Peta Pulau Lombok

Sejarah

Terdapat beberapa pendapat terkait riwayat sejarah mengenai Pulau Lombok. Dan yang paling terkenal dan biasa dijadikan sebagai rujukan sejarah adalah manuskrip yang berasal dari Babad Lombok dan Babad Suwung. Berdasarkan data yang terdapat didalam Babad Lombok, Kerajaan Laeq adalah kerajaan yang tertua yang pernah berkuasa di Pulau Lombok. Sedangkan riwayat yang bersal dari manuskrip atau Babad Suwung, kerajaan tertua yang pernah berkuasa di Pulau Lombok adalah Kerajaan Suwung. KerajaanΒ  Suwung ini dibangun dan berada dibawah kepemimpinanseorang Raja bernama Raja Betara Indera. Namun seiring berjalannya waktu, kerajaan Suwung mengalami penurunan hingga akhirnya surut, kemudian tergantikan oleh hadirnya Kerajaan Lombok. Selain berdirinya kerajaan Lombok, sekitar abad ke 9 – 11 berdiri juga kerajaan lain bernama Kerajaan Sasak. Namun sayangnya, kerajaan ini akhirnya ditaklukan oleh salah satu kerajaan yang berasal dari pulau Bali. Berikut dibawah ini beberapa nama Kerajaan yang pernah berdiri di Pulau Lombok.

  • Kerajaan Pejanggik
  • Kerajaan Langko
  • Kerajaan Bayan
  • Kerajaan Sokong Samarkaton
  • Kerajaan Selaparang

Singkat cerita, di tahun 1855, 1871 dan 1891 muncul aksi pemberontakkan di Pulau Lombok. Saat itu para tokoh masyarakat dari Kerajaan Sasak mengirim sebuah surat yang berisikan protes terhadap Gubernur Jendral Hindia Belanda di Batavia. Adapun nama nama tokoh yang mengambil andil terkait isi di dalam surat tersebut adalah Mamiq Bangkol dari Praya, Jero Mustiaji dari Kopang, Ginawang dari Batu Keliang, Mamiq Nursasi dari Sakra, Raden Wiranom dari Pringgabaya, Raden Ratmawa dari Rarang, dan Raden Melaya Kusuma dari Masbagik. Surat yang mereka tuliskan menjelaskan tentang penderitaan yang dialami oleh rakyat Lombok dibawah kekuasaan kerajaan Bali. Surat tersebut juga menjelaskan bahwa sejak awal masyarakat penduduk kerajaan Selaparang adalah ummat beragama islam dan pulau Lombok adalah tanah milik mereka sejak turun temurun.

Kemudian kisah berlanjut, Belanda saat itu pun melanggar perjanjian yang telah mereka sepakati di tahun 1843 dengan pihak kerajaan Bali di Pulau Lombok. Dimana isi dari perjanjian tersebut menyatakan bahwa : mereka (Belanda) tidak akan menyerang Pulau Lombok atau mengirim pasukannnya ke Lombok. Perjanjian dilanggar, tahun 1894 perang berkecamuk di Pulau Lombok antara penguasa Bali dan Belanda. Tidak terhindarkan, lebih dari seratus orang pasukan Belanda tewas terbunuh. Saat itu Belanda kala dan di pukul mundur.

Namun tidak lama kemudian, Belanda dan pasukannya beraksi kembali dengan serangan yang lebih brutal dan tidak berprikemanusiaan. Mulai dari perampokkan harta Raja, baik itu uang emas, batu permata, dan beragam perhiasan yang tidak terhitung jumlahnya. Beragam fasilitas publik mereka hancurkan, rumah pemukiman penduduk mereka bakar habis, putra mahkota mereka bunuh, dan sang raja mereka buang ke Batavia.

Setelah Indonesia merdeka pada tanggal 17-08-1945, saat itu Pulau Lombok masih berada di bawah pengawasan Belanda. Namun tidak lama kemudia, dibentuklah Republik Indonesia Serikat yang disingkat dengan RIS. Saat itu Lombok ikut tergabung didalamnya, namun setelah RIS dinyatakan bubar, Pulau Lombok secara resmi masuk dan terdaftar sebagai wilayah dari kesatuan republic Indonesia.

Lokasi Geografis

Secara geografis, Lombok berada di wilayah Indonesia bagian tengah pada koordinat 82Β°7’–82Β°3′ LS, 116Β°10’– 116Β°30′ BT. Luas wilayahnya sekitar 5.435 kmΒ², dengan jumlah penduduk sekitar 3,167 juta jiwa (2010).  Lombok ini sendiri merupakan bagian dari provinsi Nusa tenggar barat, dan terbagi menjadi 4 wilayah kabupaten dan 1 kota. Lihat dibawah ini

  • Kota : Mataram
  • Kabupaten : Lombok Utara
  • Kabupaten : Lombok Tengah
  • Kabupaten : Lombok Timur
  • Kabupaten : Lombok Utara

Adapun iklim di pulau ini berkisar antara 22,1 derajat celcius – 32,8 derajat celcius. Dii pulau ini juga terdapat sebuah Gunung yang sangat terkenal di Indonesia, dan merupakan salah satu gunung tertinggi di Indonesia. Gunung tersebut bernama gunung Rinjani.

Lokasi Wisata

Sama seperti pulau Bali, Pulau Lombok juga terkenal sebagai objek wisata terindah yang ada di Indonesia. Mulai dari pesona panorama pegunungan, hingga pemandangan laut yang indah kerap mengundang banyak wisatawan baik local maupun internasional. Berikut di bawah ini beberapa daftar objek wisata di kota Lombok yang telah kami rangkum.

  • Pantai Kuta Lombok
    Lokasi : Desa Kuta, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah
  • Pantai Senggigi
    Lokasi : Nusa Tenggara Barat
  • Pantai Tanjung Bloam
    Lokasi : Jl. Pantai Beloam, Tanjung Ringgit, Nusa Tenggara Bar, Jerowaru, Sekaroh, Lombok Timur, Kabupaten Lombok Timur
  • Gili Trawangan
    Lokasi : Sebelah barat laut Lombok
  • Bukit Malimbu
    Lokasi : Kecamatan Senggigi, Kabupaten Lombok Barat
  • Air Terjun Sandang Gile
    Lokasi : Bayan, Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat

Negara Indonesia adalah negara kaya, baik sumber daya alam, keragaman budaya, termasuk diantaranya adalah anugrah keindahan alam. Sekian pembahasan kita kali ini, semoga dapat bermanfaat. Seperti biasa, share artikel ini bisa kamu merasa terbantu dengannya. Mari kita bagikan info menarik dan pengetahuan sebanyak banyaknya. Sampai jumpa lagi. Bye!





Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us.