Apakah kamu pernah berpikir bagaimana cara untuk membuat sebuah game? Semua orang yang memiliki hobi bermain game pastinya pernah merasa tertarik untuk mencoba membuat sebuah game. Masalahnya adalah tidak semua orang tahu bagaimana cara untuk melakukannya. Pada kesempatan kali ini, akan dijabarkan sebuah tips tentang cara membuat game android.

Dalam pembuatan gim android sebenarnya membutuhkan sebuah tim. Umumnya project pembuatan game dibangun melalui beberapa bidang seperti dari desain game, koding sistem, aset 3D atau 2D beserta texturnya, audio dub, sound effect, musik, dan lain sebagainya. Ibarat membangun rumah tentunya akan cukup sulit untuk menyelesaikan projectnya sendiri.

A. Keterampilan Untuk Membuat Game

Seseorang yang ingin membuat game-nya sendiri haruslah memiliki beberapa keterampilan, sebab dalam proses pembuatan game tidak melulu hanya membahas tentang coding belaka. Proses pembuatan coding tidak akan bisa berjalan, kalau belum melakukan konseptualisasi dan membuat desain game-mu sendiri.

1. Desain Aset Game

Sebelum melangkah pada tahap cara pembuatan, maka sangat penting untuk kamu ketahui terlebih dahulu mengenai perbedaan antara mendesain suatu game dan membuat suatu game. Sederhananya, pembuat game atau dikenal juga dengan sebutan programmer game, merupakan orang-orang yang mempunyai tanggung jawab dalam proses pembuatan coding sehingga nantinya game tersebut dapat berjalan dengan lancar sesuai dengan konsep yang telah dibuat sebelumnya.  

Sementara proses mendesain suatu game akan mengacu pada desain yang artistik dari video game. Seorang desainer game akan menghabiskan waktu untuk menciptakan beberapa aspek tentang konsep suatu game. Desainer game akan membuat bentuk detail mengenai reaksi game tersebut dalam kondisi yang tertentu, serta memikirkan cara untuk membuat game menjadi versi yang paling terbaik. Oleh karena itu sangat penting untuk mengetahui desain game terlebih dahulu sebelum melakukan coding.

Kamu perlu belajar 3D Blander jika ingin membuat sebuah aset karakter atau objek untuk gim 3D. Sementara itu untuk memberikan warna kamu bisa menggunakan Photoshop untuk membuatnya menjadi menarik. Atau mungkin kamu bisa mendapatkan aset gratis melalui sebuah situs legal yang memberikan aset artistik untuk digunakan dalam pembuatan game. Sementara audio mungkin kamu juga mendapatnya dari download audio bebas copyright sehingga tidak perlu membuat secara manual karena musik dan audio effek bukan bidangmu.

Baca Juga :  Tutorial Cara Instal Windows 7 dengan Partisi yang Mudah
Source: neowin.net

2. Programmer Game

Cara membuat game android tentu memiliki sedikit perbedaan jika dibandingkan cara mengembangkan suatu aplikasi. Akan tetapi, baik itu dalam proses pembuatan aplikasi maupun sebuah game ada baiknya kamu perlu memiliki pemahaman dasar tentang pemrograman untuk android terlebih dahulu.

Menjadi programmer game tentunya kamu harus belajar tentang bahasa pemrograman terlebih dahulu. Terlebih lagi jika ingin belajar tentang cara melakukan kustomisasi mengenai tampilan serta konsep game yang kamu ingin buat. Bahasa tentang pemrograman sendiri merupakan salah satu dasar dari proses pembuatan game, dengan kata lain saat kamu mau belajar cara membuat game dari nol maka kamu perlu menambah pengetahuan tentang coding.

a). Java

Java merupakan salah satu bahasa pemrograman yang sangat populer untuk membuat game android. Kalau kamu juga pernah menggunakan Android Studio, pastinya kamu bisa menggunakan Java untuk melakukan proses pembuatan game yang telah terkustomisasi secara mekanisme maupun tampilannya. Video game yang dibuat menggunakan Java terbukti sangat cepat, mudah serta efisien dalam proses personalisasinya.

Kamu yang baru saja ingin belajar membuat game android, lebih dulu harus mengetahui cara melakukan coding dengan menggunakan Java. Hal itu karena Java merupakan salah satu bahasa pemrograman yang cukup mudah untuk digunakan. Kami menyarankan kamu untuk  mendalami Java terlebih dahulu sebelum lanjut ke sesuatu yang rumit.

Source: weblogue.net
b). JavaScript

Kamu bisa membuat game android yang sederhana dengan menggunakan kombinasi dari HTML, CSS, serta JavaScript dengan menggunakan suatu platform seperti PhoneGap.  Hal ini dikarenakan proses pembuatan game dengan menggunakan JavaScript tidak tampak terlalu sulit untuk dilakukan. Setidaknya sudah ada jutaan orang di dunia ini yang mengetahui cara menggunakan JavaScript, hal ini berarti mereka telah memiliki keterampilan untuk membuat game mereka sendiri.

Kamu tidak perlu merasa khawatir jika belum tahu cara menggunakan JavaScript. Kamu bisa belajar untuk melakukan coding dengan proses yang lebih mudah, jika kamu belum memiliki suatu kebiasaan programming yang sudah buruk. Kamu bisa mengambil kursus untuk JavaScript sebelum lanjut untuk menggukan aplikasi untuk membuat game android yang lebih spesifik seperti PhoneGap tadi.

Baca Juga :  Pengertian Browser : Fungsi, Cara Kerja dan Contoh Macam
c). Bahasa Pemrograman C

Ada yang namanya bahasa pemrograman C, C#, dan C++ merupakan bahasa pemrograman yang paling umum digunakan untuk proses pembuatan aplikasi serta game yang sedikit lebih rumit. Kombinasi dari bahasa pemrograman C biasanya lebih banyak digunakan saat membuat game di komputer maupun console. Kalau kamu tidak ingin mendalami untuk menjadi seorang programmer game maka penggunakan bahasa pemrograman ini tidak disarankan untukmu sebab tingkat kesulitan juga kompleks yang sangat tinggi membuatnya sulit untuk dipelajari.

d). Swift

Swift sendiri merupakan salah satu bahasa pemrograman yang masih terbilang cukup baru dan memang khusus untuk didesain pada sistem operasi iOS. Swift banyak digunakan untuk mempermudah proses pembuatan aplikasi dan game iOS. Bahasa pemrograman Swift juga telah menjadi favorit dikalangan programmer game pemula yang ingin belajar untuk membuat game pertama kalinya.

Berdasarkan hal itu kami merekomendasikan salah satu bahasa pemrograman ini untuk kamu yang baru mau belajar cara membuat game android. Kamu yang ingin belajar menjadi programmer game untuk membuat game sendiri tentunya memiliki banyak keuntungan salah satunya lebih bersifat fleksibel untuk melakukan proses kustomisasinya.

B. Langkah Membuat Game

Sebenarnya cara untuk membuat game android tidaklah sulit seperti yang kamu bayangkan. Kamu harus memiliki niat dan minat yang tinggi pada bidang ini.

1. Menentukan ide game

Kamu harus menentukan ide game yang akan kamu buat terlebih dahulu, selain itu jangan lupa juga untuk menentukan berbagai macam keunggulan yang akan menjadi daya tarik dari game tersebut. Setelah kamu telah matang dalam menentukan ide game yang akan dibuat penting juga untuk memperhitungkan dan mempersiapkan tools yang cocok untuk proses mengembangkan game tersebut nantinya

2. Instalasi Android Studio dan Andorid SDK

Alat dasar atau tools untuk mengembangkan game dan aplikasi di Android, untuk menggunakannya kamu tentu harus mengetahui tentang bahasa pemrograman terlebih dahulu. Hal ini dikarenakan proses pengembangan game, tools tersebut sangatlah penting.

Baca Juga :  Cara Membuat Game Android Sendiri dengan Mudah Tanpa PC

3. Menggunakan Engine Unity atau Unreal

Jika kamu menggunakan Engine Unity atau Unreal, proses pembuatan game yang sederhana hingga proses yang rumit sekalipun dapat menjadi sangat mudah. Dua engine tersebut sangat populer dikalangan para game developer. Unity sendiri menggunakan bahasa pemrograman C# dan sangat cocok untuk proses pengembangan game sederhana yang memiliki dimensi 2D. Sementara untuk unreal sendiri lebih cocok digunakan untuk proses pengembangan game dengan dimensi 3D yang memiliki detail terkenal rumit.

4. Melakukan pengembangan Game

Proses terakhir dalam proses membuat game android yaitu melakukan proses pengembangan game. Proses pengembangan tersebut tentunya dilakukan menggunakan tools yang telah disiapkan sebelumnya. Selanjutnya jangan lupa untuk mengecek setiap bahasa pemrograman yang telah dimasukkan sebelumnya untuk mendukung pemahaman algoritma yang baik. Selain itu juga tambahkan efek lain seperti suara, logo, theme song dan masih banyak lagi elemen yang lainnya.

C. Tim Membuat Game

Source: Fastwork.id

Punya Ide Buat Game Bagus Tapi Tidak Punya Waktu Untuk Belajar Banyak ?

Sebuah project membuat game tidak harus diselesaikan dengan mengerjakan semua bidang sendirian. Kamu bisa bekerjasama dengan seorang yang sudah ahli dibidangnya. Dengan adanya bantuan dari pihak lain selain mempermudah pekerjaan juga akan membuka wawasan kamu untuk bisa menggunakan cara lebih efektif dalam pembuatan game.

Fastwork menyediakan jasa layanan untuk proses pembuatan game android diberbagai macam platform yang bisa kamu gunakan. Kunjungi https://fastwork.id/game-development untuk jasa pembuatan game iOS, game android hingga game 3D sesuai dengan kebutuhan yang kamu inginkan. Pembuatan ini sendiri tentunya dilakukan oleh game developer terbaik di Indonesia juga dengan harga yang cukup terjangkau tentunya. Kamu bisa memilih sendiri game developer yang ingin kamu ajak kerjasama.

Dengan melakukan kerjasama project akan lebih mudah terarahkan karena bantuan dari seorang yang ahli dibidangnya. Ide kamu yang bagus ditambah bantuan dari pembuat game profesional akan menciptakan sebuah game yang menarik. Game yang bagus tentunya sangat berpotensi untuk bisa menghasilkan sebuah pendapatan. Lalu tunggu apa lagi untuk mewujudkan ide pembuatan game fantastismu menjadi kenyataan.




Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us atau kirim melalui form dibawah ini.



Previous articleHiu Air Tawar : Habitat, Perilaku, Makanan, Ciri Ciri, Jenis Jenis, Macam Contoh dan Foto Gambar