Cara Membuat Kata Sandi Facebook yang Aman



Facebook merupakan salah satu media sosial yang sifatnya cukup vital atau penting. Hal ini karena Facebook biasanya berisi informasi informasi yang bersifat pribadi. Misalnya chatingan dengan teman atau pasangan , status pribadi atau catatan catatan yang diatur untuk privat.

Oleh karena pentingnya akun Facebook, maka tidak jarang akun Facebook dihack oleh orang yang iseng atau ingin berbuat jahat. Sehingga diperlukan langkah langkah agar akun Facebook aman dari hacker. Salah satu caranya adalah dengan cara membuat kata sandi Facebook yang aman. Selain aman, tentu saja password Facebook harus mudah diingat. Karena tidak sedikit orang yang mengalami masalah lupa kata sandi FB.

A. Jenis Kata Sandi yang Mudah di Hack

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh National Cyber Security Centre (NCSC) mengungkapkan bahwa ternyata ada beberapa jenis password yang digunakan oleh banyak orang. Penggunaan yang berulang inilah yang menyebabkan tidak sedikit akun mudah untuk dihack oleh orang lain.

Meskipun penelitian ini tidak dilakukan hanya pada akun Facebook, tetapi cukup bisa memberikan gambaran untuk tidak menggunakan jenis kata sandi ini. Berikut ini beberapa jenis kata sandi yang mudah di hack.

1. Nama Pribadi dan Karakter

Membuat password yang mudah diingat adalah trik agar tidak lupa kata sandi. Namun sayangnya menggunakan nama sebagai password bukanlah pilihan yang tepat. Orang lain dapat menebak password dengan mudah apabila menggunakan nama.

Selain nama sendiri, beberapa nama umum ada yang digunakan berulang kali sebagai password. Nama yang cukup banyak digunakan misalnya adalah ashley, michael, daniel, jessica dan charlie. Nama-nama karakter seperti Naruto atau Superman juga banyak digunakan sebagai password.

2. Angka urut β€˜123456’

Angka yang berurutan apabila digunakan sebagai password memiliki kelebihan yaitu mudah ketika sering input password. Selain itu, password ini juga mudah untuk diingat karena bersifat umum.

Namun sayangnya, jutaan orang pengguna media sosial menggunakan password jenis ini. Sehingga, orang yang ingin membajak akun dapat dengan mudah menebak kata sandi Facebook jika menggunakan password jenis ini.

3. Password β€˜qazwsx’

Huruf yang berurutan juga dapat membantu mempermudah dalam mengingat password Facebook. Namun tidak ada bedanya dengan angka urut, jenis password ini juga dapat dihack orang lain dengan mudah.

Sekalipun digabung antara huruf, angka dan karakter, misalnya [email protected]#$%^, tetap saja kata sandi ini tergolong lemah. Sebaiknya jenis password seperti ini tidak digunakan untuk kata sandi Facebook.

4. Angka berulang 1111111 3,1 juta kali

Password angka berulang memang tidak sesering huruf dan angka berurutan penggunaannya. Namun juga tidak sedikit yang menggunakan jenis password angka berulang ini. Sebaiknya jenis password ini juga dihindari.

B. Tips Membuat Password FB yang Kuat tetapi Bebas Lupa

Facebook sendiri sebenarnya sudah memberikan tips cara membuat kata sandi facebook yang aman di halaman bantuan resminya. Selain itu, Facebook juga memberikan ukuran tingkat keamanan password ketika membuat akun facebook baru atau ketika ingin ganti password.

Selain kuat, password juga harus mudah diingat agar tidak sering lupa kata sandi facebook. Terdapat beberapa tips cara membuat password FB yang kuat, silakan disimak dan dipraktekkan.

1. Mudah Diingat, Supaya Tidak Lupa Kata Sandi FB

Lupa kata sandi Facebook adalah hal yang wajar. Karena di aplikasi dan di website, Facebook menerapkan fitur β€˜ingat saya’, yang membuat akun facebook selalu login. Namun sayangnya, ketika suatu saat harus login, menjadi lupa password facebook. Mengutip dari kangsandi, jika lupa kata sandi facebook maka bisa diatasi dengan reset password.

Sayangnya, reset password FB tidak mudah. Oleh karena itu, password Facebook harus mudah untuk diingat. Namun sesuai dengan bahasan sebelumnya, password yang mudah diingat ini sebaiknya bukan nama ataupun angka dan huruf berurutan.

2. Password Berbeda Antar Akun

Jika kamu memiliki beberapa media sosial, sebaiknya menggunakan password yang berbeda. Apabila menggunakan password yang sama, maka satu password terkena hack, yang lain juga berpotensi besar mendapat imbasnya.

Meskipun perbedaan password ini bisa menyebabkan saling tertukar atau lupa, setidaknya tingkat keamanan akun yang utama. Mencatat password dalam sebuah catatan rahasia, dengan clue clue, akan lebih baik.

3. Membuat Kata Sandi yang Panjang

Password yang panjang relatif lebih aman daripada password yang pendek. Facebook sendiri juga memberikan saran jumlah karakter minimal untuk membuat password aman.

Password dengan panjang minimal 8 karakter sudah termasuk ideal. Namun bisa juga dibuat lebih panjang dengan kombinasi huruf kapital, huruf biasa, angka dan karakter spesial. Perpaduan yang tepat akan membuat password yang aman dan mudah diingat.

4. Kata Sandi Tidak Berupa Email, Nomor HP Atau Tanggal Lahir

Selain bukan berupa angka dan huruf berulang atau berutan, beberapa hal lain juga sebaiknya dihindari dalam membuat password. Facebook memberikan contoh kata sandi yang tidak disarankan adalah yang mengandung email, nomor HP dan tanggal lahir.

Informasi informasi ini cukup mudah ditemukan oleh orang lain dan digunakan untuk mencoba mengakses akun. Sehingga hal hal yang bersifat umum sebaiknya dihindari dalam membuat password facebook.

Sekian tadi beberapa hal yang perlu diperhatikan sebagai cara membuat kata sandi facebook yang aman tetapi mudah diingat. Kamu bisa menghindari beberapa hal yang berbahaya karena mudah di hack orang lain, dan menggunakan karakter karakter yang tidak mudah diketahui orang lain. Semoga bermanfaat.






Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us atau kirim melalui form dibawah ini.