siang
5/5 (1)

Perputaran bumi atau biasa kita sebut sebagai rotasi bumi adalah perputaran bumi terhadap matahari yang dapat mengakibatkan adanya perbedaan waktu, gerak semu matahari, pembelokan arah arus laut, dan masih banyak hal lain akibat yang ditimbulkan. Akan tetapi, kita akan lebih berfokus terhadap pembahasan perbedaan waktu yang ditimbulkan oleh perputaran bumi ini.

Perbedaan waktu dalam satu belahan dunia, tidak memiliki kesamaan diantara satu sama lain. Hal itu menjadikan waktu pagi, siang dan malam dalam rentang waktu yang berbeda – beda. Zona waktu yang ada di dunia ini pun dihitung berdasarkan letak geografis dari masing – masing wilayah tersebut. Acuan dari perbedaan zona waktu ini ditetapkan berdasarkan GMT (Greenwich Mean Time) dimana, titik nol dari dunia berpusat disana.

Hal itu pun yang menjadikan adanya perbedaan antara waktu fajar, pagi, siang, sore, senja, dan malam. Namun seringkali orang tidak mengetahui perbedaan waktu diantara masing – masing tersebut. Untuk lebih jelasnya dapat anda ketahui dibawah ini:

Pengertian Siang

Menurut KBBI sendiri, siang dapat diartikan

1) bagian hari yang terang, yaitu dari matahari terbit sampai terbenam
2) waktu antara pagi dan petang, yaitu kira-kira pukul 11.00–14.00
3) sudah lepas pagi atau hampir tengah hari; sudah lepas tengah hari atau hampir petang.

Selain itu, siang adalah waktu ketika jam berada pada posisi 12:00. Siang dalam penggunaan aktivitas sehari – hari adalah waktu yang berada di antara pukul 11.00 sampai pukul 14.00. Sehingga dalam penerapan arti kata siang sendiri ketika matahari sudah sampai di puncak kepala, tepat ketika bayangan sejajar dengan bendanya.

Tengah hari tepat adalah saat ketika matahari transit melewati meridian langit – kira-kira saat itulah titik tertinggi di atas cakrawala pada hari itu. Ini juga merupakan asal dari istilah ante meridiem and post meridiemi. Matahari tepat di atas kepala pada siang hari matahari di khatulistiwa pada ekuinoks.

Artikel Lengkap Pengertian Waktu Hari :

Please rate this



Contact Us!

Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Apakah artikel ini perlu tambahan penjelasan? Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form dibawah ini.