Struktur Teks Deskripsi beserta Jenis dan Pengertiannya – Teks Deskripsi adalah sebuah paragraf dimana gagasan atau ide utama disampaikan dengan cara menggambarkan dengan jelas suatu objek, tempat atau peristiwa yang sedang menjadi topik kepada para pembaca. Sehingga para pembaca bisa merasakan langsung dengan apa yang dibahas dalam teks tersebut.

Tujuan teks Deskripsi

Sudah menjadi hal umum jika semua yang dipelajari ada tujuannya. Teks deskripsi sendiri memiliki tujuan yaitu untuk mengajak pembaca merasakan langsung tentang apa yang sedang di bahas dalam teks. Selain itu, teks deskripsi bisa bertujuan untuk membuat pembaca seolah olah melihat langsung atas apa yang di jelaskan.

Struktur Teks Deskripsi

Dalam teks Deskripsi memiliki struktur teks yang menjadi satu kesatuan. Ada 3 struktur teks deskripsi yaitu sebagai berikut.

  1. Identifikasi

Identifikasi merupakan penentu identitas seseorang, benda, dan lain sebagainya sebagai objek yang di deskripsikan.

  1. Klasifikasi

Penyusunan kalimat yang memiliki aturan dalam kelompok yang sesuai dengan kaidah atau standar yang telah di tetapkan.

  1. Deskripsi bagian

Bagian teks yang berisi tentang gambaran gambaran tentang apa yang dibahas dalam teks tersebut.

Jika kita lihat struktur teks deskripsi diatas, pasti kita akan mengetahui ciri cirinya. Nah, ciri ciri teks deskripsi sangat mudah mengenalinya. Berikut ini adalah ciri ciri teks deskripsi.

  1. Paragraf Deskripsi menggambarkan sesuatu objek atau kejadian. Misalnya binatang gajah, harimau, angin topan, dan lain lain.
  2. Dalam teks dijelaskan dengan sangat jelas dan rinci serta melibatkan penginderaan pembaca. Hal ini sesuai dengan teknik penginderaan dalam pelajaran bahasa Indonesia. Misalnya Pohon itu memiliki daun berwarna kuning. Nah, dengan kalimat tersebut, pembaca akan terbawa untuk membayangkan bagaimana warna daun di pohon tersebut
  3. Ketika para pembaca membaca teks deskripsi, maka Ia akan seolah olah berada langsung didepan objek yang dibahas. Misalkan saja ada sebuah teks deskripsi yang menggambarkan tentang keramaian jalan MH. Tamrin, dimana lalu lalang kendaraan yang melintas sangat ramai dengan suara mesin. Dengan begitu, pembaca akan merasakan Ia berada di jalan MH. Tamrin.
  4. Paling mudah dikenali adalah teks deskripsi menjelaskan ciri fisik suatu objek seperti bentuknya, ukuran, warna atau ciri psikis seperti keadaan/kondisi dengan sangat rinci.

Jenis jenis Teks Deskripsi

Teks deskripsi memiliki 3 jenis yang berbeda. Berikut ini adalah jenis teks deskripsi.

  1. Teks Paragraf Deskripsi Subjektif

Penggambaran objek dalam teks sesuai dengan kesan yang diterima oleh penulisnya sendiri. Sehingga jika kamu adalah orang yang melihat burung elang kemudian kamu sendiri yang mendeskripsikan elang tersebut sesuai dengan apa yang kamu lihat sendiri.

  1. Teks Paragraf Spatial

Di dalam teks ini, objek hanya digambarkan berupa tempat, benda ruang dan lain sebagainya. Misalnya halte, bola basket dan lain lain

  1. Teks Paragraf Objektif

Teks deskripsi ini menggambarkan dan menjelaskan apa adanya menurut keadaan sebenarnya tanpa ditambahi dengan opini atau pendapat dari si penulisnya. Biasanya, teks deskripsi ini adalah mengenai suatu kejadian atau peristiwa.

Nah, untuk membuat sebuah teks deskripsi dibutuhkan langkah langka untuk membuatnya. Berikut adalah langkah langkah dalam membuat teks deskripsi.

  1. Menentukan tema (objek yang akan dibahas dalam teks)
  2. Menentukan tujuan teks
  3. Kumpulkan data mengenai objek dan lakukan pengamatan secara langsung mengenai objek yang akan dibahas atau dideskripsikan.
  4. Setelah terkumpul, mulailah membuat kerangka karangan.
  5. Uraikan kerangka karangan menjadi teks deskripsi yang sesuai dengan topik atau gagasan utama.

Contoh Teks Deskripsi

Aku memiliki kucing bernama Edward. Bulunya lembut berwarna kecoklatan dengan campuran warna putih. Edward mempunyai ekor panjang dengan bulu tebal di ujungnya. Bulu tubuhnya terasa lembut dan saya sangat suka megelusnya. Ia suka makan ikan asin dengan nasi dan ketika Ia lapar maka akan mengeong kepada saya. Ketika tidur, Edward seperti anak kecil yang susah untuk di bangunkan. SayangΒ  sekali dengan Edward.

Kesimpulan :

  1. Pengertian teks deskripsi adalah teks yang menggambarkan suatu objek atau suatu kejadian.
  2. Struktur teks deskripsi ada 3 yaitu identifikasi, klasifikasi, deskripsi bagian.
  3. Jenis teks deskripsi ada 3 yaitu subjektif, spatial dan objektif



Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us.