Renang Gaya Katak
Cara Berenang Gaya Dada Dengan Mudah

Renang merupakan salah satu dari sekian banyak olahraga air yang sangat bermanfaat untuk kesehatan kita, khususnya jika ingin memperoleh tubuh yang tinggi. Hal ini karena di dalam aktifitas renang semua anggota tubuh ikut bergerak agar supaya tidak tenggelam. Selain itu, renang juga sangat baik untuk melatih pernapasan. Tidak sedikit penelitian yang sudah membuktikan bahwa renang mampu mencegah seseorang terkena sesak nafas.

Bukan hanya itu saja, tidak sedikit ajang kejuaraan baik ditingkat nasional maupun internasional menjadikan olahraga renang sebagai salah satu cabang olaharaga yang diperlombakan. Tidak sedikit juga dari olahraga ini lahir banyak atlet renang profesional yang bahkan sudah sering menjuarai berbagai macam kompetisi renang, baik di tingkat nasional maupun juga internasional.

Terdapat berbagai macam gaya renang yang masing-masing memiliki tingkat kesulitan yang tidak sama. Salah satu gaya renang yang sedang populer saat ini adalah renang gaya dada. Renang gaya dada juga biasanya dinamakan sebagai renang gaya katak. Tipe renang yang satu ini bisanya dilakukan ketika sedang bersantai karena memang gaya yang harus dikeluarkan tidaklah terlalu besar.

Macam Jenis Teknik Renang Gaya Dada

Bagi anda yang ingin belajar renang gaya dada, maka simak penjelasan di bawah ini mengenai teknik dasar renang gaya dada yang harus anda kuasai. Dengan belajar menggunakan teknik yang benar maka anda bisa menjadi seorang profesional :

1. Teknik Meluncur

Teknik ini disebut juga sebagai teknik awalan. Jika anda melakukannya dengan baik, maka ketika di dalam perlombaan pun anda akan memiliki awalan yang lebih baik. Untuk melakukannya adalah sebagai berikut:

  • Posisikan badan agar berdiri dengan tegak dan berada di pinggir kolam renang. Kemudian, posisikan satu kaki menempel di bagian samping pada dinding kolam renang.
  • Badan harus diposisikan membungkuk sejajar pada permukaan air. Kemudian posisi kedua tangan harus lurus ke depan dan lalu menghimpit kepala. Pastikan posisi tangan lurus dan sejajar dengan daun telinga.
  • Jika anda ingin mendapatkan posisi meluncur yang jauh dan cepat, maka meluncurlah dengan mendorong menggunakan kaki terkuat anda. Setelah meluncur, maka posisi tangan, kaki, dan juga tubuh harus lurus dan sejajar dengan permukaan air. Jangan lupa menjaga keseimbangan tubuh.

2. Teknik Gerakan Kaki

Melatih gerakan kaki pada saat hendak berenang dengan gaya dada sangatlah penting. Gerakan kaki yang benar akan membuat gerakan renang akan semakin cepat sehingga semakin mendekatkan anda pada tangga juara. Untuk melakukannya, maka simak penjelasan di bawah ini:

  • Setelah meluncur, posisikan badan anda secara terlungkup dan sejajar dengan air.
  • Tarik kaki anda secara bersamaan ke arah samping. Setelah itu, anda luruskan kembali kaki anda tersebut seperti halnya posisi katak yang sedang berenang. Hal inilah yang menjadi alasan mengapa renang gaya dada dinamakan sebagai renang gaya katak.
  • Kemudian, anda harus melakukan lecutan pada saat kaki hendak melakukan gerakan menutup.
  • Lakukan gerakan tersebut dengan santai agar supaya gerakannya sesuai. Lakukan secara berulang-ulang sampai benar dan sampai seperti kata yang sedang berenang.

3. Teknik Gerakan Tangan

Melatih gerakan tangan juga tidak kalah penting karena selain dengan kaki, ayunan dan dorongan tangan juga menjadi salah satu faktor terpenting ketika renang gaya dada. Bagaimana cara melakukannya? Berikut ini penjelasannya khusus untuk anda.

  • Pada saat anda selesai meluncur, maka anda harus meluruskan tangan dan pastikan posisi kepala sejajar dengan permukaan air.
  • Kedua tangan anda harus melakukan gerakan menarik ke dada. Di saat yang bersamaan, anda juga harus mendayung air menggunakan kedua telapak tangan anda.

4. Teknik Pengambilan Nafas

Hal yang tidak kalah penting pada saat melakukan renang gaya dada atau jenis renang yang lainnya adalah teknik pengambilan nafas. Teknik ini juga memiliki pengaruh dan menjadi salah satu penentu seberapa kuat dan cepat anda berenang. Teknik pengambilan nafas yang salah hanya akan memperlambat gerakan renang dan malah bisa membuat anda tidak bisa memenangkan perlombaan renang.

Yang harus anda lakukan ketika melakukan pengambilan nafas pada renang gaya dada adalah dengan memposisikan kepala naik ke atas ketika anda hendak mengambil atau menghirup udara. Hal tersebut anda lakukan pada saat tangan anda ayunkan ke belakang dan juga condong kebawah. Gerakan ini nantinya akan membuat badan anda akan sedikit terangkat dan dapat memudahkan untuk mengambil nafas. Selanjutnya, yang harus anda lakukan adalah dengan membuang nafas secara perlahan-lahan di dalam air.

Teknik Renang Gaya Dada yang Benar
Teknik Renang Gaya Dada yang Benar

Tips Ketika Renang Gaya Dada

  • Renang gaya dada dilakukan pada saat posisi sedang terlungkup di dalam air, dimana dada menempel pada permukaan air. Posisi tubuh harus stabil. Kemudian bergerak secara simultan menggunakan tangan dan juga kaki. Kaki digerakkan dengan menendang-nendang ke luar, sementara posisi kedua tangan lurus ke depan.
  • Dengan berenang menggunakan gaya dada, seseorang memiliki kemungkinan untuk menghirup udara melalui mulut sesaat setelah 2 sampai dengan 4 kali melakukan gerakan tangan dan juga kaki. Akan tetapi, anda juga harus tahu bahwa renang gaya dada memiliki tingkat kecepatan yang lebih rendah dibandingkan dengan jenis renang yang lainnya.
  • Pada saat anda berenang gaya dada, anda harus memastikan bahwa posisi kepala dan juga badan anda sudah benar. Hal ini bertujuan agar supaya anda bisa berenang secara lebih efisien dan juga melindungi leher anda dari cidera.

Nah, itulah penjelasan yang bisa kami sampaikan mengenai seperti apa teknik dasar yang harus dikuasai oleh anda yang ingin melakukan renang gaya dada. Semoga bermanfaat.




Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us.