Home Kehidupan Pengertian Sugesti Adalah : Arti, Macam Jenis dan Contoh

Pengertian Sugesti Adalah : Arti, Macam Jenis dan Contoh

Pengertian Sugesti Adalah Arti, Macam Jenis dan Contoh

Manusia adalah makhluk sosial yang tidak bisa hidup tanpa melakukan interaksi dengan sesamanya. Interaksi sosial menghasilkan berbagai macam hal dan salah satunya adalah sugesti. Hal tersebut dapat diartikan sebagai proses dalam mempengaruhi tindakan seseorang tetapi pengaruh tersebut dapat diterima maupun ditolak atas kehendak sendiri.

A. Pengertian Sugesti

Sugesti didefinisikan oleh Kamus Besar Bahasa Indonesia sebagai pendapat yang dikemukakan atau pengaruh yang diberikan kepada seseorang untuk mengubah tindakan atau pola pikir seseorang. Para ahli yang salah satunya yaitu Cambridge juga mengartikan sugesti adalah suatu ide atau tindakan yang diberikan kepada orang lain untuk dipertimbangkan.

Secara umum, sugesti diberikan oleh kelompok yang memiliki kedudukan besar atau pengaruh yang kuat di suatu lingkungan. Hal itu disebabkan karena seseorang akan mudah menerima apabila suatu hal dikemukakan oleh kelompok besar atau mayoritas.

B. Macam Jenis Sugesti

Berdasarkan sumbernya, sugesti dapat dibagi menjadi 2 jenis yaitu:

1. Auto Sugesti

Auto Sugesti merupakan pengaruh yang datang dari dalam diri sendiri. Auto Sugesti juga sering disebut dengan motivasi diri. Contoh dari auto sugesti adalah pada saat pertandingan olah raga. Atlet A memiliki skill yang lebih rendah dibandingkan atlet B tetapi atlet A berhasil mengalahkan atlet B karena ia selalu memotivasi diri sendiri untuk bisa menang.

2. Hetero Sugesti

Berbeda dengan auto, hetero sugesti merupakan pengaruh yang didapat dari orang di sekitar atau lingkungan terdekat. Sama seperti penjelasan di atas, hetero sugesti umumnya dilakukan oleh orang yang memiliki kedudukan atau pengaruh yang kuat dalam suatu lingkungan. Hal itu bisa dilakukan oleh orang yang dituakan, orang yang memiliki jabatan, motivator, dan orang yang sudah memiliki pengalaman. Berdasarkan sifat dan sisi sosiologi, hetero sugesti dapat dibagi menjadi 3 jenis.

Ragam Hetero Sugesti

a). Sugesti Prestise

Sugesti prestise atau prestige suggestion dapat diartikan sebagai pengaruh yang muncul akibat prestise yang dimiliki oleh orang lain atau kelompok yang memberikan sugesti. Pengaruh ini biasanya dilakukan oleh seseorang yang memiliki jabatan di lingkungan tersebut. Contohnya adalah seorang kepala desa yang menghimbau warganya untuk mengikuti kerja bakti.  Pengaruh yang diberikan kepala desa tersebut disebut sebagai prestige suggestion.

b). Sugesti Negatif

Sugesti negatif memiliki artian bahwa pengaruh ini bersifat negatif dan menekan pihak lainnya. Sebagai contoh adalah seorang bawahan yang mengetahui kecurangan yang dilakukan atasannya, kemudian orang tersebut mendapatkan ancaman dari atasannya jika membocorkan kecurangan tersebut.

c). Sugesti Kerumunan

Crowd Suggestion dilakukan oleh kelompok dengan anggota yang besar sehingga pengaruh yang diberikan juga lebih besar. Sugesti ini umumnya diterima tidak didasari nalar tetapi karena merasa bagian dari anggota kelompok tersebut. Contohnya adalah saat tawuran, pelajar mengikuti tawuran hanya atas dasar solidaritas.

C. Memberikan Sugesti Diri

Memberikan sugesti baik untuk diri sendiri maupun orang lain dapat memberikan dampak yang baik apabila yang diberikan bersifat positif. Auto sugesti merupakan bentuk pengaruh yang sangat susah untuk dilakukan tetapi bukan tidak mungkin untuk dilakukan jika menggunakan metode yang tepat.

Sebelum mensugesti diri sendiri, pastikan bahwa tubuh dan pikiran Anda rileks. Anda bisa mengatur sendiri kondisi lingkungan yang dapat membuat Anda rileks seperti lampu yang temaram, suara yang tidak berisik, dan udara yang sejuk. Setelah merasa bahwa Anda sudah dalam kondisi rileks, lakukan sugesti pada diri sendiri bahwa hal-hal aakn menjadi lebih baik dari sekarang dan berbagai kata-kata yang dapat memotivasi diri Anda. Sugesti diri harus dilakukan berulang-ulang agar efek yang diterima lebih terasa.

Setelah mengetahui arti, bentuk, dan cara memberikan sugesti, kini Anda bisa mensugesti diri sendiri. Hal itu tentunya harus dilakukan secara rutin dan berulang-ulang. Perlu diperhatikan bahwa sugesti yang baik adalah yang bisa memberikan dampak positif bagi pikiran Anda dan jauhi segala bentuk sugesti negatif.




Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us.