Sejarah Sepak Bola

Halo para pembaca dimana pun Anda berada, kembali lagi di situs jagad.id yang menyajikan beragam informasi menarik, bermanfaat, dan tentunya akan menambah wawasan para pembaca sekalian. Pada kesempatan yang berbahagia ini seperti biasa, pasti Anda semua sudah melihat tema atau judul kita kali ini. Benar! Kita akan mengulas topik mengenai sejarah munculnya sepak bola atau biasa juga disebut dengan bola kaki. Dan untuk mempersingkat waktu, mari langsung saja kita simak uraian selengkapnya di bawah ini.

Awal Mula Kemunculan

Disebabkan belum adanya riwayat sejarah yang shahih mengenai kemunculan pertama kali permainan sepak bola, terjadinya silang pendapat mengenai lokasi kemunculan pun sudah menjadi hal yang biasa. Sebagian dokumen menunjukkan bahwa permainan sepak bola pertama kali muncul pada masa kerajaan Romawi, namun dokumen lain menunjukkan bahwa permainan sepak bola justru berasal dari negeri Tiongkok, China.

Meskipun kerap terjadi perselisihan pendapat mengenai lokasi kemunculan permainan / olahraga sepak bola ini, Badan Sepak Bola Dunia (FIFA) selaku Asosiasi tertinggi sepak bola dunia menetapkan bahwa olahraga sepak bola pertama kali muncul di wilayah daratan Cina. FIFA mengungkapkan bahwa sepak bola berasal dari permainan masyarakat di Tiongkok sekitar abad ke-2 hingga abad ke-3 sebelum masehi. Pada masa itu olahraga yang dimainkan masyarakat Tiongkok bernama “Tsu Chu”

Dikutip dari salah satu dokumen militer, permainan bola yang disebut dengan “Tsu Chu” sudah dimainkan oleh masyarakat Cina sejak tahun 206 Sebelum Masehi, tepatnya pada masa pemerintahan Dinasti Tsin dan Han. Bila diterjemah secara per kata. “Tsu” berarti “Menerjang bola dengan kaki”. Adapun “Chu” memiliki arti “bola yang terbuat dari kulit dan memiliki isi”

Saat itu (masa pemerintah Dinasti Tsin dan Han) bola yang digunakan masyarakat untuk bermain terbuat dari bahan berupa kulit binatang. Aturan main “Tsu Chu” secara umum pun sangat mirip dengan permainan sepak bola modern saat ini. Dimana para pemain bertugas menggiring bola dengan menggunakan kaki dan memasukkannya ke dalam jaring yang telah dibentangkan pada kedua tiang dengan cara menendang bola tersebut.

Sejarah Sepak Bola Menurut Riwayat Jepang

Bila menurut salah satu dokumen militer menyebutkan bahwa olahraga sepak bola sudah ada sejak tahun 206 Sebelum Masehi di Cina. Riwayat lain menyebutkan bahwa permainan sepak bola sudah ada di Jepang sejak tahun ke-8 Masehi. Ketika itu permainan sepak bola di Jepang Kuno menggunakan sebuah bola yang terbuat dari kulit kijang. Desain bola pun berbeda dengan yang dimainkan masyarakat Tiongkok pada masa Dinasti Tsin dan Han. Sebab, bola yang dimainkan oleh masyarakat Jepang saat itu sudah berisi udara, dan terdapat sebuah lubang di bagian tengah bola (mungkin sebagai celah untuk mengisi udara ke dalam bola). Permainan sepak bola ini di Jepang disebut dengan “Kemari”.

Sejarah Sepak Bola Menurut Riwayat Mesir

Didalam sebuah buku yang berjudul “The World Game: A History of Soccer” yang ditulis oleh salah seorang sejarahwan sepak bola, menyebutkan bahwa: Permainan Sepak Bola sudah dikenal sejak awal Masehi. Ketika itu, masyarakat Mesir Kuno menggunakan sebuah bola yang terbuat dari bahan kain linen (bahan yang terbuat dari serat tumbuhan rami). Bahkan tidak hanya itu, diduga kuat masyarakat Mesir Kuno saat itu juga sudah mengenal tehnik menggiring serta menendang bola.

Sejarah Sepak Bola Menurut Riwayat Yunani

Tidak hanya Cina, Jepang, Mesir dan Romawi. Sebuah pendapat juga menyebutkan bahwa pada masa Yunani Purba, masyarakat saat itu sudah mengenal permainan sepak bola. Ketika itu permainan tersebut disebut dengan “Episcuro”. Pernyataan ini tentu bukan tanpa landasan, sebab terdapat beberapa relief kuno di museum yang menggambarkan sosok anak muda yang sedang memegang bola dan memainkannya dengan pahanya.

Sejarah Sepak Bola Modern

Cina, Jepang, Mesir, Romawi, dan Yunani memang punya sejarah yang cukup panjang terkait kemunculan sepak bola pertama kali. Namun bila kita berbicara mengenai sepak bola secara modern dan diakui oleh berbagai pihak di dunia, maka Inggris adalah tempatnya. Pada abad ke-19, permainan sepak bola sangat popular dan banyak dimainkan di sekolah sekolah negara Inggris saat itu. Tentu saja, kepopuleran sepak bola di Inggris pun membuatnya menjadi negara yang mendirikan Klub Sepak Bola pertama di dunia, yaitu Sheffield Football Club pada tahun 1857. Dan hingga saat ini, Sheffield Football Club adalah klub sepak bola tertua di dunia yang masih aktif hingga saat ini

Enam tahun setelah berdirinya Sheffield Football Club, Inggris pun mendirikan sebuah asosiasi sepak bola yang diberi nama Football Association (FA). Dengan berdirinya Football Association, dan dikeluarkannya beberapa aturan baru dalam permainan sepak bola, pertandingan pun jauh terlihat lebih teratur serta terorganisir. Setelah berdirinya Football Association pada tahun 1863, di tahun 1886 sebuah asosiasi sepak bola modern tingkat dunia pun kembali berdiri. Asosiasi baru tersebut diberi nama International Football Association Board (IFAB).

Dari panjangnya perjalanan sejarah sepak bola diatas, kita dapat melihat bahwa hingga saat ini IFAB adalah Asosiasi yang paling dominan dalam menetapkan beragam peraturan permainan sepak bola dunia, baik itu terkait  tehnik permainan, syarat serta tugas seorang wasit, hingga soal transfer perpindahan pemain, semua diatur oleh International Football Association Board (IFAB).

Mungkin itu saja uraian singkat kita terkait sejarah kemunculan sepak bola. Semoga informasi yang kami berikan dapat bermanfaat. Seperti biasa, share artikel ini ke media sosial Anda sebagai bentuk kontribusimu dalam membangun situs Jagad.id. Terima Kasih dan Sampai jumpa!




Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us.