Dewi Sinta Wayang Kulit

Dewi Shinta merupakan tokoh pewayangan Ramayanan sebagai tokoh protagonis. Di mana adalah seorang istri Rama dan merupakan inkarnasi dari Dewi Laksmi yang merupakan dewi keberuntungan. Shinta juga merupakan seorang puteri dari seorang bidadari yang bernama Batari Tari.

Kisah singkat Ramayana sebenernya lebih menceritakan tentang penculikan Shinta oleh rahwana yang merupakan Raja dari kerajaan Alengka. Di mana Rahwana ingin memperistri Dewi Shinta. Penculikan inilah yang menyebabkan kerajaan Alengka hancur karena serangan Rama yang dibantu oleh bangsa Wanara dari kerajaan Kiskenda.

Baca Juga :
Kisah Ramayana – Rahwana Menculik Dewi Sinta

Shinta di Usia Remaja

Saat Shinta beranjak remaja ia tumbuh menjadi sosok puteri yang cantik jelita. Akhirnya dibuatkanlah sayembara, barang siapa yang dapat menarik busur raksasa yang merupakan pusaka negara Mantili, dia berhak memperistri Shinta.

Dewi Shinta menurut Umat Hindu melambangkan kesucian dan keteguhan cinta. Namun, dalam bahasa Sansekerta, Shinta berarti β€˜kerut’. Di mana menggambarkan tentang aroma kesuburan. Hingga ia juga mendapat julukan sebagai Dewi Bumi, di mana bisa memberkati ladang dengan hasil panen yang berkualitas.




Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us.