5 Mitos yang Bikin Flu Cepat Sembuh Sebelum Naik Pesawat

Buat masyarakat Indonesia yang mudah percaya klenik, biasanya mudah juga percaya dengan adanya mitos saat sedang sakit. Sebagian besar orang mungkin sudah tidak asing dengan beberapa hal yang katanya bisa lebih cepat menyembuhkan flu. Meskipun bukan merupakan analisis medis, beberapa mitos ini mungkin bisa membuat tubuhmu lebih baik.

Kalau sudah kena flu yang bikin badan jadi makin capek, yakin deh, kamu pasti rela mencoba berbagai cara untuk bisa sembuh. Belum lagi, kalau sudah ada rencana untuk melakukan agenda penerbangan dengan pesawat terbang dalam waktu dekat. Nah, berikut ini mitos yang bisa kamu lakukan dan katanya bisa bikin sakit flu cepat sembuh.

1. Menghindari konsumsi produk susu

Katanya, kamu perlu menghindari konsumsi produk susu saat sedang sakit pilek. Meskipun tidak ada penelitian soal hal ini, makan makanan yang mengandung susu bisa meningkatkan produksi lendir. Padahal, sebelum naik pesawat untuk menempuh perjalanan ke Surabaya, mungkin kamu terbiasa pesan segelas kopi susu hangat untuk menyegarkan diri.

Daripada flu kamu jadi semakin parah, mendingan dihindari dulu deh, konsumsi minuman dengan kandungan susunya. Kalau bisa, kamu juga sudah mulai menghindari konsumsi es krim, kue keju, atau yoghurt.

2. Pakai kaos kaki dengan balsem

Beberapa orang memilih untuk menggunakan balsem atau minyak kayu putih, lalu pakai kaos kaki untuk menghilangkan pilek atau batuk. Pada praktiknya, kamu lebih baik menghirup uap dari balsem untuk melegakan pernapasan. Masalahnya, kalau balsem dioleskan ke telapak kaki dan ditutup kaos kaki, aromanya tidak bisa terhirup.

Nah, sebenarnya akan lebih baik jika mengoleskan balsem atau minyak gosok ke bagian dada. Jadi, kamu bisa menghirup aromanya agar pernapasan lebih nyaman, terutama saat naik pesawat terbang. Lebih baik lagi kalau pileknya sudah mendingan karena pernapasanmu sudah sedikit lega.

3. Konsumsi vitamin C

Ya, tidak salah sih, mengonsumsi vitamin C memang baik untuk tubuh. Namun sebenarnya hal ini tidak memiliki korelasi dengan kondisi tubuh untuk meredakan flu. Meski demikian, karena kandungan vitamin C memang memiliki kontribusi terhadap kekebalan tubuh, ya hal ini mungkin akan membantu kamu untuk pulih. Tidak ada salahnya juga kalau kamu tetap memang sudah mengonsumsi suplemen sebelum merasa sakit.

4. Hindari olahraga

Banyak yang bilang kalau obat yang paling cepat untuk mengatasi flu adalah istirahat. Oleh karena itu, katanya kamu lebih baik tidak melakukan aktivitas apa pun –termasuk berolahraga–saat sedang flu. Faktanya, selama kamu tidak demam atau kesulitan bernapas, lakukan saja olahraga ringan seperti jalan pagi atau yoga ringan.

5. Tidak beraktivitas di luar ruangan

Hal yang paling tidak kamu inginkan saat sedang sakit adalah keluar rumah, terutama saat udara di luar ruangan sedang dingin. Buat kamu yang sering terkena flu saat musim hujan, hal itu tidak terjadi karena kamu kedinginan lalu hidungmu berlendir, malah mungkin disebabkan karena kamu terkena kontaminasi kuman yang berkumpul di dalam ruangan.

Pada kenyataannya ada penelitian yang mengatakan bahwa orang yang tinggal di negara beriklim dingin memiliki sistem imun yang lebih baik untuk melawan hawa dingin. Jadi, seharusnya sistem kekebalan tubuhnya juga lebih baik.

Jadi, kalau kamu punya agenda perjalanan dalam waktu dekat dan sedang flu, tidak usah takut beraktivitas. Pastikan saja asupan nutrisi tubuhmu cukup, minum lebih banyak air putih, dan konsumsi obat pereda pilek.





Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us.