Ciri ciri Planet Venus dan Penjelasan Lengkap

Ciri ciri Planet Venus dan Penjelasan Lengkap, Selamat datang kembali sahabat sekutu keadilan J Saya sebagai penulis di Sekutu Keadilan merasa sangat bersyukur bisa membagikan ilmu pengetahuan serta informasi yang semoga bermanfaat untuk pembaca setia Sekutu Keadilan.

Masih dalam konteks system Tata Surya, saya akan membagikan informasi mengenai Planet yang dekat dengan bumi dan letaknya berada di setelah Planet Merkurius. Tidak salah lagi planet ini adalah Planet Venus. Planet Venus adalah planet terdekat kedua dari Matahari setelah Planet Merkurius.

Penjelasan Lengkap Planet Venus

Perlu kamu mengerti, bahwa Planet Venus ini merupakan benda angkasa tercerah kedua setelah bulan. Di malam hari kamu bisa melihat Planet Venus yang tampak cerah. Tentu saja, untuk melihat Planet Venus ada hitungan hari nya.

Venus yang memiliki kecerahan ini bisa segera kamu lihat sebelum matahari terbit dan setelah matahari terbenam. Biasanya disebut sebagai bintang Fajar dan disebut bintang Senja.

Sejarah Venus

Dalam mitologi Romawi nama Venus adalah dewi cinta dan dewi kecantikan. Pantas saja, karena memang secara visual, Venus tampak cerah dan terang sehingga sangat indah dipandang. Venus berbeda dengan Merkurius yang memiliki cahaya tampak sangat kecil, Venus memiliki magnitudo tampak sebesar -4.6 sehingga cukup cerah untuk menghasilkan bayangan.

 

Karakteristik Planet Venus

Mengenai orbit Planet Venus, planet ini mengorbit atau berevolusi terhadap Matahari selama 224,7 hari (dihitung hari dibumi). Seperti yang saya jelaskan di artikel sebelumnya, Planet Venus tidak memiliki satelit alami seperti Bumi yang memiliki satelit alami. Venus berotasi bergerak berlawanan arah atau juga disebut retrograde yaitu Venus bergerak dari timur ke barat dengan begitu maka jika dari venus akan terlihat Matahari terbit dari barat dan terbenam di timur.

Planet Venus adalah termasuk Planet Inferior dengan sudut elongasi yang mencapai 47,80. Maksud dari planet inferior adalah Planet yang orbit nya berada di dalam orbit bumi mengelilingi matahari. Sedangkan sudut elongasi adalah sudut yang dibuat antara venus dengan matahari.

Planet Venus sering disebut dengan planet kembaran Planet Bumi. Atau juga banyak orang yang mengatakan bahwa planet Venus adalah saudara dari Bumi. Mengapa diatakan demikian ? Tentu saja karena Planet Venus memiliki ukuran, gravitasi, dan komposisi yang mirip dengan Bumi.

Salah satu Planet terdekat dengan Bumi ya Planet Venus ini. Ciri unik planet Venus ini adalah ukurannya yang hampir sama dengan Bumi. Namun, dalam hal lain Planet Venus memiliki perbedaan dari planet ke-bumian (planet menyerupai bumi) yang lain.

Planet Venus memiliki atmosfer terpadat dibandingkan planet lain yang menyerupai bumi. Atmosfer Venus memiliki sekitar 96% karbon dioksida. Kepadatan Atmosfer di Venus ini meyebabkan Tekanan atmosfer permukaan Venus 92 kali lipat lebih besar dibandingkan dengan Bumi.

Nah, untuk suhu permukaan Venus kali ini saya akan memberikan berapa suhu rata – rata permukaan Planet Venus. Planet Venus memiliki suhu rata rata sebesar 735 k setara dengan 462 derajat Celcius atau 863 derajat Fahrenheit. Seperti yang sudah saya singgung di artikel sebelumnya, planet Venus ini adalah planet yang paling panas dibandingkan dengan planet lain di Tata Surya.

Ciri Ciri Planet Venus

Planet venus tampak cerah juga disebabkan oleh lapisan buram yang terdiri dari awan asam sulfat yang sangat reflektif, sehingga permukaannya tidak bisa dilihat dari luar angkasa. Dan ketika kita melihat Planet Venus sangat cerah itu dikarenakan juga oleh Awan Sulfat yang reflektif terhadap cahaya matahari.

Dalam beberapa laporan luar angkasa, Planet Venus mungkin saja pernah memiliki samudera yang kemudia hilang karena airnya menguap akibat efek rumah kaca secara terus menerus. Sehingga kini Venus hanya memiliki permukaan yang begurun, kering, dan diselingi oleh batuan yang terus berubah akibat dari aktivitas vulkanik.

Nah, itu adalah beberapa penjelasan mengenai Planet Venus dan ciri ciri yang dimiliki oleh Planet Venus. Semoga bermanfaat ya sobat sekutu keadilan. Terimakasih sudah berkunjung.




Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us atau kirim melalui form dibawah ini.