Contoh Slogan Motivasi, Pendidikan, Kesehatan, Lingkungan, Kebersihan

Apa itu slogan? Disebut juga sebagai motto ataupun frasa yang sering digunakan di bidang sosial, polititk, komersial, pendidikan, kesehatan, lingkungan, kebersihan, dan lain sebagainya yang bertujuan untuk mengekspresikan ide atau himbauan agar lebih mudah untuk diingat oleh seseorang. Terbentuk dari kumpulan beberapa kata saja namun sudah bisa mewakili maksud yang disampaikan.

Macam Macam Contoh Slogan Beserta Penjelasan :

Slogan bisa dibuat dengan tujuan apa saja. Anda pun bisa membuat slogan untuk diri Anda sendiri, hal yang paling penting adalah gunakan beberapa kata saja, jangan terlalu panjang, dan harus mengena dalam artian bisa mempengaruhi. Untuk itu, perkayalah suku kata supaya Anda dapat membuat slogan yang menarik. Masih bingung? Coba lihat dari beberapa contoh slogan di bawah ini!

Contoh Slogan Motivasi

Slogan ini bertujuan untuk memberi semangat atau mendorong orang untuk melakukan sesuatu yang positif di dalam hidupnya. Contoh dari Slogan Motivasi antara lain adalah sebagai berikut:

1. Bersakit-Sakit Dahulu, Bersenang-Senang Kemudian

Maknanya, dalam hidup bekerja keraslah semaksimal mungkin walaupun kadang terasa sakit untuk mendapatkan kebahagiaan dan kesuksesan.

2. Tak Ada Usaha yang Sia-Sia

Slogan ini mendorong orang untuk tetap berusaha meraih sesuatu meski harapannya kecil sekalipun, sebab apapun yang terjadi nanti itulah hasil yang terbaik. Tidak ada yang sia-sia dari apa yang sudah dilakukan.

3. Tidak Apa-Apa Jatuh 100 Kali, Kau Hanya Harus Bangkit 101 Kali

Pesan dari slogan tersebut adalah agar Anda tidak mudah menyerah saat dalam keadaan buruk, Anda harus segera bangkit satu kali lagi untuk bisa mengalahkan keterpurukan tersebut dan semua akan teratasi.

4. Rezekimu Adalah Cerminan Usahamu

Slogan ini memotivasi agar orang selalu berusaha bekerja dalam hidupnya supaya berkecukupan. Usaha yang dijalani berbanding lurus dengan seberapa besar rezeki yang didapat.

5. Nasibmu di Masa Depan Ditentukan Hari Ini

Frasa tersebut mengajarkan bahwa apa yang akan dihadapi hari esok adalah hasil dari perbuatan hari ini. Jadi, jika Anda ingin memiliki hari esok yang baik, maka berbuatlah hal yang baik pula.

6. Kegagalan Adalah Cara Tuhan Menguatkan

Artinya, jangan takut dengan kegagalan yang telah terjadi. Ambil positifnya, karena kegagalan yang baru saja dialami adalah bentuk kasih sayang Tuhan untuk mengajarkan manusia secara langsung untuk menjadi lebih kuat.

7. Menyerah Akan Menunda Keberhasilan

Slogan ini mengajarkan untuk jangan menyerah, satu kali menyerah maka satu kali pula Anda menunda keberhasilan yang sebenarnya sudah semakin dekat.

Contoh Slogan Pendidikan

Slogan ini memiliki keterkaitan dengan sekolah, pengetahuan, dan pembelajaran. Contohnya adalah seperti berikut:

1. Membaca Adalah Jendela Dunia

Mengajarkan pembacanya untuk gemar membaca karena dengannya semua pengetahuan dari seluruh dunia bisa didapatkan dengan membaca.

2. Generasi yang Hebat Adalah Generasi yang Berpendidikan

Maknanya, jika ingin menjadi orang yang hebat dan berguna di masa depan, maka belajarlah dan bersekolahlah untuk mendapatkan pendidikan.

3. Kemiskinan Dapat Diobati dengan Pendidikan

Apabila Anda takut hidup miskin, maka jalan terbaik yang bisa ditempuh adalah dengan rajin belajar dan bersekolah. Dengan itu, Anda bisa bekerja dan berkehidupan lebih layak.

4. Kebodohan Adalah Gulita, Pengetahuan Adalah Cahayanya

Jika seseorang itu bodoh, dunia akan terasa gelap dan tidak ramah dengan kehidupannya. Kuncinya hanya satu, belajarlah supaya memiliki pengetahuan dan terbebas dari kebodohan.

5. Harta Dibagi Akan Habis, Ilmu Dibagi Tak Terkikis

Mencerminkan bahwa ilmu itu lebih berharga dari harta. Materi bisa habis jika dibagi, tetapi tidak dengan ilmu. Semakin diamalkan dan dibagi semakin menambah keuntungan dan keberkahan hidup.

6. Belajar Sedari Dini, Sukses Di Hari Nanti

Merupakan ajakan untuk giat belajar dari usia dini untuk bisa meraih kesuksesan lebih mudah di kemudian hari saat dewasa nanti.

7. Memilih Menjadi Bodoh = Lubang Kematian

Jika Anda menyerah dengan belajar dan menuntut ilmu, sama saja dengan bunuh diri. Anda tidak akan bisa mengimbangi perkembangan zaman dan hidup dalam kesengsaraan.

Contoh Slogan Kesehatan

Slogan ini bertujuan agar masyarakat atau pembaca lebih perhatian terhadap kesehatan mereka sendiri, contohnya adalah:

1. Orang Pintar Makan Makanan Sehat

Jika Anda bijak dan berpikir cerdas, maka Anda hanya akan memakan makanan sehat saja. Mengapa? Sejatinya makan junkfood dan snack tak sehat hanya akan membawa penyakit di kemudian hari.

2. Sehat Itu Mahal!

Slogan ini sangat akrab di telinga banyak orang. Kesehatan itu tidak bisa dibeli dengan uang, apalagi jika sudah terserang penyakit mematikan. Untuk itu, jagalah kesehatan tubuh Anda dengan baik sehingga tidak akan terserang penyakit berbehaya yang harus membayar begitu banyak uang untukย  biaya pengobatannya.

3. Kamu Hanya Memiliki Satu Tubuh, Jangan Dirusak!

Setiap orang hanya memiliki kesempatan hidup satu kali di dunia, untuk itu jagalah kehidupan yang Tuhan karuniakan dengan menjaga kesehatan badan. Jangan berperilaku hidup tak sehat karena dapat merusaknya.

4. Kekayaan Terbesar Adalah Kesehatan

Tidak peduli seberapa banyak uang yang dimiliki, jika badan sakit apa gunanya? Prioritas kesehatan adalah nomor satu di atas materi.

5. Usia Tua Tubuh Tetap Muda

Artinya, selalu jagalah kesehatan dengan menerapkan pola hidup sehat. Melalui cara itu, saat tua nanti Anda tidak akan mudah sakit dan tetap kuat sebagaimana sehatnya tubuh dimasa muda.

6. Merokok Membunuhmu dan Orang di Sekitarmu!

Merokok menyebabkan berbagai macam penyakit, baik untuk dirinya sendiri maupun orang di sekitarnya. Nikotin dan asap yang berbahaya akan merusak tubuh dan juga bisa berakibat fatal hingga kematian.

7. Olahraga Sebagian dari Kesehatan

Merupakan anjuran untuk berolahraga, supaya tubuh tetap bugar, wajah berseri, dan selalu bersemangat dalam menjalani hari.

Contoh Slogan Lingkungan

Slogan Lingkungan biasanya digunakan sebagai kampanye untuk menjaga lingkungan serta kelsetarian di alam agar tetap terjaga dengan baik. Contoh slogan lingkungan antara lain adalah sebagai berikut:

1. Selamatkan Hutan, Selamatkan Dunia

Hutan adalah paru โ€“ paru dunia. Setiap hari pepohonan menghasilkan oksigen sebagai sumber kehidupan bagi makhluk hidup di bumi.

2. Satu Sampah Menimbulkan Ribuan Masalah

Peringatan untuk selalu membuang sampah pada tempatnya, meminimalisir penggunaan barang yang mengakibatkan sampah untuk menanggulangi dampak yang akan terjadi, misalnya banjir.

3. Jaga Lingkungan untuk Anak Cucu Kesayangan

Lestarikan lingkungan dan alam di bumi ini demi menyediakan kehidupan untuk anak cucu di kehidupan kelak supaya mereka tidak hidup dalam kesengsaraan karena kecerobohan di masa sekarang. Dengan menjaga lingkungan dari berbagai macam polusi maka memungkinkan bumi masih layak huni hingga masa depan mendatang.

4. Bumiku Rumahku!

Slogan dibuat supaya memperlakukan bumi seperti memperlakukan rumah sendiri. selalu dijaga kebersihannya, dijaga sumber daya alam dan lingkungannya. Dengan slogan ini maka akan meningkatkan kesadaran manusia bahwa pentingnya menjaga bumi agar tetap baik.

5. Tangisan Alam, Tangisan Kita!

Maknanya, jika alam rusak maka kehidupan semua umat didunia pun akan turut rusak. Jika alam mengalami bencana apalagi karena ulah manusia, maka manusianya juga yang akan menderita. Sebagai contohnya jika banyak indusri membuang limbah yang tidak diolah ke dalam air maka air dapat tercemari dan tidak dapat digunakan karena beracun, sehingga manusia akan kesulitan mencari air bersih.

Contoh Slogan Kebersihan

1. Lingkungan Bersih, Pantang Risih!

Dengan memiliki lingkungan tempat tinggal yang bersih, berarti hidup akan menjadi lebih damai dan tidak risih. Lingkungan rumah yang bersih membuat kita tidak merasa malu jika ada tamu yang akan datang.

2. Kebersihan Pangkal Kesehatan

Jika pandai dalam menjaga kebersihan, maka tubuh pun akan menjadi sehat. Penyakit tidak mudah datang menyerang karena diketahui banyak kuman yang berasal dari kotoran seperti sampah.

3. Kelola Sampah, Kelola Limbah Agar Bumi Tetap Indah!

Pengelolaan sampah dan limbah yang baik akan membantu bumi terjaga keindahannya. Lingkungan yang selalu bersih akan membuat kehidupan di bumi tetap lestari. Contohnya, jika air sungai bersih dari sampah serta polusi air maka akan nampak indah untuk dijadikan objek wisata.

4. Lingkungan Bersih, Pikiran Jernih!

Dengan memiliki lingkungan bersih, maka orang akan berpikir lebih jernih dan lebih baik. Jika lingkungan kotor, maka berpikir hal sederhana pun bisa menjadi sulit.

5. Menjaga Kebersihan Itu Ibadah

Semua agama mengajarkan untuk selalu menjaga kebersihan. Hal tersebut akan membuat ibadah menjadi lebih nyaman, membantu menebar kebaikan, dan membina hubungan dengan alam.

Di atas merupakan berbagai macam contoh slogan yang sering digunakan di masyarakat. Jadi apakah sekarang udah paham dengan slogan, dan apakah anda berencana untuk membuat solgan sendiri.





Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us.