Pengertian Kuota Adalah Arti Definisi (Internet) dan Tips Pemakaian yang Tepat(1)

Kuota internet merupakan batasan pemakaian internet pada waktu tertentu seperti contohnya kuota internet lokal yang dibeli sebesar 1 GB selama 1 bulan. Ini mengartikan, pengguna bisa mengakses internet dalam 1 bulan sebanyak 1 GB saja. Apabila penggunaan melebihi dari kuota tersebut sebelum 1 bulan, maka koneksi internet akan terputus atau diturunkan atau semakin melambat untuk paket internet unlimited dengan FUP sesuai ketentuan ISP. Sebaliknya jika kuota masih banyak akan tetapi sudah ada dalam batas waktu 1 bulan, maka kuota akan hangus.

Biasanya, masing masing provider menyediakan beberapa jenis kuota seperti kuota utama, kuota bonus, kuota reguler 24 jam, kuota malam, kuota streaming, kuota download dan lain sebagainya. Sebagai seorang konsumen, maka harus benar benar mengerti setiap jenis kuota supaya bisa memakainya dengan tepat.

  • Kuota utama: Kuota inti yang bisa dipakai untuk semua aktivitas.
  • Kuota reguler: Kuota yang dipakai untuk semua dan bisa dilakukan kapan saja.
  • Kuota bonus: Kuota tambahan yang bisa dipakai dengan beberapa syarat tertentu seperti ketika pembelian pertama.
  • Kuota malam: Kuota yang hanya bisa dipakai saat malam hari dengan batas waktu yang telah ditentukan seperti dari pukul 00:00 hingga pagi.
  • Kuota download: Kuota yang hanya bisa dipakai ketika anda akan mendownload dari internet.
  • Kuota streaming: Kuota yang dipakai untuk menonton secara streaming seperti YouTube atau aplikasi yang sudah disediakan provider.
  • Kuota 4G: Kuota yang hanya bisa dipakai pada jaringan 4G dan diluar dari itu maka anda akan dikenakan tarif yang normal atau memakai pulsa.

A. Pengertian Kuota Internet Unlimited

Untuk pengguna smartphone tentu pernah mendengar jenis kuota internet unimited atau kuota tanpa batas. Ini merupakan kuota internet yang bisa dipakai tanpa batas asalkan dalam pemakaian yang wajar dan tergantung dari provider yang menerbitkan kuota tersebut. Untuk itu meski anda sudah memilih kuota internet unlimited, namun pemakaian akses tetap harus dilakukan secara ajar.

Apabila akses yang anda lakukan sudah melebihi dari batas kewajaran, maka kecepatan akses nantinya akan diturunkan kemudian anda akan mendapat pesan lewat SMS.

B. Pengertian Kuota Internet Lokal

Untuk jenis kuota internet lokal, mungkin masih ada sebagian orang yang belum pernah mendengarnya. Pada dasarnya, penduduk Indonesia tinggal di daerah yang berbeda seperti Jawa Tengah, Jawa Barat, Sulawesi, Kalimantan dan sebagainya.

Kuota internet lokal tersebut adalah kuota yang dibeli sesuai dengan daerah. Masing masing daerah juga memiliki harga kuota yang berbeda sehingga sebaiknya anda mengetahui zona kuota lokal provider yang anda pakai.

Sebagai contoh kuota internet lokal Telkomsel atau dengan nama lain Flash adalah kuota yang hanya bisa dipakai di area aktivasi kartu saja. Contohnya jika anda membeli kartu di Jakarta kemudian pergi ke Kalimantan, maka kuota internet lokal yang anda miliki tidak bisa dipakai. Namun ketika anda kembali ke Jakarta dan masa aktif kuota belum habis, maka masih bisa anda pakai kembali.

C. Tips Menggunakan Kuota

Agar kuota yang anda miliki tidak cepat habis ketika digunakan, berikut adalah beberapa cara yang bisa anda gunakan:

1. Matikan Fitur 3G

Untuk menghemat kuota yang pertama bisa dilakukan dengan cara mematikan fitur 3G jika memang hanya dipakai untuk akses kecepatan rendah seperti Internet bangking atau baca berita. Ini disebabkan karena sinyl 3G lebih menyerap kuota karena kecepatan aksesnya. Sedangkan jika anda bepergian, maka pakai akses free WiFi.

2. Sesuaikan Dengan Kebutuhan

Masing masing orang memiliki kebutuhan koneksi internet yang berbeda beda. Sebagian orang menggunakan koneksi internet untuk chatting atau media sosial, sedangkan sebagian pengguna lainnya memakai internet untuk download, browsing atau streaming video.

Kedua kondisi ini mengartikan kebutuhan internet setiap pengguna akan berbeda beda. Apabila memang hanya dipakai untuk media sosial dan chatting, maka anda hanya cukup memakai paket data sebesar 1 GB sampai 2 GB saja. Namun jika dipakai untuk browsing, download, streaming video, maka paket data yang anda beli harus lebih besar.

3. Ketahui Waktu Terbaik Memakai Internet

Selain menyesuaikan dengan kebutuhan, pengguna juga harus mengaktifkan paket data pada waktu yang tepat. Contohnya jika sedang tidak dipakai, maka sebaiknya matikan paket data supaya pemakaian kuota lebih terkontrol.

Selain itu, perhatikan juga jenis kuota yang sudah anda pilih sebab jika kuota internet lebih banyak di kuota malam, maka sebaiknya pakai kuota internet tersebut pada malam hari dan batasi pemakaiannya di siang hari.

4. Pasang Fitur Pembatasan Pemakaian Data

Dengan memakai fitur pembatas penggunaan data, maka anda bisa lebih mengontrol pemakaian internet. Fitur ini nantinya akan membantu anda dengan cara memberi sehingga anda tidak berlebihan dalam pemakaian internet.

5. Manfaatkan Promo Provider

Ada kalanya anda mendapat promosi dari SMS yang berasal dari provider yang menawarkan kuota internet murah. Ini nantinya bisa anda manfaatkan supaya bisa membeli paket data dengan harga yang lebih terjangkau dibandingkan saat tidak sedang promosi.




Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us atau kirim melalui form dibawah ini.