Manfaat Pisang Untuk Kesehatan Tubuh Manusia
5/5 (1)

Manfaat Pisang Untuk Kesehatan Tubuh ManusiaPisang adalah buah yang sangat mudah ditemukan, baik di pasar ataupun di swalayan. Bahkan tidak sedikit orang Indonesia yang menanam pohon pisang di rumah agar dapat dipanen sewaktu-waktu. Harganya pun sangat relatif terjangkau sehingga sering dipilih menjadi buah pencuci mulut semua orang. Bukan hanya rasanya yang enak, mengkonsumsi pisang secara rutin ternyata dapat bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Khasiat Buah Pisang Untuk Kesehatan Tubuh

Semua orang bisa merasakan khasiat dari pisang, bahkan ibu hamil sekalipun karena ternyata pisang dapat membantu tumbuh kembang janin. Adanya kandungan berupa nutrisi kalium dan asam folat lah yang berperan dalam hal ini. Tidak hanya itu, Kandungan lainnya seperti kalsium, fosfor, dan nitrogen juga sangat berfungsi baik untuk regenerasi jaringan pada tubuh.

Buah pisang sendiri memiliki kandungan sepertiΒ vitamin C, vitamin B kompleks, kalium, kalsium, fosfor, zat besi, dan magnesium yang berguna bagi tubuh. Beberapa manfaat dan khasiat dari buah pisang untuk kesehatan tubuh manusia antara lain.

Manfaat Pisang Untuk Kesehatan Tubuh Manusia :

1. Mengatasi anemia

Mengatasi anemiaBuah pisang memiliki kandungan zat besi yang cukup tinggi, sehingga cocok untuk penderita anemia. Walaupun saat ini obat untuk menyembuhkan anemia sudah dengan mudah ditemukan, namun dengan hanya mengkonsumsi 2 buah pisang setiap harinya dapat mengatasi kekurangan sel darah merah atau anemia.

2. Mengobati sakit maag

Masalah PencernaanKandungan zat penangkal asam di dalam pisang dapat meredakan maag dalam tubuh. Untuk penderita maag, hanya dengan mengkonsumsi pisang secara rutin, dipercaya dapat mengantisipasi maag yang datang tiba-tiba.

3. Mencegah penyakit jantung

Mencegah penyakit jantungKandungan vitamin C dan flavonoid dalam pisang mempunyai sifat antioksidan sangat baik untuk pencegahan penyakit jantung. Selain itu, kandungan dalam pisang juga dipercaya mencegah proses oksidasi lemak dan kandungan kaliumnya sangat bagus untuk kesehatan jantung.

4. Memperlancar sistem pencernaan

Sistem pencernaanJika anda mempunyai masalah pencernaan atau ingin mengantisipasi masalah tersebut, mengklonsumsi buah pisang dengan rutin setiap hari dipercaya dapat membantu sistem kerja pencernaan dan menghindari sembelit.

5. Mengatasi gatal karena gigitan nyamuk

Mengatasi gatal karena gigitan nyamukBukan hanya daging buahnya, kulit pisang yang terkadang berbahaya jika dibiarkan di lantai juga berperan mengatasi dan mengobati gatal karena digigit nyamuk. Hanya dengan cara pengolesan di kulit, gatal akan perlahan hilang.

6. Melancarkan peredaran darah

Pembentukan sel darah merahKandungan potasium di dalam buah pisang dapat membantu sirkulasi darah dalam tubuh sehingga akan membuat lancarnya peredaran oksigen menuju otak. Kandungan lainnya dalam pisang seperti kalium juga berkhasiat mengatur tekanan darah dan denyut jantung menjadi lebih sehat.

7. Mengurangi rasa sakit ketika haid

Mengurangi rasa sakit ketika haidSelain mengenyangkan, mengkonsumsi pisang juga dapat meredakan rasa nyeri pada wanita yang sedang haid. Semakin banyak pisang yang dikonsumsi, nyeri akan semakin hilang.

8. Mengurangi pembengkakan

Mengurangi pembengkakan
Sumber Gambar : wikihow

Pisang memiliki kadar kadar vitamin B-6 yang sangat tinggi. Oleh karena itu buah pisang dapat digunakan untuk melindungiΒ resiko diabetesΒ tipe II, mengurangi pembengkakan, serta menurunkan berat badan.

9. Manfaat Pisang Bagi Wanita

Pisang Untuk Diet dan Kecantikan TubuhPisang Untuk DIET dan Kecantikan Tubuh

Bukan hanya untuk menjaga kesehatan tubuh, pisang juga menjadi alternatif para wanita dalam menjalankan diet atau program penurunan berat badan sehingga akan tampil sehat dan cantik. Biasanya makan malam adalah godaan terbesar wanita karena dianggap dapat meningkatkan berat badan, jadi mengkonsumsi buah pisang dijadikan solusi mengganjal perut di malam hari dan dikonsumsi sebelum tidur agar tetap kenyang.

Baca JugaΒ  : Cara Diet Alami Dan Cepat Tanpa Olahraga

Buah pisang memiliki kandungan fruktosa yang memiliki indeks glikemiks yang rendah. Kandungan jenis gula ini tentu sangat aman dikonsumsi saat diet karena rendah glukosa. Kandungan proteinnya juga dapat mencukupi kebutuhan tubuh, tidak kalah dengan buah-buahan lainnya yang berprotein tinggi. Selain itu kandungan serat pada buah pisang dapat membantu membuat kenyang lebih lama, sehingga pisang adalah buah yang tepat untuk dikonsumsi wanita yang sedang diet.

Baca Juga : Olahraga Jalan Kaki Yang Benar Untuk Diet

10. Manfaat Pisang Untuk Pria

Travelling Sendirian di Indonesia – Solo BackpackerSelain berguna untuk wanita, pisang juga bermanfaat untuk pria, khsusnya pisang ambon. Ada hubungan antara pria dan pisang ambon dalam kesehatan karena ternyata buah berwarna kuning ini dapat dapat meningkatkan vitalitas pria. Selain itu, pisang ambon dapat berguna untuk melancarkan peredaran darah dan mencegah kram otot pada pria. Jadi, selain untuk memberikan energi lebih, pria juga dianjurkan untuk mengkonsumsi pisang ambon untuk memperkebal daya tubuhnya sehari-hari.

Please rate this



Contact Us!

Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Apakah artikel ini perlu tambahan penjelasan? Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form dibawah ini.