Apa Bedanya Klondike dan Game Solitaire Online

Siapa yang tidak kenal permainan Solitaire? Sejak kemunculannya di Windows, hampir seluruh dunia mengenal jenis permainan kartu ini. Anda bisa memainkan game Solitaire online, offline, atau fisik. Salah satu tempat bermain berbagai Solitaire Games secara online adalah Solitaire.org.

Meski web ini bernama Solitaire, Anda mungkin akan sedikit kesulitan menemukan permainan kartu legendaris satu ini. Akan tetapi, ada opsi Klondike yang bisa Anda coba. Tapi, apakah Klondike dan Solitaire adalah game yang sama? Mengapa menggunakan nama yang berbeda?

Nama Klondike atau Solitaire

Klondike dan Solitaire sebenarnya adalah permainan yang sama. Hanya saja, nama Klondike lebih dulu digunakan. Sebelum nama Solitaire muncul, orang-orang biasa menyebut permainan ini dengan sebutan Klondike atau Patience.

Nama Klondike sendiri cukup populer digunakan sejak abad ke-19. Khususnya di daerah Kanada dan sekitarnya. Seiring waktu, nama Klondike mulai jarang digunakan. Apalagi sejak kemunculan game Solitaire online di sistem operasi Windows.

Sejarah Klondike Solitaire

Permainan Klondike Solitaire bukanlah permainan baru. Bahkan saat ini usianya sudah ratusan tahun. Tidak ada yang tahu kapan persisnya permainan ini ditemukan. Namun, banyak yang mengatakan kalau Klondike Solitaire sudah ada sejak tahun 1700an di Eropa Utara.

Pada awalnya, permainan ini disebut sebagai Patience. Merujuk pada cara bermainnya yang membutuhkan kesabaran agar bisa berhasil menang. Namun, permainan ini hanya populer di daerah Eropa saja.

Baru di tahun 1870, permainan ini mulai dikenal lagi di daerah USA dan Kanada dengan nama Klondike Solitaire. Kemudian menjadi Solitaire saja. Meskipun begitu, ada juga orang yang masih menyebut permainan ini sebagai Klondike atau Klondike Solitaire. Khususnya di area USA dan Kanada.

Cara Bermain Klondike Solitaire

Permainan Klondike bertujuan untuk mengurutkan kartu dari As hingga King sesuai dengan jenis kartu. Untuk memulai permainan, Anda perlu membuat 7 tumpukan kartu. Tumpukan pertama berisi 1 buah kartu dan tumpukan ketujuh berisi 7 buah kartu.

Kartu paling atas diposisikan terbuka. Sehingga tumpukan pertama tidak memiliki kartu tertutup dan tumpukan ketujuh berisi 6 kartu tertutup dan 1 kartu terbuka. Sisa kartu ditempatkan terpisah sebagai kartu stok. Pada game Solitaire online, sisa kartu biasanya ditumpuk di sebelah atas.

Letakkan kartu As di Foundation. Kemudian, letakkan kartu 2 di atas As dan seterusnya hingga kartu King dengan jenis yang sama. Jika tidak ada kartu yang bisa disimpan di Foundation, susun kartu dengan urutan King, Queen, Jack, 10, 9, 8, dan seterusnya. Anda hanya bisa meletakkan kartu hitam setelah kartu merah, dan sebaliknya.

Pastikan kartu paling depan selalu berada dalam keadaan terbuka. Jika tidak ada lagi kartu yang bisa dipindahkan, buka kartu stok satu per satu atau 3 per 3. Terus buka kartu stok sampai Anda menemukan kartu yang bisa digunakan. Jika ada ruang kosong, Anda bisa memindahkan kartu King untuk mengisi bagian tersebut.

Kalau Anda bingung dengan cara bermain Klondike Solitaire, Anda bisa mencobanya langsung di Solitaire.org. Selain Klondike, ada banyak permainan Solitaire lain yang bisa Anda coba. Seperti Freecel, Pyramid, Spider, dan lain-lain.

Fun Fact Klondike Solitaire

Bagi kamu yang senang dengan permainan ini, kamu mungkin tahu kalau hampir mustahil untuk menyelesaikan Solitaire dengan cepat. Ada yang bilang kalau langkah minimal untuk menyelesaikan game ini adalah 52 langkah.

Langkah tersebut didapatkan jika setiap kartu yang bisa masuk ke Foundation, langsung masuk ke Foundation. Tidak heran jika game ini sempat diberi nama Patience. Karena memang membutuhkan kesabaran untuk menyelesaikannya. Apalagi kalau Anda adalah pecinta permainan kartu cepat. Seperti perjalanan untuk menemukan cara cepat bermain game Solitaire online masih sangat panjang!

Previous article5 Alasan Pentingnya Digital Marketing untuk Bisnis Anda
Next articlePengertian I-Banking : Cara Daftar, Layanan, Manfaat, Kelebihan, Kekurangan dan Tips