Pengertian Syair : Sejarah, Macam Jenis dan Contoh

Syair adalah sebuah puisi lama yang mengekspresikan perasaan pembuatnya. Kata dalam bahasa Arab syuโ€™ur merupakan kata asal dari syair. Syuur memiliki arti perasaan. Lalu, kata syuur berkembang menjadi syiru yang berarti puisi. Syair menggambarkan suatu tema contohnya mengenai pendidikan, agama dan nasehat. Ciri-Ciri Syair Yaitu :

  1. Setiap bait terdiri dari 4 baris
  2. Setiap baris terdiri dari 4 kata dengan jumlah suku kata 8 sampai 12
  3. Tidak memiliki sampiran seperti pantun
  4. Semua baris dalam syair mengandung makna
  5. Rima berpola atau bersajak aa-aa
  6. Bahasa syair berbentuk kiasan
  7. Berisi tentang dongeng, cerita, dan nasehat
  8. Syair tidak selesai dalam 1 bait saja.

Sejarah Masuknya Syair ke Indonesia

Syair datang ke Indonesia yang dibawa dari Persia berbarengan dengan masuknya Islam. Namun, syair telah banyak termodifikasi hingga bentuk syair tak lagi identik dengan bangsa Arab. Syair justru identik dengsa bangsa Melayu. Di Indonesia, tokoh yang memperkenalkan syair ialah Hamzah Fansuri. Karya dari Hamzah Fansuri yaitu Syair Sidang Fakir dan Syair Perahu serta masih banyak lainnya.

Macam Macam Jenis Syair dan Pengelompokannya

1. Syair Romantis

Sesuai dengan namanya, syair ini bercerita mengenai kisah percintaan. Syair romantis sering disebut dengan syair cinta. Salah satu contoh syair romantis yang terkenal adalah syair bidasari. Syair bidasari dikarang oleh H.C Klinkert pada tahun 1886 di Leiden. Bidasari merupakan anak seorang raja. Ia memiliki paras yang sangat cantik. Namun, ia tidak mengetahui asal usulnya.

Lalu, Bidasari diangkat oleh seorang pedagang kaya. Parasnya yang sangat cantik dan keberuntungan yang ia dapat membuat Sang Ratu negeri tak suka dan iri. Kemudian, Sang Ratu membuat suatu rencana untuk membuang Bidasari ke hutan. Beruntungnya lagi, saat ia tersesat di dalam hutan, seorang Raja menemukan keberadaan Bidasari lalu menikahinya.

2. Syair Sejarah

Syair sejarah merupakan syair yang menceritakan tentang kejadian sejarah. Di dalam syair ini sebagian besar menceritakan tentang peperangan. Salah satu contoh syair sejarah yang terkenal adalah syair perang mengkasar. Kata mengkasar diambil dari tempat kejadian perang yaitu Makassar. Syair sejarah ini dikarang oleh Encik Amin dengan juru tulis Sultan Hassanudin.

Namun, syair Perang Mengkasar yang dikenal merupakan karya ubahan C. Skinner. Syair ini memiliki baris yang sangat panjang dengan jumlah 2.136 baris. Cerita di dalam syair Perang Mengkasar ialah mengenai perang yang terjadi pada tahun 1667 sampai 1668 antara VOC dengan Kerajaan Gowa.

3. Syair Panji

Syair panji adalah suatu syair yang berisi tentang kehidupan kerajaan. Syair ini bercerita mengenai orang-orang yang ada di lingkup istana. Salah satu contoh syair panji yaitu syair Ken Tambunan. Syair ini menceritakan tentang seorang putri dari Raja yang cantik dengan nama Ken Tambunan. Sang puteri kemudian ditawan oleh raja Kuripan dan diasingkan di taman terlarang.

Lalu, Raden Mentri tidak sengaja bertemu dengan Ken Tambunan. Raden Mentri jatuh cinta kepadanya. Ibu Raden Mentri yang tahu hal itu tak menyejutuinya. Kemudian, sang Ibu membunuh Ken Tambunan dengan cara menghanyutkannya ke sungai.

4. Syair Agama

Syair agama merupakan syair terpenting dari jenis syair yang ada. Syair agama dibagi menjadi 4 macam, yaitu

a. Sufi

Kata sufi merupakan istilah bagi orang-orang yang mendalami ilmu tassawuf. Tassawuf adalah ilmu tentang ketaqwaan kepada Allah Subhanallahu wataala lalu mendalaminya. Salah satu contohnya ialah berdzikir dan sholat. Syair sufi berisi tentang aneka bentuk ketaqwaan kepada Allah Subhanallahu wataalaT.

b. Tentang cerita Nabi

Nabi merupakan seorang laki-laki yang mendapat wahyu dari Allah Subhanallahu wataala. Beliau menjadi salah satu orang yang wajib dipercaya dan diimani setiap Muslim. Nabi yang wajib diketahui berjumlah 25 dengan cerita yang berbeda-beda. Maka, di dalam syair agama tentang cerita Nabi berisi cerita dari masing-masing Nabi yang berbeda.

c. Nasehat

Nasehat tentang berbagai kata kebaikan yang mampu mengubah orang untuk menjadi lebih baik dari sebelumnya. Selain berisi tentang sesuatu yang membangun seseorang untuk menjadi lebih baik banyak juga syair Nasehat yang mengingatkan seseorang untuk berhenti melakukan keburukan dan hal yang dapat merugikan diri sendiri ataupun orang lain

d. Tentang ajaran Islam

Islam merupakan agama dengan ajaran yang disampaikan oleh Nabi Muhammad Salawahualaihiwasalam. Di dalam syair agama tentang ajaran Islam berisi mengenai berbagai ajaran Islam yang wajib dijalankan. Seperti yang tercantum pada Rukun Islam yaitu syahadat, sholat, puasa, zakat dan haji.

5. Syair kiasan

Kata kiasan adalah kata bukan dengan makna yang sebenarnya. Kata kiasan dapat pula dijadikan suatu kata sindiran. Syair kiasan berisi tentang suatu sindiran mengenai kisah percintaan. Contoh kata-kata kiasan adalah โ€œbagai pungguk merindukan bulanโ€. Kata tersebut memiliki makna menginginkan sesuatu yang tak akan pernah tercapai.

Beberapa penyair hebat yang ada di Indonesia adalah Chairil Anwar, W.S Rendra dan Wiji Thukul. Chairil Anwar diberi julukan โ€œBinatang Jalangโ€ diambil dari karyanya yang terkenal dengan judul โ€œAkuโ€. Ia telah menulis lebih dari 90 karya termasuk 70 puisi di dalamnya. Semasa hidupnya, Chairil Anwar pernah dinobatkan sebagai pelopor angkatan โ€™45 dan tokoh puisi Indonesia.




Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us atau kirim melalui form dibawah ini.