8 Aplikasi Belajar Pemrograman Terbaik 2023

Jagad.idAplikasi Belajar Pemrograman Terbaik – Bisakah Saya Belajar Pemrograman Dengan Telepon?: Pemrograman (atau pengkodean) adalah salah satu keterampilan yang semakin populer. Saking populernya, sekolah menengah atas pun mulai memasukkan pemrograman ke dalam kurikulumnya. Belajar coding telah menjadi suatu keharusan saat ini, dengan setiap tugas menjadi digital dan menjadi pintar, dan mobil dengan teknologi AI.

Apa pun yang dapat Anda bayangkan dapat dilakukan dengan menggunakan aplikasi atau situs web, termasuk memesan atau menyewa taksi, memesan makanan secara online, berbelanja elektronik secara online, menonton film dan membeli tiket film secara online, dan bahkan berpartisipasi dalam kelas online. Karena permintaan akan pengembang dan pemrogram meningkat seiring semakin banyaknya bisnis yang menjadi digital, mengetahui bahasa pemrograman perangkat lunak sangat membantu.

Bisakah Saya Mempelajari Pemrograman Dengan Ponsel Saya?

Ya! Anda dapat mempelajari pemrograman hanya dengan ponsel cerdas Anda. Namun, ada tugas tertentu yang mungkin tidak dapat Anda lakukan dengan ponsel cerdas, apa pun kualitas perangkat Anda.

Saat ini, ada banyak alat pengkodean atau coding yang luar biasa (dan gratis!) Yang tersedia bagi siapa saja untuk mempelajari bakat yang dibutuhkan ini. Banyak dari lingkungan pengkodean berbasis aplikasi ini juga menyertakan kemampuan desktop.

Menambahkan perangkat lunak pengkodean yang benar ke ponsel Anda dapat membantu Anda meningkatkan kemampuan ilmu komputer secara dramatis. Salah satu aplikasi yang tercantum di bawah ini dapat membantu Anda mendapatkan pengalaman pengkodean yang bermanfaat, terlepas dari tingkat keahlian Anda.

Aplikasi Belajar Pemrograman Terbaik

Hari-hari ini, ponsel pada dasarnya adalah komputer jinjing kecil. Banyak kemampuan yang dapat Anda peroleh dengan laptop standar dapat ditemukan di perangkat terbaik di pasaran. Akibatnya, pemrograman dengan smartphone sangat layak. Yang perlu diketahui pengembang hanyalah alat apa yang harus dia dapatkan.

Mimo

Mimo adalah perangkat lunak yang bagus untuk siapa saja yang baru memulai pemrograman atau coding. Perangkat lunak yang menyenangkan ini, dibuat dengan mempertimbangkan para pemula, mengajarkan pengguna cara membuat kode melalui serangkaian permainan dan kuis yang menyenangkan. Anda akan diberi hadiah berupa koin setelah menyelesaikan kursus harian, yang dapat digunakan untuk membuka kunci fitur khusus dalam aplikasi.

Sementara Mimo ditujukan untuk pemula, itu mencakup berbagai bahasa pemrograman, termasuk HTML, Python, JavaScript, dan C++. Mimo akan langsung menanyakan apakah Anda memiliki keahlian pengkodean dan apakah Anda tertarik dengan Pengembangan Web atau Python untuk membantu menyesuaikan pengalaman Anda.

SoloLearn

SoloLearn adalah aplikasi belajar pemrograman terbaik ini yang mengajari Anda cara membuat kode. SoloLearn, seperti Mimo, adalah program ramah-pemula yang dimulai dengan dasar-dasar dan berlanjut ke topik yang lebih lanjut. Anda dapat mulai mengikuti kursus singkat tentang topik-topik penting seperti JavaScript, C++, Pembelajaran Mesin, dan HTML segera setelah Anda mengunduh aplikasi SoloLearn.

Sebelum melanjutkan ke kursus berikutnya, Anda harus menyelesaikan kuis singkat setelah membaca setiap pelajaran. SoloLearn tersedia untuk diunduh gratis serta langganan “Pro” berbayar. Ini tersedia di PC dan smartphone untuk kenyamanan Anda.

Grasshopper

Grasshopper, perangkat lunak game-centric lain yang dibuat oleh Google, adalah alternatif yang bagus untuk pembuat kode pemula. Setiap kursus dalam perangkat lunak yang menggemaskan ini menggunakan kombinasi kuis dan permainan untuk mengajari Anda dasar-dasar pemrograman, seperti variabel, putaran, dan pernyataan if. Anda harus dapat mendesain halaman web pertama Anda tanpa bersusah payah saat Anda bergerak melalui tingkatan.

Satu hal yang perlu diingat dengan Grasshopper adalah ia hanya mendukung JavaScript. Sementara aplikasi Grasshopper mungkin merupakan pengantar yang baik untuk siswa pemula, itu akan sedikit membantu siswa menengah dan berpengalaman. Tetap saja, sulit untuk mengomel ketika Grasshopper tersedia gratis di ponsel dan komputer Anda.

Programming Hub

Programming Hub tidak diragukan lagi adalah yang paling terkenal dari berbagai aplikasi pengkodean yang saat ini dapat diakses di industri komputer di seluruh dunia. Memang, baik Facebook dan Google telah memberikan “cap persetujuan” mereka untuk perangkat lunak berbasis penelitian ini. Tanpa ragu, kursus dalam koleksi besar aplikasi belajar pemrograman terbaik ini dikagumi oleh beberapa nama besar industri.

Agar siswa tetap terlibat, semua kursus profesional Programming Hub menggabungkan permainan interaktif. HTML, SEO, dan CSS hanyalah segelintir hal yang dapat Anda pelajari secara gratis. Jika Anda meningkatkan ke keanggotaan Pro premium, Anda akan mendapatkan akses ke banyak konten lanjutan, termasuk Java Spring, SQL, dan peretasan etis. Setelah setiap kursus, Anda akan menerima sertifikat elektronik yang dapat Anda tambahkan ke halaman LinkedIn Anda.

Programming Hero

Mengapa tidak menggunakan aplikasi Programming Hero untuk membuat video game Anda sendiri alih-alih memainkannya? Perangkat lunak smartphone yang menghibur ini mengajarkan kepada pengguna dasar-dasar pengkodean sekaligus memungkinkan mereka membuat game antarplanet yang menakjubkan.

Pengguna perangkat lunak akan mempelajari topik yang lebih canggih seperti Python, algoritme, struktur data, dan OOP selain Pengembangan Game. Aplikasi belajar pemrograman terbaik ini juga memiliki Coding Playground dan forum tempat pengguna dapat berbicara tentang proyek pengkodean mereka dan memamerkan pekerjaan mereka.

Codecademy Go

Codecademy tidak diragukan lagi adalah platform pembelajaran coding online paling populer, dengan lebih dari 45 juta pengguna. Terlepas dari kenyataan bahwa Codecademy paling dikenal dengan kursus berbasis webnya, sekarang ia memiliki aplikasi iOS dan Android yang menarik.

Siswa dapat memeriksa konsep yang terkait dengan bahasa pengkodean termasuk HTML, CSS, Python, dan JavaScript menggunakan aplikasi “Codecademy Go”. Sebaliknya, menggunakan Codecademy Go sebagai aplikasi mandiri bukanlah pilihan terbaik. Pencipta berencana untuk menggunakan Codecademy Go hanya dengan platform web mereka. Pertimbangkan Codecademy Go sebagai “panduan belajar” portabel yang dapat membantu Anda meninjau ide-ide utama saat bepergian.

Datacamp

Bergairah tentang profesi pengkodean Anda? Datacamp adalah tempat yang baik untuk memulai. Datacamp secara eksklusif mengajarkan tiga bahasa: SQL, Python, dan R, tidak seperti program lain dalam daftar ini. Fokus khusus Datacamp akan sangat bermanfaat bagi siapa saja yang tertarik dengan karir Ilmu Data profesional.

Terlepas dari kenyataan bahwa Datacamp memiliki edisi gratis, Anda harus membayar untuk mengakses semua informasi. Datacamp lebih canggih dan mahal daripada program lain, tetapi ini cocok untuk pengembang menengah yang mencari pengalaman “boot-camp”.

Enki

Enki adalah perangkat lunak pengkodean terkenal yang menggunakan kursus mini untuk mengajarkan dasar-dasar pengkodean. Itu sebelumnya adalah “App of the Day” Apple. Pengguna Enki mungkin “melatih” kemampuan coding mereka setiap hari dengan membaca penjelasan singkat dan menyelesaikan kuis.

Aplikasi ini juga menyertakan beberapa game baru dalam berbagai bahasa pengkodean untuk menghibur Anda. Aplikasi Enki mencakup topik lanjutan seperti Git, Linux, SQS, dan Python selain JavaScript, HTML, dan CSS.

Akhir Kata

Nah, demikian merupakan ulasan tentang daftar aplikasi belajar pemrograman terbaik yang bisa anda ketahui. Dengan menggunakan aplikasi ini, anda bisa belajar bahasa coding dengan mudah menggunakan ponsel. Semoga bermanfaat!

error: This content is protected by DMCA