Rekayasa Perangkat Lunak RPL Adalah Arti Definisi Fungsi, Kriteria, Ruang Lingkup dan Jurusan

Rekayasa Perangkat Lunak atau RPL dalam bahasa Inggris disebut dengan Software Engineering atau SE. Ini merupakan profesi untuk mendalami cara pengembangan perangkat lunak termasuk juga pembuatan, pengembangan perangkat lunak termasuk pembuatan, pemeliharaan, manajemen kualitas serta manajemen organisasi pengembangan perangkat lunak.

IEEE Computer Society mengartikan rekayasa perangkat lunak sebagai penerapan sebuah pendekatan sistematis, disiplin serta terkuantifikasi dari pengembangan, pemakaian serta pemeliharaan perangkat lunak dan juga studi pendekat yakni penerapan engineering perangkat lunak.

Rekayasa perangkat lunak merupakan proses mengubah perangkat lunak tersebut untuk mengembangkan, memelihara serta membangun kembali memakai prinsip rekayasa untuk menghasilkan perangkat lunak yang bisa bekerja dengan efisien serta efektif bagi pengguna.

A. Pengertian Rekayasa Perangkat Lunak

Rekayasa Perangkat Lunak [RPL] atau software engineering adalah salah satu profesi yang mendalami cara mengembangkan perangkat lunak termasuk juga untuk pembuatan, pemeliharaan, manajemen organisasi pengembangan perangkat lunak serta manajemen kualitas. Selain itu, ada beberapa pengertian rekayasa perangkat lunak lain menurut para ahli, seperti:

  1. Fritz Baeur: Menurut Fritz Baeur, perangkat lunak merupakan seluruh penetapan serta pemakaian prinsip rekayasa yang bertujuan untuk mendapatkan perangkat lunak yang bisa dipercaya serta bisa bekerja dengan efisien di mesin nyata.
  2. Pressman: Menurutnya, rekayasa perangkat lunak merupakan sebuah pembuatan serta pemakaian beberapa prinsip keahlian teknik agar bisa memperoleh perangkat lunak yang lebih ekonomis, handal dan bisa bekerja dengan efisien di mesin yang bisa dipercaya serta bisa bekerja dengan efisien di mesin nyata.
  3. Stephen T. Schach: Rekayasa perangkat lunak merupakan berbagai disiplin untuk menghasilkan perangkat lunak yang bebas dari kesalahan serta pada pengiriman anggaran bisa tepat waktu sekaligus memuaskan keinginan dari pengguna.

B. Fungsi Rekayasa Perangkat unak [RPL]

Biasanya, tidak ada perbedaan pada bisang rekayasa lain sehingga bisa diartikan apabila bidang rekayasa akan selalu berusaha untuk memperoleh output yang memiliki kinerja lebih tinggi, biaya lebih rendah serta waktu untuk menyelesaikan yang lebih cepat. Berikut akan dijelaskan tujuan dari RPL selengkapnya:

  1. Memperoleh biaya produksi perangkat lunak atau software yang lebih kecil.
  2. Untuk menghasilkan perangkat lunak yang mempunyai kinerja tinggi, handal dan juga tepat waktu.
  3. Untuk menghasilkan perangkat lunak atau software yang dapat bekerja pada segala jenis platform.
  4. Untuk menghasilkan perangkat lunak yang memiliki biaya perawatan murah serta terjangkau.

C. Kriteria Pada Rekayasa Perangkat Lunak [RPL]

Ada beberapa kriteria di dalam perangkat lunak dan beberapa diantaranya adalah:

  1. Dapat secara terus menerus dirawat serta dipelihara atau maintainability.
  2. Dapat mengikuti perkembangan dunia teknologi atau dependability.
  3. Dapat mengikuti kemauan pengguna atau user rebust.
  4. Efektif serta efisien pada pemakaian energi dan penggunaannya.
  5. Dapat memenuhi dan mencukupi kebutuhan yang diinginkan atau usability.

D. Ruang Lingkup Rekayasa Perangkat Lunak [RPL]

Untuk ruang lingkup dari rekayasa perangkat lunak terdiri dari beberapa hal, yakni:

  1. Software requirement: Berhubungan dengan spesifikasi kebutuhan serta persyaratan perangkat lunak.
  2. Software desain: Mencakup proses penampilan arsitektur, antarmuka, komponen serta karakteristik lainnya dari perangkat lunak atau software.
  3. Software construction: Berhubungan dengan rincian pengembangan perangkat lunak seperti pengkodean, algoritma, pengujian sampai mencari kesalahan.
  4. Software testing: Meliputi pengujian pada seluruh perilaku dari perangkat lunak.
  5. Software maintenance: Mencakup semua jenis usaha merawat ketika perangkat lunak sudah dioperasikan atau digunakan.
  6. Software configuration management: Berhubungan dengan semua jenis usaha untuk merubah konfigurasi perangkat lunak yakni memenuhi kebutuhan tertentu.
  7. Software engineering tools and methods: Meliputi kajian teoritis tentang alat bantu serta metode RPL.

E. Proses Dalam Manajemen Rekayasa Perangkat Lunak [RPL]

Manajemen proyek adalah lapisan pertama di dalam proses rekayasa perangkat lunak berskala besar. Agar proyek tersebut bisa berhasil, maka ada beberapa hal yang harus dimengerti, yakni:

  1. Ruang lingkup pekerjaan.
  2. Risiko yang bisa terjadi.
  3. Sumber yang dibutuhkan.
  4. Tugas yang harus dilakukan.
  5. Patokan yang harus dilakukan.
  6. Usaha atau biaya yang akan dikeluarkan.
  7. Penjadwalan.

F. Jurusan Dalam Rekayasa Perangkat Lunak [RPL]

Sebenarnya, ada cukup banyak hal yang dari rekayasa perangkat lunak dan berikut beberapa diantaranya:

  1. Konfersi PSD ke WordPress: Ini adalah pekerjaan dimana anda dituntut agar mampu memenuhi kebutuhan para klien seperti salah satunya mengubah hasil photoshop menjadi menjadi file wordpress.
  2. Developer IT: Pekerjaan ini mengharuskan anda untuk bisa mengembangkan perangkat lunak untuk memenuhi keperluan klien seperti perangkat lunak untuk bisnis, pendidikan, telekomunikasi, hiburan dan sebagainya.
  3. Programmer: Membuat program perangkat lunak dari komputer supaya bisa memudahkan fungsi tertentu. Programmer bisa bekerja di semua bidang seperti perbankan, industri dan pertelevisian.
  4. IT consultant: Untuk perencanaan serta evaluasi penerapan IT di organisasi.
  5. System analyst dan system integrator: Melakukan analisis pada sistem atau program berbasis teknologi serta informasi di sebuah perusahaan dan juga membuat solusi integrasi serta memanfaatkan perangkat lunak.




Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us.