Angin Topan
Foto Angin Topan dari Luar Angkasa

Fenomena alam yang terjadi memang begitu dahsyat bahkan bisa jadi dapat merugikan dan merusak kehidupan manusia. Salah satunya adalah angin topan. Kebanyakan orang telah mengetahui angin topan adalah angin yang memiliki kekuatan maha dahsyat sehingga hembusannya dapat merusak. Angin topan ini biasanya terjadi di daerah yang beriklim tropis.

Daerah iklim tropis yang terkena angin topan biasanya terletak di garis balik utara dan selatan. Angin topan ini berbentuk seperti pusaran angin dengan hembusan yang sangat kencang berkecepatan 120 km/jam, mengerikan bukan? Ada juga angin topan yang berhembus dengan kecepatan hingga 250 km/jam. Nah, fenomena terjadinya angin topan ini terjadi saat pergantian musim. Banyak orang belum mengetahui secar pasti bagaimana terjadi angin topan ini, namun ada beberapa fakta yang menakjubkan tentang angin topan. Apa saja fakta tentang angin topan? Berikut penjelasan fakta tentang angin topan.

1. Terjadinya Angin Berkecepatan Super Cepat

Angin topan dikenal dengan julukan angin super atau hembusan yang sangat kencang bahkan dapat menerbangkan rumah yang kokoh. Munculnya angin topan ditandai dengan angin yang berkekuatan cepat dan tinggi. Selain itu, angin yang berhembus akibat topan memiliki suhu yang panas dan bersifat kering kerontang akibatnya jika menerpa tubuh manusia maka tubuh akan terasa tidak nyaman atau bahkan menyakitkan.Nah, angin ini biasanya terjadi di daerah tropis.

2. Binatang dan Beberapa Burung Bergegas Menjauh

Saat angin topan terjadi merupakan pertanda akan terjadi bencana alam. Nah, awal munculnya hembusan angin sebelum terjadinya angin topan menyebabkan binatang dan burung bergegas menjauhi laut. Hal tersebut terjadi karena binatang dan burung memiliki kepekaan yang tinggi terhadap pertanda alam.

Jika manusia pandai mengamati perilaku binatang dan burung maka manusia dapat melihat tanda-tanda datangnya angin topan. Hal tersebut dapat dilihat dengan cara melihat perilku burung, apabila nampak sekelompok burung bergegas menjauhi lautan maka hal tersebut merupakan pertanda bahwa akan datang angin topan.

3. Angin Topan dapat Menimbulkan Banjir Akibat Hujan

Angin topan bisa saja menerpa daerah pesisir. Jika hal tersebut terjadi maka kemungkinan besar energi akan melemah sehingga menyebabkan massa air dari lautan yang dibawa oleh badai mengalami kerusakan yang sangat hebat. Hal tersebut terjadi karena sudah tidak ada lagi suplai uap air panas. Fenomena alam tersebut pernah terjadi di bulan Agustus 2011 yang mana saat itu topan Nanmodal menerpa Tiongkok.

Jika terjadi tumpahan muatan massa air yang dilakukan oleh angin topan maka kemungkinan besar akan terjadi hujan lebat. Akibatnya banjir di mana-mana dan luapan banjir ini dapat merendam wilayah tertentu. Oleh karenanya efek angin topan dapat menimbulkan munculnya bencana lainnya.

4. Menimbulkan Banyak Kerusakan yang Tidak Dapat Diprediksi

Sebelum angin topan terjadi, biasanya akan muncul berbagai jenis awan secara tiba-tiba. Kemunculan awan tersebut memicu terjadinya pusaran angin dalam jangka waktu tertentu hingga angin yang bertiup semakin kencang bahkan dapat menyebabkan pohon tumbang dan lingkungan sekitar menjadi rusak.

Fenomena kerusakan yang tidak dapat diprediksi ini pernah terjadi di Amerika Utara yang mana angin disertai gelombang pasang dengan tinggi gelombang 4 meter disertai kebakaran, jebolnya tanggul dan kerusakan lainnya. Hal tersebut akibat badai topan Sandy di Amerika Utara. Kerusakan terparah juga dialami New Jersey dan New York, kerusakan tersebut akibat badai topan.

5. Suhu akan Meningkat Sangat Drastis

Munculnya badai topan akan ditandai dengan meningkatnya suhu secara drastis. Peningkatan suhu ini berakibat cuaca menjadi panas. Nah, kondisi tersebut dapat diwaspadai akan muncul badai topan yang sangat dahsyat.

6. Ukuran Diameter

Menurut situs NASA ukuran Topan jauh lebih besar daripada Tornado, memiliki Diameter mulai dari sekitar 160 km (100) mi hingga 1600 km (1.000 mil) jika dilihat dari luar angkasa. Badai Topan yang terjadi membentuk Pusaran di langit yang nampak seperti pusaran air dari luar angkasa.

7. Durasi Yang Lama

Badai Topan bisa berlangsung cukup lama yakini berhari hari hingga berminggu-minggu. Akan sangat berefek tidak baik yang berdampak pada terganggunya aktifitas manusia jika terjadi di daerah yang ditempati.

Hal-hal tersebut di atas merupakan 7 fakta angin topan yang perlu kita waspadai agar kita dapat melakukan antisipasi dan tindakan secara cepat jika kemungkinan terjadi bencana angin topan.




Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us atau kirim melalui form dibawah ini.