Rama Wijaya atau biasa dikenal sebagai Rama adalah seorang raja yang paling terkenal di India di zaman Tretayuga. Di mana ia adalah keturunan Dinasti Surya atau Suryawangsa. Rama berasal dari kerajaan Kosala yang ibukotanya Ayodhya. Menurut kepercayaan umat Hindu, Rama adalah jelmaan awatara Dewa Wisnu yang ketujuh yang turun ke bumi. Sosok ini diceritakan di pewayangan kisah Ramayana dan tersebar ke seluruh Asia hingga Asia Tenggara, yaitu Nusantara Indonesia.

Kisah Singkat Rama

Rama adalah seorang putra sulung dari Raja Dasarata dan Ibu Kosalya. Di mana ia mendapat julukan sebagai Maryada Purushottama yang artinya β€˜Manusia Sempurna’. Saat ia beranjak remaja, ia memenangkan sebuah sayembara dan mendapatkan hadiah berupa seorang istri yang bernama Dewi Shinta yang merupakan inarnasi dari Dewi Laksmi. Hingga ia dikaruniai anak kembar bernama Kusa dan Lawa.

Negeri Ayodya adalah negeri yang subur dan luas, yang mana dipimpin oleh Raja Dasarata. Ia sangat adil dan bijaksana dalam memimpin rakyatnya hingga damai dan aman. Rama sendiri sebenarnya memiliki banyak julukan seperti Ramayana, Ramaragawa, Ramacandra, Ramabadra, ramadewa, dan Raguputra. Rama juga memiliki empat saudara tiri yang bernama Laksmana dari dewi Sumitra, Barata, Satrugna dan Dewi Kawakwa dari Dewi Kekayi.

Baca Juga :
Kisah Ramayana – Rahwana Menculik Dewi Sinta

Sifat Kesaktian Rama

Rama Wijaya merupakan seorang ksatria yang pandai berperang. Sikapnya lembut, tapi ia pandai menggunakan senjata terutama panah. Karena ia sangat rajin berlatih memanah, hingga tak ksatria lain yang menandinginya. Bahkan busur sebesar apapun bisa dilengkungkan olehnya dan sasaran sejauh apapun bisa dikenakannya dengan tepat.

Gambar Rama Wijaya : Sifat dan Kisah Singkat Wayang
Source : DeviantArt by cescavarium

Kisah Rama pun mulai menyebar ke Jawa dengan kisah Kakawin Ramayana. Sedangkan di Bali lebih dikenal dengan Ramakawaca. Namun di dalamnya mengandung versi yang berbeda-beda. Di mana Rama Wijaya adalah tokoh utama dalam kisah Ramayana. Ia sejak kecil dididik oleh seorang resi yang bernama Resi Wasista. Di mana resi itu adalah resi yang paling sakti di jaman itu. Sakti, rendah hati, dan berbudi luhur. Inilah sifat Rama Wijaya.

Sebenarnya Rama hendak dijadikan raja karena sebagai putra mahkota Ayodya. Namun karena permintaan Dewi Kekayi, bahwa Barata yang berhak sebagai Raja Ayodya, Rama pun tak jadi menjadi raja Ayodya.

Sumber utama kisah tentang Rama adalah kitab Ramayana yang ditulis dengan bahasa Sansekerta. Di dalamnya menceritakan bahwa Rama adalah Wisnu yang ke 7. Kisah Rama pun juga disebutkan di kitab Mahabarata.




Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us.