Tips Jualan di Marketplace Facebook



Marketplace online saat ini sudah berkembang sangat banyak dan saling bersaing. Setiap Marketplace berlomba lomba memberikan fasilitas terbaiknya, kepada pembeli maupun penjualnya. Namun, ternyata Facebook masih menjadi salah satu tempat berjualan yang cukup populer.

Sekalipun Facebook tidak banyak memberikan fasilitas fasilitas semacam gratis ongkir dan diskon, tetapi para penggunanya masih setia menggunakan platform ini untuk jual beli. Proses jual beli pun bisa dilakukan di grup jual beli, halaman, Marketplace maupun pada beranda pribadi. Kali ini akan dibahas tips cara jualan di Marketplace Facebook agar laris manis.

Tips Jualan di Marketplace Facebook

Pada dasarnya cara jualan di Marketplace Facebook sama saja dengan Marketplace yang lain. Namun karena karakter penggunanya yang berbeda, maka cara berjualannya juga sebaiknya menyesuaikan target market.

Berikut ini tips cara berjualan di Marketplace Facebook yang dikutip dari wisatadidunia.com.

1. Upload Foto yang Menarik

Foto merupakan tampilan pertama yang dilihat seseorang ketika menggunakan Marketplace Facebook. Oleh karena itu pandangan pertama ini harus dimanfaatkan agar orang yang melihatnya berlanjut untuk melihat detail produk.

Produk yang sama tetapi memiliki foto yang lebih menarik dapat meningkatkan potensi memenangkan persaingan. Namun, foto yang digunakan tetap harus sesuai dengan produk aslinya, sehingga pembeli tidak merasa tertipu oleh gambar.

2. Berikan Deskripsi yang Detail

Deskripsi menjadi penentu selanjutnya dalam memikat calon pembeli. Keterangan produk secara lengkap sebaiknya disampaikan agar pembeli memiliki gambaran secara utuh.

Penjual dapat memberikan kelebihan produk dibandingkan produk-produk lain yang sejenis. Sehingga calon pembeli lebih mudah dalam memilih produk yang nantinya akan dibeli. Sekalipun harganya sedikit lebih mahal, tetapi jika didukung oleh kelebihan yang tidak dimiliki produk lain maka pembeli mungkin lebih memilih produk tersebut.

3. Masukkan Harga yang Rasional dan Bersaing

Harga yang diberikan di Marketplace Facebook terkadang bukan harga asli. Bahkan beberapa orang memasukkan harga 0 atau gratis hanya agar produk tersebut muncul di halaman awal ketika di sort berdasarkan harga.

Sayangnya model pemberian harga seperti ini tidak cukup sustainable. Calon pembeli boleh jadi akan menghubungi penjual untuk menanyakan harga dan detail, namun jika harga aslinya tidak lebih murah dibandingkan yang lain, justru tidak akan menghasilkan penjualan. Hal semacam ini cukup merugikan, karena jadi membuang buang waktu untuk melayani calon pembeli tetapi tidak closing. Selain itu, justru menunjukkan tanda-tanda tidak jujurnya penjual.

Harga yang dicantumkan sebaiknya tidak jauh berbeda dari produk yang lain supaya tetap rasional. Namun, harga mungkin bisa dibuat beberapa digit di bawah harga yang umum. Misalnya harga dibuat selisih seribu atau lima ribu rupiah (tergantung harga barang), agar ketika dilakukan sorting harga akan muncul lebih awal dibanding yang lainnya.

4. Share ke Banyak Grup yang Related

Marketplace Facebook memiliki fitur untuk share produk jualan ke grup yang dimiliki. Nah ini semestinya bisa dimanfaatkan dengan baik. Dengan share ke grup maka akan lebih banyak orang yang mengetahui dan potensi untuk terjual lebih tinggi.

Namun sebaiknya grup yang digunakan untuk share produk adalah grup yang masih berhubungan dengan produk. Kalau produk di share ke grup yang tidak berhubungan, bisa jadi anggota grup justru marah marah karena dianggap sebagai spam. Solusinya, lebih baik gabung ke banyak grup yang ada hubungannya dengan produk yang dijual atau gabung di grup jual beli yang umum.

5. Rajin Posting Agar Muncul di Rekomendasi

Facebook menerapkan algoritma yang unik pada Marketplace. Namun pengguna Marketplace tidak ada yang tahu pasti bagaimana algoritma itu bekerja. Sehingga yang bisa dilakukan adalah menerapkan tips tips jualan di Marketplace Facebook agar potensi terjualnya naik. Salah satunya adalah rajin melakukan posting atau aktivitas.

Semakin sering aktivitas dilakukan, harapannya Facebook menjadi lebih mengenal akun dan produk kita. Dengan begitu, produk menjadi lebih mudah untuk menyeruak masuk ke bagian rekomendasi dan meningkatkan tampilan. Sehingga akhirnya penjualan bisa meningkat.

6. Berikan Nomor WA atau Link Chat WA

Facebook sebenarnya sudah memiliki fitur chat penjual langsung dari halaman produk di Marketplace Facebook. Namun beberapa orang mungkin tidak nyaman dengan chat ini. Sedangkan kalau WA, beberapa orang lebih nyaman untuk chating dengan platform yang sebenarnya juga masih bersaudara dengan Facebook ini. Sehingga memasukkan nomor WA akan lebih baik.

Selain nomor Whatsapp, sebaiknya juga diberikan link chat langsung ke Whatsapp. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan wa.me atau api Whatsapp. Metode ini memudahkan calon pembeli untuk mengubungi penjual tanpa harus menyimpan nomornya terlebih dahulu.

7. Fokus pada Customer Satisfaction

Tips jualan di Marketplace Facebook yang terakhir adalah fokus pada customer satisfaction. Cara jualan di Marketplace Facebook sebenarnya tidak sulit. Namun, ada satu faktor penting yaitu kepuasan pelanggan. Pelanggan yang puas bisa melakukan beberapa hal yang menguntungkan, misalnya repeat order, memberikan review baik dan merekomendasikan orang lain untuk melakukan pembelian produk.

Nah sekian tadi beberapa tips jualan di Marketplace Facebook supaya penjualan meningkat atau lebih baik daripada biasanya. Semua tips tadi bisa diterapkan semuanya sehingga saling memberikan sinergi yang baik. Menarik, detail, sesuai harapan dan pelayanan yang baik merupakan faktor kepuasan pelanggan yang diharapkan dapat meningkatkan hubungan baik antara penjual dan pembali. Sekian bahasan kali ini, semoga bermanfaat.






Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us atau kirim melalui form dibawah ini.