Manfaat Lidah Buaya Untuk Kecantikan dan Kesehatan

Aloe vera atau yang juga dikenal dengan nama lidah buaya adalah salah satu tumbuhan berkhasiat yang telah dimanfaatkan sejak ribuan tahun silam. Umumnya lidah buaya digunakan sebagai penyubur rambut, untuk menyembuhkan luka, dan juga memberi perawatan pada kulit. Riset membuktikan bahwa lidah buaya mengandung berbagai zat dan senyawa aktif yang memiliki khasiat besar untuk kesehatan dan kecantikan. Zat tersebut di antaranya adalah enzim, mineral, asam amino, vitamin dan lain sebagainya.

Manfaat Lidah Buaya untuk Pria

Salah satu manfaat tumbuhan lidah buaya yang paling banyak dicari adalah khasiatnya untuk mengatasi masalah kejantanan, seperti ejakulasi dini. Gel lidah buaya dianggap mampu membantu mengatasi maslah hubungan suami-istri yang kurang harmonis karena ejakulasi dini.

Gel ini bisa diolah secara manual, atau yang lebih mudah dengan membeli krim lidah buaya yang banyak dijual di toko dan apotik terdekat. Cara penggunaannya juga cukup mudah karena tinggal oles saja. Selain itu, sebagai obat pemakaian luar. Maka penggunaannya juga tidak akan menimbulkan efek samping.

Manfaat Lidah Buaya untuk Kulit Gatal

Bukan rahasia lagi jika khasiat lidah buaya dalam mengatasi gatal-gatal pada kulit sangat diminati. Tentunya semua orang pernah merasakan gatal, baik gatal akibat digigit serangga atau alergi. Dan penggunaan gel lidah buaya dapat mengatasi kedua masalah tersebut.

Dalam kasus gatal-gatal pada kulit, lidah buaya bisa diambil manfaatnya dengan dua cara, yaitu dengan diolah secara manual atau dengan membeli di toko. Pemanfaatan lidah buaya secara manual juga sangat mudah, berikut adalah tahapannya:

  1. Cuci bersih batang lidah buaya.
  2. Ambil bagian daging lidah buaya dan buang kulit luarnya.
  3. Oleskan gel lidah buaya dibagian yang gatal. Untuk gatal alergi, oleskan gel secara merata.
  4. Diamkan selama beberapa saat dan tunggu hasilnya.

Manfaat Lidah Buaya untuk Kecantikan

Kebolehan lidah buaya dalam mengatasi berbagai masalah kecantikan memang sudah sangat dikenal. Kandungan senyawa yang terdapat di dalam gelnya bahkan sudah lama dimanfaatkan sebagai bahan baku produk kecantikan. Maka tidak heran jika berbagai produk kosmetik olahan dari lidah buaya dapat ditemukan dengan mudah.

Salah satu manfaat lidah buaya untuk kecantikan adalah khasiatnya sebagai anti penuaan dini. Lidah buaya merupakan tumbuhan dengan kadar anti oksidan tinggi. Kandungan vitamin C, E dan Beta Karoten di dalamnya berfungsi merangsang elastisitas kulit. Sehingga kulit tidak terserang dehidrasi. Menggunakan masker lidah buaya secara rutin dapat membantu menghilangkan kerutan halus di area wajah.

Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan

Wahyono E dan Kusnandar (2002), menyebutkan bahwa lidah buaya memiliki manfaat yang sangat besar bagi kesehatan tubuh. Khasiat Lidah Buaya untuk kesehatan tubuh di antaranya adalah sebagai obat untuk penyakit ringan maupun kronis seperti diabetes mellitus, menstabilkan tekanan darah, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mencegah kanker dan juga suplai nutrisi bagi penderita HIV/AIDS.

Selain itu, kandungan senyawa organik aloe emodin yang terdapat dalam daging lidah buaya juga bisa membantu menurunkan kadar gula di dalam darah. Maka tidak heran jika negara-negara maju seperti Amerika menggunakan lidah buaya sebagai salah satu bahan baku untuk produk minuman dan makanan kesehatan. Sayangnya, di Indonesia sendiri, lidah buaya kurang dimanfaatkan.

Manfaat Lidah Buaya untuk Mengatasi Jerawat

Masalah kulit yang satu ini adalah masalah yang sangat mengganggu. Bukan hanya karena menyebabkan rasa sakit dan panas. Tapi juga jika tumbuh dibagian tubuh yang terbuka, maka bisa membuat seseorang kehilangan rasa percaya diri. Maka tidak heran jika banyak orang yang rela melakukan apa saja demi bisa menghilangkan jerawat beserta bekasnya yang membandel.

Salah satu cara ampuh untuk menghilangkan masalah kulit yang membandel ini adalah dengan memanfaatkan lidah buaya. Kandungan hormon Giberrellin dan Auksin yang terdapat dalam gel lidah buaya memiliki sifat anti inflamasi atau anti radang yang berfungsi untuk mengurangi rasa nyeri akibat radang pada kulit yang berjerawat. Selain itu, hormon Giberrellin juga berperan dalam merangsang regenerasi sel kulit baru yang juga berkhasiat untuk menyembuhkan dan mencegah pertumbuhan jerawat.

Manfaat Lidah Buaya untuk Wajah Wanita

Manfaat lain dari lidah buaya yang paling banyak dicari adalah kemampuan gelnya dalam membuat kulit wajah cerah dan bersinar. Setiap orang mendambakan memiliki kulit wajah yang sehat dan bercahaya. Meskipun kulit yang indah bisa didapatkan dengan melakukan treatment dan produk kosmetik mahal. Namun tidak semua orang memiliki kemampuan ekonomi untuk melakukan cara tersebut. Oleh karena itu, khasiat lidah buaya dalam mewujudkan wajah bercahaya ini menjadi sangat laris manis.

Cara penggunaannya juga sangat mudah. Anda bisa mengonsumsinya dalam bentuk jus lidah buaya atau membuat krim lidah buaya secara manual dengan memanfaatkan gel lidah buaya. Dengan penggunaan yang dilakukan secara berkala, maka sel-sel kulit mati Dan flek hitam anda akan memudar. Sehingga wajah Tampa lebih awet muda.




Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us.