Planet Neptunus Pengertian, Ciri Ciri Karakteristik dan Satelit

Planet Neptunus Pengertian, Ciri ciri Karakteristik dan Satelit, Artikel mengenai planet Merkurius, Venus, Bumi, Mars sudah saya buat sebelum artikel ini. Kali ini saya akan membahas mengenai planet Neptunus secara meyeluruh dan lengkap dari berbagai sisi yang berkaitan dengan Planet Neptunus.

Dalam urutan Tata Surya, Neptunus menempati urutan kedelapan dihitung dari Matahari. Pernahkah kamu melihat televisi acara SpongeBob ? Tentu pernah bukan ? Si Tuan Krab sering kali menyebut β€œDemi Neptunus….” Biasanya Tuan Krab berbicara seperti itu ketika ada masalah atau uangnya hilang, eh malah bahas film hehehe. Ternyata di acara televisi tersebut bisa kita simpulkan bahwa memang Neptunus adalah salah satu dewa laut, sejarah Romawi hampir sama dengan film tersebut karena berlatar tempat dasar laut.

Sejarah Planet Neptunus

Nama Neptunus juga mengacu pada warna visual Planet Neptunus yang berwarna biru yang melambangkan air serta lautan. Planet Neptunus merupakan Planet terbesar keempat berdasarkan diameter nya yaitu 49.530 km dan terbesar ketiga berdasarkan massanya. Menurut sumber dari wikipedia, Massa Neptunus 17 kali lipat lebih besar daripada Bumi dan sedikit lebih besar dari pada Planet Uranus.

Penemuan pertama planet Neptunus adalah Urbain Le Verrier dan Johan Galle pada tahun 1846 Masehi. Tepatnya pada tanggal 23 September. Penemuan pertama Planet Neptunus ini melalui prediksi matematika. Yang saat itu ada perubahan yang tidak terduga di orbit Uranus, sehingga ini mendorong Alexis Bouvard menyimpulkan bahwa hal tersebut diakibatkan oleh gangguan gravitasi dari planet yang tidak dikenal. Selanjutnya Neptunus diamati oleh Penemu resminya.

Satelit Alam

Setelah diamati karena adanya prediksi oleh Alexis Bouvard, dan berhasilnya Johan menemukan Planet Neptunus, tidak ketinggalan mereka juga segera menemukan satelit alam Neptunus. Satelit alam neptunus bernama Triton. Sementara ke 12 satelit alam Neptunus baru ditemukan pada abad ke 20 dengan teleskop yang semakin canggih tentunya.

Ciri Ciri Karakterisitik Neptunus

Planet Neptunus mengelilingi matahari pada jarak 4.450 juta kilo meter. Planet Neptunus membutuhkan waktu sekitar 164,8 tahun dalam sekali berevolusi atau mengelilingi matahari. Sedangkan dalam sekali putaran, Neptunus membutuhkan waktu 16,1 jam.

Stuktur Neptunus

Dalam misi luar angkasa, Planet Neptunus pernah di kunjungi oleh Voyager 2 yang terbang melewati planet Neptunus yaitu pada tanggal 25 Agustus 1989. Komposisi penyusun planet Neptunus mirip dengan Planet Uranus. Atmosfer Planet Neptunus mengandung hidrogen, helium, dan hidrokarbon. Kemungkinan juga mengandung nitrogen, amonia dan metana.

Atmosfer Permukaan Neptunus

Para Astronom sering menyebut Planet Uranus dan Neptunus ini sebagai raksasa es. Permukaan Neptunus terdiri dari es dan batu, sama seperti dengan Planet Neptunus. Atmosfer planet Neptunus menunjukkan adanya perubahan cuaca dan bersifat aktif. Bagaiaman memastikan bahwa atmosfer Neptunus bersifat aktif ?

Atmosfer Neptunus pernah di amati oleh Voyager 2. Di belahan planet Neptunus terdapat Titik Gelap Besar. Hal ini menunjukkan adanya Pola cuaca tersebut diakibatkan oleh angin yang sangat kencang berkecepatan 2.100 km/jam.

Disamping itu, jarak Neptunus dengan Matahari sangat jauh sehingga atmosfer Neptunus terluar merupakan satu tempat terdingin di dalam Tata Surya dengan suhu minus 218 derajat celcius. Namun, suhu untuk inti Planet Neptunus diperkirakan mencapai 5.400 Kelvin.

Cincin Neptunus

Hampir sama dengan Saturnus, Planet Neptunus memiliki sistem cincin yang tipis, hal ini pertama kali baru dilacak dan diketemukan pada tahun 1960-an. Setelah itu, baru Voyager 2 memastikan sistem cincin dari Planet Neptunus.

Untuk Karakteristik Planet Neptunus sudah saya jelaskan diatas ya sobat, semoga faham dan mau membaca dari awal sampai akhir. Terimakasih sudah berkunjung.




Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us atau kirim melalui form dibawah ini.