasan lain, Planet Mars adalah planet bebatuan dengan atmosfer yang sangat tipis.

Ciri dan karakteristik Mars secara fisik dapat diamati dengan menggunakan Teleskop. Apalagi sekarang ini ada teleskop luar angkasa Hubble, sehingga untuk mengamati planet – planet akan sangat tampak jelas. Dalam beberapa misi NASA ke mars mereka telah berhasil menemukan gunung tertinggi di Tata Surya yaitu di Planet Mars dan dinamai dengan nama Olympus Mons.

Selain gunung tertinggi di Mars, lembah terbesar di Tata Surya juga ditemukan di Mars dan dinamai dengan Lembah Valles Marineris. Tak hanya itu, menurut informasi yang saya kutip dari wikipedia, Planet Mars terdapat sebuah cekungan Borealis yang berada di belahan utara Mars, yang meliputi 40% permukaan Mars.

Keadaan Planet Mars lebih bersahabat jika dibandingkan dengan Planet Venus atau Merkurius. Tetapi keadaan lingkungannya tidak cukup ideal atau cocok untuk tempat tinggal manusia. Karena suhu permukaan Mars cukup dingin dan tekanan udaranya pun rendah. Apalagi komposisi udara di Planet Mars sebagian besar adalah karbondioksida.

Bisakah Manusia Tinggal di Mars ?

Jika kamu ingin bertempat tinggal di Planet Mars, maka kamu membutuhkan alat untuk membantu pernapasan kamu. Selain itu, misi misi luar angkasa ke Mars yang pernah berjalan berkali – kali untuk menemukan tanda keberadaan makhluk hidup ternyata tidak ada tanda kehidupan makhluk hidup di Mars, sekalipun tanda sederhana saja.

Satelit Alam

Planet Mars memiliki 2 buah satelit alami. Satelit Mars dinamakan Phobos dan Deimos. Satelit Phobos adalah salah satu dari dua satelit alami Mars, satelit ini mengorbit Mars dalam radius 6.000 km, dan menurut ahli tidak ada satelit alami lain yang mengorbit planet sedekat itu. Diperkirakan satelit phobos akan menabrak Mars setelah 50juta tahun yang akan datang, karena setiap 100 tahun satelit Phobos mendekati Mars sejaak 1,8 m.

Satelit Deimos adalah satelit Mars yang lebih kecil dari satelit Phobos. Diameter nya pun hanya 15 km. Dan orbit dari satelit Deimos ini berjarak sekitar 20.000 km dan cenderung stabil, tidak mendekati Mars seperti yang terjadi pada Phobos.

Dalam sekali orbit atau sekali mengelilingi Matahari, Planet Mars membutuhkan waktu sekitar 687 hari. Planet Mars juga berotasi pada porosnya, dan satu kali rotasi Planet Mars membutuhkan waktu 25,62 jam.

Karakteristik lain dari Planet Mars adalah adanya kenampakan unik di daerah Cydonia Mensae. Seperti yang saya kutip informasinya Cydonia Mensae terletak di sebuah zona transisi antara daerah yang berkawah disebelah selatan, daerah dataran yang permukaannya lebih halus, di sebelah utara planet Mars.

Kenampakan unik tersebut karena adanya sebuah bukit yang berbentuk seperti wajah manusia. Hal ini, menjadikan sebagian orang percaya bahwa dahulu kala ada peradaban makhluk hidup di Mars, tetapi setelah ada penelitian kesana yang ada hanyalah sebuah kenampakan alam biasa.

Mengenai dataran halus disebelah utara, para ilmuwan percaya bahwa dahulu dataran tersebut pernah menjadi dasar laut. Tetapi itu adalah asumsi para ilmuwan saja.

Semoga penjelasan saya di atas mengenai Planet Mars bisa memberikan wawasan dan informasi yang bermanfaat untuk kita semua.




Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us atau kirim melalui form dibawah ini.